Tips Membangun Sistem Stereo Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Membangun Sistem Stereo Mobil

Membangun sistem stereo untuk mobil merupakan pekerjaan yang mengasyikan karena penuh dengan tantangan. Melalui proses panjang dari mencari informasi dan berdiskusi dengan teman atau melalui forum car audio. Pekerjaan itu bisa dari membangun kembali sistem stereo secara keseluruhan atau hanya mengganti bagian-bagian secara bertahap mulai dari speaker hingga komponen elektronik mobil. Di bawah ini merupakan tips instalasi sistem stereo pada mobil.

Speaker

Di dalam system car audio Speaker merupakan salah satu komponen yang paling penting dari sebuah sistem stereo mobil. Untuk ukuran, jenis, bentuk, kebutuhan daya, dan lokasi pemasangan adalah faktor-faktor yang harus di pertimbangkan dengan matang. Karena selain hasil suara yang akan anda bangun, beberapa faktor tersebut juga akan menentukan sukses tidaknya pekerjaan anda.

Sesuaikan kapasitas daya speaker dengan output daya dari head unit. Jangan lupa juga menyertakan juga crossover untuk tweeter dan midrange speaker.

Subwoofer

Subwoofer membutuhkan lebih banyak daya dan ruang bila di bandingkan dengan speaker
Subwoofer membutuhkan lebih banyak daya dan ruang bila di bandingkan dengan speaker. Pastikan ukuran sesuai untuk mobil anda saat membelinya. Berbagai jenis banyak tersedia di toko elektronik mobil dan anda tinggal menyesuaikan dengan jenis subwoofer mobil memiliki Anda.

Amplifier

Setiap dari unit memiliki amplifier pra-instal. Akan tetapi, amplifier eksternal yang memiliki kekuatan lebih adalah pilihan yang terbaik, Anda dapat men-tweak tingkat bass, midrange, dan frekuensi tinggi ketika menyeimbangkan sistem. Seperti yang kita ketahui bahwa subwoofer lebih membutuhkan daya ketimbang tweeter dan midrange. Pilihan bagi anda ialah dapat memilih penguat lain untuk subwoofer dan menggunakan amplifier built-in ke dalam unit. Jika Anda menggunakan rangkaian amplifier yang terpisah, dan ingin hasil terbaik maka Anda akan membutuhkan crossover antara speaker dan ampli untuk mengirim sinyal penguat ke speaker yang tepat. Di toko elektronik / online banyak tersedia amplifier yang memiliki crossover bila anda membutuhkan.

Kepala Unit dan Penerima

Saat membangun sistem audio mobil, bila tidak ingin mengganti dengan yang baru Anda bisa menggunakan head unit pabrik /bawaan
Saat membangun sistem audio mobil, bila tidak ingin mengganti dengan yang baru Anda bisa menggunakan head unit pabrik /bawaan. Head unit pabrik memiliki kelemahan tidak memiliki output pre - amp, bila menggunakanya maka tidak dapat menggunakan amplifier eksternal. Namun hal lain yang juga harus anda ingat dan ketahui bila mengganti head unit pabrik, selain menentukan jenis head unit Anda perlu memperhatikan mengenai ukuran.

Instalasi

Bila melakukan Instalasi merek head unit baru biasanya sedikit lebih rumit bila anda tidak terbiasa atau bukan pekerjaan anda. Tetapi bila anda memiliki alat yang lengkap itu akan banyak bermanfaat, pekerjaan instalasi sistem stereo mobil memerlukan pengetahuan yang cukup dalam bidang elektronik, ketelitian dan kesabaran. Jadi pastikan anda benar-benar mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut, setidaknya anda mencari tips membangun sistem stereo mobil untuk lebih mematangkan niat tersebut. Atau kalau tidak yakin anda bisa menggunakan jasa instalasi car audio. Semoga Bermanfaat!
Tips Membangun Sistem Stereo Mobil | Tri Sunenti | 5