Oil Filter Pada Mobil dan Kendaraan Bermotor | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Oil Filter Pada Mobil dan Kendaraan Bermotor

Saringan oli atau dalam bahasa inggrisnya oil filter adalah sebuah filter yang dirancang untuk menghilangkan kontaminan dan menyaring kotoran yang disebabkan oleh oli mesin, oli transmisi, minyak hidrolik, atau minyak pelumas. Fungsi utama dari oil filter adalah sebagai penyaringan dalam sistem pembakaran mesin kendaraan bermotor. Tidak hanya Mobil, Kendaraan yang menggunakan sistem hidrolik lainnya juga dilengkapi dengan oil filter.

Oil filter di temukan oleh Ernest Sweetland dan George H yang berasal dari Amerika. Karena kendaraan bermotor dan juga termasuk mobil pada awalnya tidak menggunakan oil filter. Saringan minyak ini di sebut sebagai Purolator. Seiring berkembangnya teknologi sistem penyaringgan ini juga mengalami berbagai peningkatan dan fungsi. Manfaat nyata dari oil filter adalah mempermudah perawatan dan dapat menekan biaya pemeliharaan mobil.

Ketahui tentang oil filter anda:
Ketahui tentang oil filter anda

1. Bahan tambahan yang terdapat pada oli dapat menyebabkan kotoran mesin terkuras & melekat pada filter oli sering juga disebut dengan Excessive sludge.
2. Pembengkakan pada oil filter terjadi karena pressure regulating valve yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan filter menggelembung, karena filter oli di desain sedemikian rupa agar dapat menahan tekanan hingga 5 kali dari tekanan normal pada sistem pelumasan mesin.
3. Bila oil filter anda meledak itu di sebabkan karena terbaliknya pemasangan saluran oli, hal ini di sebut sebagai Exploded filters.
4. Collapsed filters adalah oil filter yang terlipat karena disebabkan tersumbatnya media oleh kotoran atau juga karena by-pass valve tidak berfungsi.

Kesimpulan utama dari Oil Filter adalah :
Yang pertama Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran pada oli lalu mengalirkannya (oli) ke mesin. Komponen pentingnya adalah Kertas Filter dengan masa pakai 10.000 Km/500 jam.
Oil Filter Pada Mobil dan Kendaraan Bermotor | Tri Sunenti | 5