Pemotongan dan Penyambungan Kabel | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pemotongan dan Penyambungan Kabel

Cara Memotong dan Menyambung Kabel Audio Mobil


Cara Memotong dan Menyambung Kabel Audio Mobil
Untuk sistem kenyamanan, banyak system elektronik tersedia dengan kabel plug- and-play serta mengakibatkan, telah diterminasi dengan konektor untuk menyingkirkan keperluan untuk solder. Beberapa orang temukan kabel ini pra -dihentikan bakal benar-benar berguna untuk menghemat saat serta membuahkan bersih, instalasi profesional. Tetapi, kabel ini sama membuat dilema saat pekerjaan memerlukan routing melewati firewall mesin, atap mobil, panel trim serta untuk bangunan, dinding eksterior.

Kabel pra -dihentikan biasanya mempunyai diameter kecil, namun konektor selanjutnya terkadang dapat dua atau juga empat kali lipat ukuran lubang yang diperlukan untuk rute kabel melewati atap, firewall, dan lain-lain Jadi installer lalu dihadapkan pada dilema umur tua, " Apakah saya bikin lubang terlampau besar untuk mengkompensasi konektor? " atau, " Apakah saya memotong kabel serta mengharapkan bahwasanya saya bisa meletakkan kembali berbarengan? "

Untuk saya, tak ada dilema sekalipun serta pilihan yang simpel... memotong serta sambatan kabel! Sesudah semua itu gampang, tampilan bakal jadi unggul serta dalam masalah instalasi eksterior, bakal mempunyai integritas cuaca yang semakin besar lantaran lubang diameter yang lebih kecil.

Memanglah benar bahwasanya beberapa orang yang merugikan diri saat memotomg kabel audio mobil serta penyambungan lantaran mereka cemas bahwasanya hal semacam itu bakal terlampau susah untuk mencocokkan kabel batin atau bakal jadi titik kegagalan. Dengan sedikit pendidikan perihal bagaimana mengerjakannya dengan benar serta sebagian alat murah, kecemasan ini lenyap. Untuk sambatan berhasil, ikuti saja beberapa langkah basic tersebut :

Peralatan serta perlengkapan

Bila Anda MacGyver, dalam situasi darurat Anda bisa bikin kerjakan dengan pisau saku serta lakban, namun untuk dunia riil serta instalasi permanen... alat lagi yang benar-benar disarankan. Mempunyai alat yang pas relatif murah hari ini serta jadi benar-benar utama untuk instalasi piranti keselamatan seperti lightbars LED, lampu dasbor, sirene, dan lain-lain alat serta perlengkapan yang direferensikan yaitu :

- Kawat penari telanjang
- Snips atau gunting (sebagian penari telanjang mempunyai built-in snips)
- Panas berkurang tabung
- Panas senjata untuk panas berkurang (pemantik rokok atau sumber panas yang lain juga di terima)
- Solder
- Solder besi
- Menolong Tangan
- Multi- mtr. yang
- Karet grommet (untuk instalasi otomotif)

Langkah # 1 Tetapkan lokasi memotong serta bikin cut

Pas sebelum saat potongan kabel, berikan sebagian pemikiran ke mana lokasi yang paling beruntung dipotong bakal. Umpamanya, Anda barangkali mau memotong kabel di dalam untuk bikin perutean kabel cepat atau Anda barangkali butuh untuk memotong dekat ujung kabel lantaran titik routing yang penambahan yang mempunyai toleransi ketat. Juga, senantiasa yakinkan lokasi yang Anda tentukan cut berikan Anda banyak area untuk bekerja dengan serta untuk melakukan perbaikan potensi kekeliruan solder. Dengan cara umum, saya anjurkan bikin cut tak lebih dekat dari 4 inci hingga akhir titik pertolongan kabel atau kemelut.

Langkah # 2 kabel Strip serta kawat isolasi

Untuk umumnya kabel, saya anjurkan isolasi kabel pengupasan (jaket luar utama) sekurang-kurangnya satu inci untuk sangat mungkin gampang solder serta re - menghina dari kabel batin. Kabel batin mesti dilucuti cuma cukup jauh untuk sangat mungkin sendi solder yang baik, umumnya satu - seperempat inci.

Langkah # 3 Prep serta kabel timah

Untuk persiapan tiap-tiap kawat, saya lebih menentukan untuk memutar kawat terdampar hingga mereka mengencangkan serta meluruskan. Hal semacam ini bikin kabel lebih gampang untuk bekerja dengan serta sangat mungkin penambahan adhesi solder. Sebagian kabel seperti kabel komunikasi atau video barangkali mempunyai perisai luar untuk meminimalkan interferensi RF serta lakukan pekerjaan ganda dengan melayani untuk basic. Dengan pengecualian untuk kabel koaksial yg tidak bisa disambung, perisai ini mesti disediakan untuk kabel lain dengan memutar untuk memperketat helai.

Sesudah kabel yang disediakan, meletakkan manik-manik solder pada besi Anda serta menggerakkan kawat melewati manik-manik. Hasil pada akhirnya mesti berikan tiap-tiap ujung kawat perak dalam susunan warna.

Langkah # 4 Aplikasikan panas menyusut

Senantiasa mengaplikasikan semua panas berkurang sebelum saat lakukan penyolderan. Untuk beberapa besar kabel Anda bakal memerlukan sekurang-kurangnya dua ukuran panas berkurang, sepotong besar untuk pas di semua kabel serta potongan-potongan kecil untuk sesuaikan tiap-tiap kawat individu. Panas berkurang ukurannya benar-benar pemaaf namun biasanya ukuran yang pas yaitu panas berkurang yang sesuai sama atas kawat serta kabel dengan sesedikit barangkali bermain.

Saat mengaplikasikan panas berkurang, yakinkan ada kesenjangan pada itu serta sendi solder hari esok. Panas berkurang yang terlampau dekat dengan panas solder alami bakal berkurang serta kemudian tak sangat mungkin penempatan yang pas.

Praktik lain yang utama yaitu untuk meng-install panas berkurang pada kawat tanah juga bila awalannya tak ada isolasi sekalipun. Juga yang paling baik dari sendi solder membuahkan ketidaksempurnaan kecil serta lengan panas berkurang kian lebih sendi yang bakal menolong kurangi peluang untuk sirkuit pendek dengan kabel yang lain.

Langkah # 5 Solder sendi

Bila Anda telah kalengan selesai kawat Anda, bikin sendi solder bakal benar-benar gampang serta cuma membutuhkan solder kecil manik-manik pada solder. Saat bikin sendi, yakinkan untuk bikin melalui kelancaran kabel untuk menolong meminimalkan pinggir bergerigi dari pembentukan. Bila tiap-tiap pinggir lakukan wujud, cuma memakai sepasang snips atau segi pemotong untuk klip mereka.

Langkah # 6 Membuat perlindungan sendi dengan panas menyusut

Sesudah Anda senang dengan sambungan solder Anda, geser panas Anda prepositioned berkurang diatas sendi. Saat mengaplikasikan sumber panas ke panas berkurang, yakinkan untuk memakai jumlah paling kecil panas yang diperlukan untuk memperkecil isolasi baru Anda, terlampau banyak panas bisa melonggarkan atau membatalkan sendi solder. Persoalan sendi jadi tak tampak demikian panas berkurang diaplikasikan. Jadi sekali lagi, pakai sesedikit barangkali panas.

Langkah # 7 Uji sambatan Anda serta Anda usai!

Sebelum saat memakai kabel disambung atau selalu rute itu, itu senantiasa adalah inspirasi bagus untuk menguji itu. Langkah gampang karenanya yaitu dengan tester kontinuitas ditemukan pada umumnya multi- mtr.. Saat dalam modus kontinuitas, cukup letakkan probe uji pada tiap-tiap ujung kabel. Bila Anda mempunyai multi-meter peringatan terdengar, Anda mesti memperoleh suara saat probe uji menyentuh ujung kabel, yang tunjukkan kontinuitas yang pas.

Untuk seutuhnya menguji instalasi, Anda juga mesti menguji celana pendek. Dengan multi-meter tetap dalam modus kontinuitas, menentukan ujung kabel serta meletakkan probe uji pada beragam konduktor. Bila Anda sambatan dikerjakan dengan benar, Anda tak mesti mendengar peringatan terdengar yang tunjukkan bahwasanya tak ada sirkuit pendek yang ditemukan.
Pemotongan dan Penyambungan Kabel | Tri Sunenti | 5