Pengertian Adaptor dan Jenisnya | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pengertian Adaptor dan Jenisnya

Definisi Adaptor


Pengertian Adaptor secara garis besar yaitu piranti elektronik yang bisa mengubah tegangan listrik (AC) yang tinggi jadi tegangan listrik (DC) yang rendah, namun ada juga jenis adaptor yang bisa mengubah tegangan listrik yang rendah jadi tegangan listrik yang tinggi, dan ada banyak lagi macam-macam adaptor .

Beberapa jenis Adaptor

Pengertian Adaptor dan Jenisnya
Adaptor

Dengan cara umum adaptor yaitu alat elektronika yang bisa sesuaikan atau mengubah tegangan listrik, tujuannya yaitu mengubah sumber tegangan listrik utama yakni dari PLN jadi tegangan listrik yang bisa dipakai untuk sesuai dengan piranti elektronik yang bakal digunakan, umpamanya seperti Tv, Radio, gadget serta lain lain. Terdapat banyak type atau jenis macam adaptor diantaranya :

1. Adaptor DC Converter


Yakni adaptor yang bisa mengubah tegangan DC yang besar jadi tegangan DC yang kecil. Umpamanya : Dari tegangan 12v jadi tegangan 6v.

2. Adaptor Step Up serta Step Down


Adaptor Step Up yaitu adaptor yang bisa mengubah tegangan AC yang kecil jadi tegangan AC yang besar. Umpamanya : Dari Tegangan 110v jadi tegangan 220v.

Adaptor Step Down yaitu adaptor yang bisa mengubah tegangan AC yang besar jadi tegangan AC yang kecil. Umpamanya : Dari tegangan 220v jadi tegangan 110v.

Adaptor Step Up ataupun adaptor Step Down alatnya sama, tinggal bagaimana caranya kita memakainya.

3. Adaptor Inverter


Yakni adaptor yang bisa mengubah tegangan DC yang kecil jadi tegangan AC dengan ukuran besar. misal : Dari tegangan 12-v DC menjadi 220-v AC.

4. Adaptor Power Supply


Yakni Adaptor yang bisa mengubah tegangan listrik AC yang besar jadi tegangan DC yang kecil. Umpamanya : Dari tegangan 220v AC jadi tegangan 6v, 9v, atau 12v DC.

Adaptor power supply di buat untuk menukar manfaat baterai atau accu supaya lebih ekonomis. Adaptor power supply ada yang di buat sendiri, namun ada yang di buat jadikan satu dengan rangkaian lain. Umpamanya dengan rangkaian Radio Tape, Tv, dan lain-lain.
Pengertian Adaptor dan Jenisnya | Tri Sunenti | 5