Memahami Sistem Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Memahami Sistem Audio Mobil

Tentang Sejarah Audio Mobil dan Perkembangan Sistem Hiburan Di Dalam Mobil

Tentang Sejarah Audio Mobil dan Perkembangan Sistem Hiburan Di Dalam Mobil
Hiburan dalam mobil sudah datang jauh dari th. 1930, saat Motorola mengenalkan pertama yang berhasil dengan cara komersial radio mobil, yang 5T71 Jenis. Sepanjang bertahun-tahun 80 -plus paling akhir, audio mobil sudah berkembang dari basic penerima radio AM dengan pembicara tunggal dengan system elektronik yang kompleks mereproduksi musik serta hiburan yang lain dari ke-2 tanda over- the-air serta format rekaman. Banyak system waktu ini bisa memainkan musik dari array mengagetkan sumber audio : radio, CD, pemutar musik portabel seperti iPod, USB flash drive, kartu SD, Bluetooth audio serta hard-disk drive.

Jumlah besar pilihan audio dapat bikin kepala berputar customer rata-rata. Lima sisi seri ini, " Mengerti System Audio Mobil, " bakal berikan pemahaman perihal dasar-dasar multifaset " infotainment " system waktu ini. Anda juga barangkali mau memeriksa " Langkah Berbelanja untuk System Audio Mobil Aftermarket. " Juga bila Anda merencanakan untuk melindungi system nada saham mobil Anda utuh, pemahaman yang baik perihal pilihan audio mobil aftermarket bisa menolong saat Anda belanja mobil baru - terlebih bila Anda tergoda untuk beli system pabrik premium.

Dalam satu tahun lebih paling akhir, mobil sudah betul-betul mengambil langkah permainan mereka dengan produsen peralatan asli mereka (OEM) system. Namun tak perduli bagaimana kompleks itu, tiap-tiap system audio mobil terbagi dalam tiga komponen utama. Yang pertama yaitu radio atau " head unit " yang mengontrol semua system serta membuahkan tanda audio. Yang ke-2 yaitu penguat yang menambah kemampuan tanda audio hingga bisa mendorong komponen ketiga, speaker yang mereproduksi nada.

Head Units Mobil

Suatu system audio rumah high-end memakai komponen elektronik terpisah - tuner radio, CD player, preamp, amplifier - dikaitkan dengan beragam kabel. Lantaran area yaitu pada premi di kendaraan, mobil mesti menjejalkan banyak komponen ini barangkali jadi satu piranti : head unit. Karenanya, head unit lakukan sebagian pekerjaan, namun dua manfaat intinya yaitu untuk mengontrol volume system dengan cara total serta beragam sumber audio dalam kendaraan.

Saat Anda lihat kembali histori otomotif, radio AM yaitu hanya satu sumber audio didalam mobil sepanjang bertahun-tahun. Lalu datang format FM serta tape seperti 8 -track serta kaset. Suatu CD player saat ini standard di beberapa besar kendaraan, serta banyak head unit pabrik dapat juga terima radio satelit dari service berlangganan Sirius XM atau. HD Radio beberapa waktu terakhir diberikan AM serta FM nada yang tambah baik serta fitur-fitur penambahan, seperti saluran penambahan serta info.

Head unit dapat juga dipakai untuk mengontrol media player seperti iPod atau menavigasi isi dari USB flash drive yang terhubung ke system stereo. Head unit dengan audio Bluetooth dapat juga memainkan musik yang dialirkan dengan cara nirkabel dari hp yang cocok.

Tak hanya mengontrol volume system, head unit umumnya terhitung suara basic kontrol seperti bass serta treble untuk sesuaikan nada ke selera pendengar. Banyak system audio juga meliputi pemrosesan tanda yang dengan cara automatis sesuaikan volume, bergantung pada ambient kebisingan dalam kendaraan yang bergerak. Sebagian system audio high -end OEM juga mempunyai subwoofer yang terpisah serta kontrol subwoofer tingkat.

Amplifier

Suatu system stereo mobil mesti mempunyai penguat untuk menambah kemampuan tanda audio hingga cukup kuat untuk memindahkan speaker serta membuat nada. Ampli yaitu sistem dua step dikerjakan oleh preamp serta power amplifier.

Preamp ini umumnya disimpan didalam head unit serta mengambil data dari radio, CD player atau sumber audio yang lain serta menyiapkan untuk power amplifier. Sistem ini mencakup sedikit menambah tanda audio, yang membuatnya cocok dengan input dari power amplifier serta meyakinkan bahwasanya hal semacam itu tahan pada nada yang bisa memancar dari elektronik yang lain didalam kendaraan. The power amplifier lalu mengambil tanda tingkat rendah preamp serta dengan cara penting menambah hingga bisa memindahkan speaker serta membuat nada.

Banyak unit kepala mempunyai kecil, built -in amplifier daya rendah yang bisa " mendorong " speaker kecil. Hal semacam ini sangat mungkin system audio untuk dikurangi jadi cuma head unit serta sebagian pembicara. Namun nada yang tambah baik memerlukan daya lebih. Jadi system yang lebih tinggi - akhir mempunyai power amplifier terpisah yang dipasang jauh dari head unit lantaran ukuran mereka serta panas yang mereka hasilkan. Kami menutupi perincian " tempel " amplifier dalam artikel terpisah di seri ini.

Speaker

Pembicara / Speaker mengambil tanda listrik diperkuat serta mengubahnya jadi daya mekanik yang bergerak kerucut speaker bolak-balik untuk membuat nada. Nada dasarnya getaran di angin yang kita dengar, serta kerucut speaker membuat getaran itu. Telinga manusia mendengar getaran ini di rentang frekuensi dari lebih kurang 20 hertz (bass benar-benar rendah) sampai 20. 000 Hz (catatan yang benar-benar tinggi).

Beberapa Speaker otomotif paling basic dirancang untuk jadi " komplit " untuk menutupi semua rentang frekuensi. Tetapi dengan berusaha untuk menutupi semua spektrum frekuensi, tanggapan bass biasanya tak ada serta frekuensi yang lebih tinggi yang menjemukan. Anda dapat memperoleh reproduksi nada yang lebih akurat dengan memakai beragam jenis speaker didedikasikan untuk mereproduksi kisaran yang lebih kecil dari nada.

Woofer serta subwoofer yaitu pembicara besar yang dirancang untuk mereproduksi nada cuma bass frekuensi rendah. Driver aptly bernama midrange mengatasi frekuensi tengah -range. Sebagian system mengambil satu langkah selanjutnya serta memakai driver midbass spesial untuk mengatasi frekuensi merepotkan pada bass rendah serta menengah. Tweeter yang paling kecil dari driver spesial serta mereproduksi frekuensi treble atas.

Dalam banyak system audio mobil dua speaker ukuran yang tidak sama dipadukan pada satu frame untuk bikin speaker dua arah. Untuk perumpamaan, seseorang pembicara koaksial mount tweeter kecil segera diatas serta di sumbu yang sama untuk woofer kecil. Yang membuat speaker full-range dari dua driver terpisah.

Dalam system yang lebih rumit, tata letak speaker barangkali terbagi dalam satu atau lebih subwoofer pas dengan driver midbass kiri serta kanan, midranges serta tweeter. Banyak system high-end juga memakai midrange tunggal atau tweeter - atau keduanya - di dalam dasbor untuk saluran pusat untuk memperkuat panggung depan. Kami mencakup speaker dengan cara lebih rinci dalam artikel terpisah di seri ini.

Kami sudah Ayo Jalan Panjang
Seperti yang Anda tengok, audio mobil sudah datang jauh dari pertama AM radio tabung shoehorned ke dalam mobil pada 1930-an. Saat ini bahwasanya Anda telah mempunyai deskripsi yang baik dari apa yang bikin suatu system audio mobil, kita bakal menyelam ke khusus dari pusat komando audio mobil dalam angsuran selanjutnya, yang mengulas head unit.
Memahami Sistem Audio Mobil | Tri Sunenti | 5