Tips Mudah Memeilih Subwoofer Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Mudah Memeilih Subwoofer Audio Mobil

Subwoofer Audio Mobil


Ketahui dulu bila anda belum kenal, Subwoofer yaitu speaker spesial yang di buat untuk mengalirkan low frekuensi. Seberapa utama manfaat subwoofer bergantung dalam konteks penggunaannya. Bila ingin membeli pastikan dulu tentang kebutuhan yang di butuhkan dalam system car audio Anda.

Kisaran gelombang normal yang bisa di terima telinga manusia cuma dari 20 Hz sampai 20 KHz, jadi tak seluruhnya gelombang frekuensi dapat didengar oleh manusia. oleh karenanya pada car stereo sistem yang baik, suara yang dihasilkan mesti standard dengan kekuatan pendengaran telinga manusia pada umumnya, maka dibutuhkan apa yang di sebut dengan speaker dan berfungsi mengalirkan frekuensi suara. Ketahui juga bahwa tiap-tiap speaker mempunyai kekuatan yang berbeda sesuai kualitas merek serta terbatas untuk membuahkan frekuensi. Bila ingin hasil yang sempurna, beli speaker berkualitas meskipun dengan harga murah. Harga audio mobil murah bukanlah menjadi sebuah patokan bila anda pandai dan mengenali tingkat kebutuhan sistem audio mobil anda.

Jenis Speaker

  1. Pertama di kenal tweeter dengan kekuatan kerja high frekuensi dengan kisaran 3500 Hz hingga 20 KHz
  2. Ke-2 di kenal dengan Midrange untuk isi kisaran frekuensi 350 Hz hingga 4500 Hz
  3. Ketiga Midbass/Midwoofer yang dapat mereproduksi frekuensi 80 Hz - 350 Hz
  4. Subwoofer yang dapat mereproduksi nada suara di bawah 40Hz.

Tips Mudah Memeilih Subwoofer Audio Mobil
Tips Mudah Memeilih Subwoofer Audio Mobil
Dalam car stereo sistem secara umum, nada suara diurutkan dimulai dari low, mid baru ke high frekuensi. Ketiga type frekuensi itu mesti ada dalam car stereo sistem, apabila yang dapat dipenuhi cuma high frekuensinya, maka suara yang di hasilkan dalam mobil bakal kosong atau hampa dengan tak adanya nada suara low frekuensi atau bunyi bass, karenanya dibutuhkan subwoofer untuk memperoleh low frekuensinya. Baik itu sistem 2 way, 3 way, 4 way terutama car theater, pemasangan subwoofer terus benar-benar dibutuhkan, mengingat pentingnya dari sistem audio tersebut.

Mobil yang sudah dilengkapi dengan midbass dapat keluarkan frekuensi sampai 30Hz, itupun sulit di temukan, maka dalam sistem stereo mobil mesti dilengkapi oleh subwoofer untuk memperoleh low frekuensi yang dibutuhkan. Dari penjelasan di atas maka dapat di simpulkan yaitu subwoofer mesti ada serta terpasang dalam sistem stereo mobil apabila inginkan suatu mutu suara nada berkualitas dan bagus maka penuhi prasyarat untuk sistem tersebut agar menghasilkan suara nyaman untuk didengarkan.

Panduan Langkah Menentukan Subwoofer:


Subwoofer dipasaran dengan banyak type serta ukuran, karenanya butuh ada pengetahuan bagaimana caranya memilih supaya sesuai dengan type mobil serta nada low yang anda idamkan:
  • Subwoofer tak mesti yang mahal, Anda juga bisa memilih subwoofer murah namun berkualitas. Lantaran subwoofer paling bagus belum pasti yang bernilai mahal. Yang utama untuk anda ketahui subwoofer berbentuk rigid dengan konus bila ditekan cukup elastis.
  • Pastikan subwoofer yang sesuai sama dengan type mobil, untuk mobil city car pastikan subwoofer yang memiliki ukuran 10”, untuk mobil berkabin besar, baiknya menentukan yang memiliki ukuran 12 inchi. Lalu cermati jenis music yang anda dengar, speed yang tambah baik didapat pada sub 10inchi sedang nada suara rendah didapat pada subwoofer 12inchi.
  • Pastikan subwoofer yang dapat keluarkan frekuensi di bawah 40 Hz dengan lihat spesifikasi pada manual book atau ajukan pertanyaan pada instalatur car stereo.
  • Bila inginkan subwoofer yang praktis dalam pemasangan, pastikan subwoofer tabung aktif, dengan menentukan type ini cuma diperlukan saat pemasangan yang singkat, lantaran tak perlu pembuatan box menambahkan amplifier lagi yang bisa mengonsumsi saat sekalian cost.
  • Bila memakai Amplifier 4 kanal diusahakan tak memakai subwoofer double voice koil, lantaran type ini membutuhkan daya yang cukup besar.
  • Pastikan subwoofer yang berjenis Shallow bila mau area kabin terutama bagasi tak jadi sempit, subwoofer shallow mempunyai basket dengan wujud yang tidak tebal serta bisa optimal bekerja dengan box dengan kubikasi yang kecil yg tidak membutuhkan box dengan ukuran besar.
  • Paling akhir pastikan subwoofer yang mempunyai finishing serta bahan yang berkwalitas dengan ajukan pertanyaan pada instalatur car stereo, lantaran bahan subwoofer terlebih di bagian konus benar-benar punya pengaruh pada ciri-ciri nada bass yang di idamkan.

Tips terakhir kali mengenai subwoofer mobil ini yaitu placementnya, lantaran hal semacam ini benar-benar punya pengaruh pada mutu suara nada yang didapat dalam kabin mobil. Placement subwoofer mesti dapat sejauh barangkali dari posisi dengar, dianjurkan baiknya subwoofer ditempatkan di bagian paling belakang dalam kabin mobil seperti contoh pada bagian sisi bagasi.
Tips Mudah Memeilih Subwoofer Audio Mobil | Tri Sunenti | 5