Silinder Mesin Mobil - Layout dan jenis | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Silinder Mesin Mobil - Layout dan jenis

Pada suatu waktu Anda barangkali sempat mendengar mobil terlampau keluarkan suara kuat. Ini barangkali buatan Italia, Jepang atau Jerman, namun satu diantara factor kunci yang menolong membuahkan kebisingan spesifik yaitu jumlah silinder mesin mobil.

Mesin satu silinder yaitu wujud simpel dari mesin. Mereka cuma mempunyai satu piston serta condong untuk dipasang baik dengan cara horisontal ataupun vertikal. Anda umumnya bakal temukan mesin single- silinder mesin pemotong rumput, skuter serta sepeda lantaran ukuran serta kesederhanaan mereka.

Mesin yang paling umum yaitu " lurus " mesin. Ini condong mempunyai empat atau enam silinder. Umumnya mobil datang dengan mesin lurus - empat lantaran mereka relatif kompak serta tawarkan kombinasi potensi yang baik dari perbaikan, kekuasaan serta ekonomi. Dalam sebagian masalah, Anda barangkali temukan mesin lurus dikatakan sebagai " miring " mesin, bila silinder dipasang pada pojok bukan hanya vertikal.

Dalam usaha untuk bikin mesin lebih halus serta lebih kuat, lebih silinder yang ditambahkan. Itu sering untuk temukan lurus - delapan mesin di mobil mahal dari dua beberapa puluh, tiga beberapa puluh serta empat beberapa puluh. Kekurangan utama dari mesin lurus besar yaitu ukuran mereka, lantaran mereka umumnya benar-benar panjang.
Dalam usaha untuk bikin mesin lebih halus serta lebih kuat, lebih silinder yang ditambahkan. Itu sering untuk temukan lurus - delapan mesin di mobil mahal dari dua beberapa puluh, tiga beberapa puluh serta empat beberapa puluh. Kekurangan utama dari mesin lurus besar yaitu ukuran mereka, lantaran mereka umumnya benar-benar panjang.

Untuk menangani persoalan keunggulan panjang, sembari menjaga jumlah yang lebih tinggi dari silinder, yang " Vee " mesin di kembangkan. Paling kerap ditemukan pada enam, delapan, sepuluh serta konfigurasi 12 - silinder, mesin Vee mempunyai dua set terpisah dari silinder yang dipasang dalam wujud V.

Sebagian produsen, seperti Porsche, memakai " datar " mesin di mobil mereka. Seperti yang Anda barangkali menduga, design ini mesin mempunyai sebagian piston yang dipasang horizontal. Umumnya ada satu set, atau bank, piston di tiap-tiap segi poros engkol. Terkadang dikatakan sebagai " petinju " mesin, mereka bisa dipasang rendah didalam mobil yang menambah penanganan.

Paling akhir, sebagian mobil memakai apa yang di kenal untuk mesin Wankel, yang terkadang dikatakan sebagai suatu rotary. Ini tidak sama dari mesin konvensional, bukan hanya piston bergerak naik serta turun didalam silinder, ia memakai rotor yang berputar didalam perumahan. Mazda yaitu satu diantara produsen yang pada mulanya sudah bikin ekstensif memakai type mesin.

Mesin Wankel yang populer lantaran mereka tak mempunyai banyak sisi yang bergerak, mereka kompak, benar-benar halus serta dapat operasi kecepatan tinggi tiada kesusahan. The downside yaitu bahwasanya mereka tak efektif serta ada persoalan dengan andal menyegel ujung rotor pada perumahan, mengakibatkan kemampuan yang jelek serta kegagalan pada akhirnya mesin.

Untuk ketentuan umum, makin banyak silinder mesin mempunyai halus itu bakal jadi serta makin tinggi output daya yang bakal. Memberikan silinder umumnya menambah ukuran, berat serta kompleksitas mesin Tetapi, hingga ada keseimbangan yang perlu dicapai.

Terdapat beberapa layout engine eksentrik lain diluar sana namun ini yaitu type yang paling umum, yang yang bakal Anda tengok di beberapa besar mobil jalan seputar Anda. Berapakah banyak silinder yang mobil Anda punyai serta bagaimana mereka ditata, atau apakah Anda satu diantara dari type berani yang mempunyai mobil bermesin Wankel?

Jika berminat silahkan baca juga mengenai Tips membeli mobil baru sesuai teknologi terkini
Silinder Mesin Mobil - Layout dan jenis | Tri Sunenti | 5