PCB Untuk Rangkain Speaker Aktif | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

PCB Untuk Rangkain Speaker Aktif

Yang pertama Anda kerjakan yaitu lihat koneksi-koneksi antar komponen. Cermati baik-baik tentang kutub-kutub dari komponen seperti DIODA, TRANSISTOR serta ELCO (Elektrolit Condensator) jangan sempat terbalik kutub nya lantaran komponen ini memiliki kemungkinan yang tinggi untuk meledak jadi hati-hatlah. Apabila Anda belum demikian memahami dengan tehnik basic elektronika baiknya Anda ikuti tutorial perihal inginalan elektronika basic dulu di halaman World Of Electronics pada website ini.

Siapkan PCB kosong dan spidol Anti air seperti yang dijelaskan di atas. Buat dulu koneksi untuk kaki TRANSISTOR, DIODA, ELCO kemudian baru untuk komponen yang lain. PERHATIAN.. Penempatan kaki komponen ada disisi yg tidak ada susunan tembaganya, jadi penempatan titik-titik untuk kaki komponen ada dalam situasi terbalik, di sini Anda juga mesti memahami tehnik pembuatan layout PCB, apabila Anda belum memahami tentang tehnik itu Anda dapat juga lihat TIP pembuatan PCB yang ada disitus ini dapat click link Search untuk menuju ke Halaman itu.

Buat PCB untuk rangkaian CATU DAYA terlebih dulu baru lalu PCB untuk rangkain SPEAKER AKTIF. Lantaran rangkaian untuk catu daya tak demikian banyak komponen nya, ini untuk melatih Anda jadi lebih tahu perihal design Lay Out PCB.
Buat PCB untuk rangkaian CATU DAYA terlebih dulu baru lalu PCB untuk rangkain SPEAKER AKTIF. Lantaran rangkaian untuk catu daya tak demikian banyak komponen nya, ini untuk melatih Anda jadi lebih tahu perihal design Lay Out PCB.

Anda membutuhkan alat untuk melubangi koneksi kaki untuk komponen itu yakni suatu BOR tangan atau listrik dengan mata BOR berdiameter 0, 5 mm.

Posisi dari komponen-komponen catu daya ada diatasnya, penempatan komponen dalam posisi cermin.
Sesudah rangkaian dari CATU DAYA untuk SPEAKER AKTIF usai dirakit, tes dulu tegangan keluaran dengan mempergunakan AVR. Langkah mengetes rangkaian catu daya :

Putar tombol AVR ke posisi tegangan DC 50V, lalu aktifkan rangkaian satu daya dengan cara menghubungkan ke sisi secondary dari TRAFO ke rangkaian catu daya. Cermati janganlah terbalik pada secondary serta primary dari TRAFO.
Beri arus listrik AC 220 Volt di bagian primary dari TRAFO.

Tempelkan Kabel berwarna Hitam dari AVR pada Titik CT pada rangkaian, serta tempelkan kabel merah AVR ke Titik OUTPUT POSITIF (+ 24 V) dari rangkaian. Tengok jarum penunjuk pada AVR. Apabila rangkaian benar, maka jarum dari AVR bakal memberikan tegangan 24 V.

Tempelkan Kabel berwarna Hitam dari AVR pada Titik OUTPUT NEGATIF (- 24 V) dari rangkaian, serta tempelkan kabel merah dari AVR ke Titik CT dari rangkaian. Apabila rangkaian benar maka jarum penunjuk dari AVR bakal memberikan tegangan 24 V juga.

Rangkaian catu daya sudah kita buat, saat ini yaitu merangkai Proyek Utama kita yakni Rangkaian Speaker aktif.

OK kita kembali lagi ke pokok kajian kita. Lupakan saja tentang tehnik penyablonan apabila Anda berasumsi sistem itu mengonsumsi cost yang besar, toh dengan memakai spidolpun akhirnya tak kalah bagus dengan sistem sablon apabila Anda memanglah orang yang kreatif serta cermat. Namun apabila Anda terhitung orang yang pemalas serta mau praktis, Anda bisa pesan PCB yang telah jadi melewati SSC.

Nah sistem setelah itu yaitu merangkai komponen-komponen untuk rangkaian speaker aktif. Cermati tata letak pada PCB. Ingat jangan sempat terbalik pemasangan sebagian komponen seperti : TRANSISTOR, DIODA serta ELCO, apabila terbalik bakal menyebabkan fatal. CT serta R CT, untuk titik dengan info CT dikaitkan dengan Rangkaian catu daya sisi CT juga. Sedang R CT dikaitkan dengan TRIMER POTENSIO.

Untuk ELCO sisi yang diarsir putih yaitu kutub negatif sedang untuk DIODA yang diarsir putih yaitu sinyal dari KATODA nya. Untuk TRANSISTOR sisi yang diarsir putih tunjukkan bahwasanya itu yaitu posisi keping logamnya (Tengok gambar transistor di atas). Untuk perkabelan yang menuju titik AUDIO INPUT, pakai kabel diisi 2 kabel yang diselimuti oleh kabel serabut, hal semacam ini berperan untuk kurangi dampak dengung atau noise pada rangkaian. Kabel serabut yang menyelubungi ke-2 kabel itu dikaitkan ke sisi CT (Ground) upayakan kabel itu janganlah terlampau panjang untuk mengurangai impendansi dari kabel.

Langkah selanjutnya yaitu mengetes rangkaian itu, sudah pasti sesudah Anda menyoldernya serta mempelajari lagi apakah posisi dari rangkaian itu telah benar apa belum. Anda sambungkan rangkaian speaker aktif dengan rangkaian catu daya dan speaker. Untuk mengetes AUDIO IN cobalah Anda pakai WALKMAN, VCD atau pemutar MP3. Kecilkan potensiometer untuk VOLUME lewat cara memutar kearah kiri (berlawanan arah jarum jam) hingga habis. Setel serta putar perlahan volume pada rangkaian, Tes juga Pengatur BALANCE, TREBLE serta BASS apabila semua berperan dengan baik maka saya layak mengacungkan jempol pada Anda. Selamat.., hingga di sini bisa disebutkan Anda telah 90 % sukses di bidang elektronik.
PCB Untuk Rangkain Speaker Aktif | Tri Sunenti | 5