Subwoofer | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Subwoofer

Subwoofer Box
Suatu kotak berkisar dalam kompleksitas dari " kotak plain vanilla " (disegel) untuk bandpass serta juga lampiran lebih eksotis. Tiap-tiap kandang mempunyai keunggulan serta kekurangan serta mesti dirancang sesuai sama dengan parameter speaker individu (" satu ukuran pas untuk semua " ketentuan TIDAK berlaku untuk subwoofer serta kotak).

Subwoofer memerlukan power amplifier kian lebih semua suatu hal yang lain dalam system. Hal semacam ini lantaran telinga manusia kurang peka pada frekuensi yang lebih rendah, hingga tingkat bass yang lebih tinggi dibutuhkan untuk semua suatu hal terdengar juga. A low-pass crossover yang dibutuhkan untuk memblokir off frekuensi tinggi.

Apa type subwoofer yang tambah baik? Suatu subwoofer yang semakin besar berikan lebih bass, namun memerlukan kotak yang semakin besar. Lantaran umumnya orang mau mempunyai batang, 10 serta 12 - inch woofer yang paling umum. Saat beli subwoofer senantiasa diingat bahwasanya ukuran yang semakin besar tak senantiasa tambah baik. Suatu mutu yang baik 8 - inch sub bakal mengungguli murah 12 - incher. Subs besar (12 ", 15 ") mempunyai tanggapan lebih lambat, membuahkan untuk boomier bass. Subs kecil (8 ", 10 ") mempunyai nada yang ketat serta lebih termonitor.

Type kotak
Subwoofer yang baik dipasang dibawah dek belakang atau di belakang kursi belakang mobil. Konfigurasi ini tak lagi bekerja dengan baik untuk hatchback. Lubang mesti dipotong dimana woofer mesti dipasang. Lantaran woofer memakai semua batang untuk kotak, bagasi mesti disegel lantaran barangkali dari kabin. Batang bisa diisolasi umumnya dengan meletakkan papan partikel dibawah dek serta di belakang kursi.

Kekurangan dari subwoofer angin bebas yaitu bahwasanya bass tak lagi benar-benar akurat (terlebih pada frekuensi yang lebih rendah), serta power amplifier selanjutnya bakal dibutuhkan dibanding dengan kotak umum, namun sekali lagi, Anda tetap mempunyai suatu koper penuh.

Sealed - yaitu kotak yang paling umum serta paling gampang untuk bangun. Kotak-kotak ini bakal berikan tanggapan frekuensi flattest, serta mutu nada paling baik dengan cara seluruh (terlebih pada frekuensi yang lebih rendah). Volume internal yang kotak mesti sedekat barangkali dengan yang direferensikan oleh produsen. Bila kotak lebih kecil dari apa yang semestinya, nada bakal lebih ketat, namun power amplifier selanjutnya bakal dibutuhkan. Bila kotak terlampau besar, maka nada bakal berlumpur.

Porting - kotak yang umumnya semakin besar dalam ukuran dari disegel serta mempunyai " tube " (port) yang sangat mungkin angin keluar dari kotak. Inspirasi kotak porting yaitu bahwasanya port speaker mendorong (atau menarik) angin pada saat yang sama sesuai woofer, memperkuat bass. Kotak itu sendiri melakukan tindakan untuk penguat, membuahkan lebih bass dari kandang tertutup (3 hingga 4 dB). Kotak porting tak mempunyai tanggapan frekuensi linear. Bila kotak tak di bangun sesuai sama dengan spesifikasi, hal semacam itu tak lagi terdengar baik. Design Kotak melakukan tindakan untuk filter, memotong frekuensi yang lebih rendah.

Isobarik - konfigurasi yaitu langkah yang baik untuk memperoleh bass dalam kotak yang lebih kecil. Hal semacam ini dikerjakan dengan bangun suatu kotak seputar 1/2 volume kotak tertutup, serta meletakkan dua woofer sama-sama bertemu. Cermati bahwasanya semua suatu hal mesti disegel, terhitung area pada woofer. Suatu spacer pada ke-2 woofer mesti dipakai dalam umumnya masalah untuk hindari subs memukul keduanya. Saat kabel, yakinkan bahwasanya woofer keluar dari fase : Wire satu diantara dari mereka mundur (negatif ke positif, serta positif ke negatif), hingga baik menarik atau mendorong pada saat yang sama. Suatu konfigurasi isobarik tak lagi keluarkan daya kian lebih suatu kotak memakai woofer tunggal. Maksud intinya yaitu untuk kurangi ukuran kotak. Kekurangan lain yaitu bahwasanya lantaran satu diantara subs terkena, itu lebih rawan pada rusaknya.

Band Pass - kandang terbagi dalam woofer pada kotak tertutup serta porting. Kotak Bandpass bakal membuahkan semakin banyak bass dari pada disegel serta porting kotak (terlebih pada frekuensi yang lebih rendah), namun sepanjang rentang frekuensi yang sempit. Dari kotak melakukan tindakan untuk filter, mekanis memblokir frekuensi bawah serta atas, crossover tak dibutuhkan dalam umumnya masalah. Lampiran ini umumnya besar, serta benar-benar tidak kenal ampun saat volume yang pas serta ukuran pelabuhan tak diikuti. Kotak Bandpass juga condong untuk menutupi distorsi. Bila Anda tak bisa mendengar distorsi serta merubah stereo Anda turun kurun waktu, Anda bisa mengakibatkan kerusakan subs Anda.

Benar-benar kotak kecil yang " bernapas " melewati membran bergerak - aperiodik. Ke-2 membran serta kerucut tak dapat di area eksterior yang sama. Tak tahu sisi membran mesti diisolasi dengan memotong lubang didalam mobil hingga ada diluar, atau subwoofer mesti terisolasi dari bekas batang lewat cara yang serupa dengan woofer angin bebas. " Kotak " mesti sekecil barangkali (idealnya membran mesti pas pada sub), lantaran cuma dipakai untuk kopling sub serta membran. Konfigurasi membran aperiodik benar-benar susah untuk membuat serta lagu, namun berikan tanggapan frekuensi yang baik serta lebih cepat menyikapi transien, berikan bass yang akurat serta ketat untuk lawan boomy nada. Mereka tak diperintah oleh parameter Thiele - kecil seperti design yang lain, hingga woofer apa pun bakal bekerja dengan membran.

Amplified Bass box

Suatu pilihan yang baik untuk mobil kecil serta (ideal) untuk hatchback serta truk pickup. Mereka umumnya mengambil sedikit area, meletakkan ke bass yang cukup baik. Produsen yang paling di kenal yaitu Bazooka ® karenanya Bass Tabung ®. Design mereka yaitu kotak porting. Woofer mesti dekat dengan dinding atau, tambah baik lagi, ke pojok. Untuk menyempurnakan, tabung bass dipindahkan baik lebih dekat, atau lebih jauh membuat dinding atau pojok.

Hal semacam ini gampang untuk memperoleh tabung diperkuat, lantaran amplifier, crossover serta subwoofer seluruhnya terintegrasi dalam paket kecil. Bila Anda beli komponen dengan cara terpisah, Anda bakal selesai menggunakan semakin banyak duit. Feature lain yang baik tabung yaitu fakta bahwasanya mereka bisa dengan gampang serta cepat diinstal serta dihapus.

Bila Anda mengambil keputusan untuk memperoleh satu, butuh diingat bahwasanya walau mereka semua tampak sama, merk yang lebih murah tak lagi terdengar baik.

Kustom Bass box

Banyak produsen seperti JL serta MTX bikin kotak kustom (dengan kapal selam terhitung) untuk muat di konsol tengah, dibawah kursi, atau di ruang-ruang kecil yang lain. Walau kotak-kotak ini lakukan cost banyak duit, yang paling berikan kemampuan yang mengagumkan serta mengintegrasikan dengan gampang dalam mobil tiada mengambil terlampau banyak area.
Subwoofer | Tri Sunenti | 5