Panduan instalasi stereo mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Panduan instalasi stereo mobil

Cara Instalasi Stereo Untuk Mobil

Cara Instalasi Stereo Untuk Mobil
Tips instalasi ini membimbing Anda melewati sistem instalasi stereo mobil baru. Baca lebih tips ini sebelum saat mengawali instalasi komponen audio mobil dalam rencana untuk berikan diri Anda deskripsi perihal apa yang diinginkan.

Bebaskan Stereo Lama


Saat menempatkan stereo baru di mobil Anda, langkah pertama Anda bakal meniadakan stereo tua. Cermati dekat dengan beberapa langkah yang terlibat, untuk sistem untuk meng-install stereo baru Anda bakal sama, namun dengan cara terbalik.

Melepas stereo pabrik
Untuk info rinci perihal langkah untuk meniadakan stereo pabrik di kendaraan spesifik, tengok MasterSheet instruksi Crutchfield ™ Anda, bila ada. Mereka bakal memandu Anda melewati sistem langkah-demi-langkah. Bila tak, Anda bisa memakai dasar umum dibawah ini.

Sebelum saat Anda mulai, awalilah dengan mengambil keputusan rem parkir serta melepas kabel negatif dari aki mobil untuk menghindar suatu hal jalinan arus pendek berniat.

Stereo pabrik Anda bakal dipasang di satu diantara dari dua langkah :


Ditanggung dalam pemasangan lengan logam dengan klip pegas melesat ke dasbor dengan kurung

Klip pegas pemasangan

Bila stereo yang diselenggarakan oleh klip musim semi, Anda bakal membutuhkan sepasang alat DIN. Masukkan alat DIN ke dalam lubang di segi eitter unit hingga terdengar click. Alat-alat berperan untuk melepas klip musim semi serta juga kail ke segi stereo hingga Anda bisa menariknya keluar dengan gampang. Menyebarkan alat terpisah sedikit lalu tarik stereo dari dasbor.

Lari di tempat

Terkadang, terhubung stereo membutuhkan penghilangan satu atau lebih trimpanels dari dasbor. Anda barangkali mesti (hati-hati) membongkar plastik memotong jauh dari dasbor (yang kerap ditanggung dengan klip desakan tersembunyi), atau temukan serta meniadakan baut membongkar sisi lain dari panel. Sesudah Anda sudah memperoleh akses ke stereo pabrik, penghilangan mesti terang. Stereo bakal nyaris senantiasa ditanggung oleh empat sekrup, kadang-kadang melesat segera ke depan dasbor, lain waktu diamankan ke segi kurung. Bebaskan sekrup serta tarik stereo dari dasbor.

Mobil-mobil Amerika yang di bangun sebelum saat 1980-an kerap datang dengan " poros style " stereo, yang diamankan ke dasbor melewati mur serta mesin bersihkan dengan tombol kanan serta kiri. Suatu stereo poros style mesti diinstal dari balik dasbor. Memperoleh ke posisi yaitu sisi yang rumit, lantaran kabel kendaraan Anda, kontrol pemanas, serta memerlukan saluran kerja barangkali ada di jalan.

Pabrik memakai kabel.

Mencabut stereo pabrik

Bila kendaraan Anda mempunyai (atau sempat mempunyai) stereo pabrik, atau bila itu yaitu pra-kabel dengan " prep stereo " paket, mesti ada sekurang-kurangnya satu wiring harness plastik di belakang pembukaan stereo. Plug (s) menghubungkan stereo untuk system kelistrikan kendaraan Anda, serta juga bikin koneksi pembicara. Anda bakal butuh untuk mencabut stereo pabrik dari memakai kabel, serta cabut antena untuk merampungkan sistem penghilangan.

Sambungkan Wiring

Bila Crutchfield membawa memakai kabel kustom untuk kendaraan Anda, Anda bisa memakainya untuk menghubungkan stereo baru Anda ke pabrik memakai kabel kendaraan Anda. Ini bakal meyakinkan bahwasanya seluruhnya jalan mulus, seperti stereo pabrik kerjakan.

Bila harness tak ada untuk kendaraan Anda atau bila pabrik stereo steker terputus, Anda mesti mengidentifikasi tiap-tiap kabel stereo serta menghubungkan mereka ke kabel yang sesuai sama stereo baru Anda. Bila Anda beli stereo baru Anda dari Crutchfield, Departemen Tek kami barangkali bisa memberi tahu Anda warna serta manfaat kabel stereo mobil Anda.

Crimping serta solder

Putuskan apakah Anda mau mengeriting atau solder kabel berbarengan. Crimping lebih cepat serta lebih gampang. Bila Anda mengeriting kabel berbarengan, yakinkan untuk memakai ukuran konektor crimp benar - khas kabel stereo in-dash yaitu 18 -gauge, namun kekuasaan mengukur pemakaian sebagian berat serta kabel ground. Terdapat banyak type konektor crimp, terhitung konektor peluru, konektor pantat, atau topi rintangan (digambarkan dibawah).

Solder membuat permanen, koneksi profesional yang menanggung transfer arus maksimum. Kami benar-benar merekomendasikan supaya Anda memakai heat-shrink tubing serta senapan panas membuat perlindungan sambungan disolder. Jauhi merekam kabel berbarengan - pita bakal jadi kering serta rontok, mengungkapkan kabel serta membuatnya cuma persoalan saat sebelum saat suatu hal celana pendek keluar.

Power

Umumnya, yang paling baik yaitu untuk bikin semua koneksi kabel stereo baru melewati memakai kabel, namun bila Anda mesti bikin sambungan listrik segera, Anda mesti tahu perbedaan pada " switched " serta kemampuan " konstanta ".

Suatu sumber daya yang diaktifkan cuma pada waktu kunci kontak mengetik - menghubungkan stereo baru Anda main (switched) daya mengarah ke sumber listrik diaktifkan, hingga stereo bakal mematikan saat Anda mematikan mobil, serta tak kuras baterai kendaraan Anda.

Suatu sumber daya konstan senantiasa di - menghubungkan stereo baru Anda memori mengarah ke sumber listrik konstan, hingga Anda tak kehilangan Anda stereo preset, nada membuat, serta penyusunan jam setiap saat Anda mematikan kendaraan.

Suatu langka stereo bertenaga tinggi mengharuskan Anda untuk bikin sambungan listrik konstan segera di terminal positif baterai kendaraan Anda. Hal semacam ini membutuhkan kawat berat mengukur kemampuan, sekering in-line (umumnya diikutkan), serta terminal cincin untuk menghubungkan kabel listrik ke penjepit baterai. Anda bakal mempunyai untuk rute kawat listrik melewati firewall kendaraan serta ke kompartemen mesin untuk bikin sambungan pada baterai.

Sambungan tanah yang baik benar-benar utama untuk kemampuan stereo yang pas. Bila Anda tak memakai kabel harness kustom, mencari baut, sekrup, atau kawat yang kontak bare metal chassis kendaraan Anda. Longgarkan baut, slip kawat bawah tanah (ini nyaris senantiasa kabel hitam), lalu kencangkan baut. Bila kawat tanah Anda tak menghubungi logam telanjang, stereo Anda tak lagi beroperasi. Sambungan ground longgar atau lemah bisa menyebabkan tanda nada yang mengganggu dengan musik Anda.

In-dash kabel video yang

Bila stereo baru Anda mempunyai monitor video built in, Anda akan butuh untuk menghubungkan kawat ke kawat rem darurat. Kawat ini melakukan tindakan untuk saklar untuk menghidupkan monitor video waktu rem parkir yang terlibat. Ikuti panduan yang diikutkan berbarengan monitor in-dash Anda untuk temukan rem kawat tanah darurat.

Instal Stereo Baru


Instalasi stereo baru

Bila stereo asli melesat ke dasbor, Anda barangkali butuh meniadakan mounting bracket dari segi itu serta menyertakannya ke segi stereo baru Anda. Besar kemungkinan, Anda bakal membutuhkan kit pemasangan (yang barangkali terhitung cincin trim, memasukkan dasbor, bracket, cover, serta/atau pemasangan tabung logam) untuk meng-install stereo (Gambar 1).

Bila kit pemasangan dibutuhkan, install terlebih dulu. Lalu geser logam pemasangan lengan stereo baru (bila diikutkan) ke dalam kit. Amankan lengan logam dengan memakai obeng untuk menekuk tab logam lengan itu ke tempatnya (Gambar 2).

Sesudah pembukaan dasbor siap stereo baru, tahan stereo dekat pembukaan. Sambungkan kabel adaptor stereo kendaraan wiring harness serta gunakan di kabel antena.

Geser stereo ke dalam lubang dasbor, namun tak mengikat ke bawah dahulu. Pertama, menguji stereo untuk meyakinkan seluruhnya bekerja dengan benar. Lebih gampang untuk melakukan perbaikan persoalan waktu seluruhnya tetap terbuka. Hidupkan daya serta coba tiap-tiap sumber (AM, FM, serta CD). Lalu sesuaikan keseimbangan serta penyusunan fader untuk memeriksa bahwasanya tiap-tiap pembicara bekerja. Sesudah Anda meyakini stereo kabel serta bekerja dengan baik, kerjakan mengamankan dalam dasbor serta gunakan kembali semua potongan trimpanel dasbor yang dihapus.
Anda barangkali butuh memakai basckstrap untuk mensupport sisi belakang stereo baru Anda.

Anda barangkali butuh memakai backstrap untuk mensupport sisi belakang stereo baru Anda.

Instalasi backstra

Suatu mounting bracket - atau backstrap - kerap dimasukkan dengan stereo baru. Untuk umumnya instalasi, backstrap umumnya bukan hanya adalah sisi utama dari sistem instalasi. Tetapi, bisa bermanfaat untuk menolong mensupport stereo di dasbor Anda, namun juga menolong kurangi getaran. Satu diantara ujung backtrap melekat (dengan sekrup) ke sisi belakang stereo. Ujung melekat ke baut yang ada atau sekrup balik dasbor. Cuma membungkuk serta membuat backstrap yang dibutuhkan untuk sangat mungkin pemasangan.

Dapatkah Anda mengerjakannya?

Bila kendaraan Anda mempunyai sound sistem premium atau panel kontrol stereo/iklim terintegrasi, Anda barangkali bakal membutuhkan spesial " OEM integrasi " adaptor untuk meng-install stereo baru. Sesuai sama adaptor dapat dibeli dari crutchfield. com. Adaptor sangat mungkin Anda untuk memakai stereo baru dengan system speaker yang ada.

Evaluasi

Dengan saat ini Anda mesti mempunyai sebagian inspirasi perihal apa yang terlibat dalam menukar stereo pabrik Anda dengan yang baru, yang tambah baik, stereo aftermarket. Langkah selanjutnya yaitu untuk lihat apakah Crutchfield mempunyai MasterSheet ™ untuk kendaraan Anda. Itu satu set instruksi instalasi dirancang spesial untuk kendaraan spesial Anda. Ini bakal menuturkan tiap-tiap langkah dari sistem serta memberi tahu Anda dimana untuk temukan tiap-tiap sekrup Anda mesti meniadakan untuk instalasi. Suatu MasterSheet ™ mengambil semua menebak dari instalasi.

Juga tiada Crutchfield MasterSheet ™, umumnya orang bisa meng-install stereo in-dash tiada banyak kesusahan, cuma memakai panduan dalam artikel ini. Hal semacam ini pada gilirannya mengakibatkan penghematan cost instalasi ($ 50 yaitu umum, serta kerap lebih). Namun bila Anda tidak mau mengatasi pekerjaan, ada yang kompeten serta benar-benar terlatih installer stereo profesional di tiap-tiap kota dimana Anda bakal temukan remaja serta mobil.
Panduan instalasi stereo mobil | Tri Sunenti | 5