Berbagai Desain Box Subwoofer | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Berbagai Desain Box Subwoofer

Tips membuat box subwoofer untuk audio mobil


Dalam bangun satu system audio mobil yang benar amatlah utama untuk membuat box subwoofer dengan ukuran yang pas, kesempurnaan dari satu system audio mobil terbaik SQ, SQL, maupu SPL benar-benar di pengaruhi oleh suara bass. Di bawah ini yaitu penjelasan singkat perihal sebagian tehnik atau cara untuk bikin box subwoofer dalam audio mobil.

Infinite Baffle " Enclosure "

Yang paling simpel jenis box yaitu baffle terbatas atau system angin bebas. Catatan : Free- Air ™ yaitu merk dagang dari Design Stillwater (Kicker) Dalam system ini woofer mempunyai sisi depan kerucut yang diisolasi dari sisi belakang kerucut dengan me-mount woofer ke dek belakang atau pada papan diletakkan dibagian belakang kursi belakang.

Keuntungan dari design ini mempunyai kesederhanaan, pekerjaan minimum area serta cost yang lebih rendah lantaran tak mesti mempunyai jenis kotak box.
Kekurangan dari design ini yaitu keperluan yang semakin besar kekuasaan, kesusahan (terkadang ekstrim) di betul-betul mengisolasi dua segi kerucut dari keduanya, serta reproduksi suara sedikit kurang akurat.

Sealed Enclosure

Type kotak system yang paling simpel yaitu box disegel. Tersebut woofer yang dipasang dalam kotak betul-betul tertutup yang mengisolasi sisi depan serta belakang gelombang woofer.
Keuntungan dari design disegel terhitung keringanan perakitan, kriteria ukuran kotak lebih lunak, ciri-ciri transient yang benar-benar terbaik, penanganan daya tinggi, serta box umumnya lebih kecil.

Kekurangan kurang efisiensi (membutuhkan power amplifier lebih) dari box vented serta kurang bass rendah dibanding dengan disetel dengan benar box vented ATAS port Penyesuaian frekuensi.

Porting (vented) Enclosure

Berbagai Desain Box Subwoofer
Box vented serupa dengan box disegel dalam design terkecuali bahwasanya mereka memberikan " port " yang panjang spesifik serta daerah spesifik di seputar. Port ini, umumnya panjang pipa PVC, disetel ke frekuensi spesifik dengan variasi dalam dua parameter pelabuhan luas serta panjang. Dengan memberikan port ini, gelombang belakang gerakan kerucut dipakai untuk memperkuat gelombang depan. Saat dikerjakan dengan benar system subwoofer jadi lebih efektif dari pada disegel box sepadan ATAS Penyesuaian frekuensi pelabuhan. Tetapi, dibawah port Penyesuaian frekuensi woofer bakal jadi tak stabil serta " membongkar " mengakibatkan woofer untuk berosilasi keras, mengakibatkan kegagalan woofer prematur bila didorong dengan kemampuan yang terlalu berlebih.

Keuntungan dari design ini yaitu penambahan efisiensi serta perpanjangan frekuensi yang lebih rendah diatas port Penyesuaian frekuensi.
Kekurangan yaitu design yang lebih kompleks, box yang semakin besar dibanding dengan design tertutup, penanganan daya yang rendah, serta akurasi sedikit kurang sesaat.

Single Reflex Bandpass

(Urutan ke-4) Enclosure

Design yang paling kompleks box umum yaitu system band pass. Maksud dari system band pass yaitu penambahan efisiensi pada rentang kecil frekuensi. Design ini dapat menolong menyaring midbass yg tidak di idamkan serta frekuensi atas. Ada variasi pada design band pass di kenal untuk perintah. Design simpel yaitu refleks tunggal (urutan ke-4) dimana woofer dalam kebakaran box tertutup ke box berventilasi.

Dual Reflex Bandpass

(Urutan ke-6) Enclosure Seri Tuned Ganda Reflex

Bandpass Enclosure

Ada juga design ganda refleks (urutan ke-6) dimana ke-2 box yang dibuang serta seri tuned design dimana woofer serta kebakaran lubang pertama ke box vented ke-2.

Keuntungan dari design ini yaitu efisiensi tinggi pada rentang kecil frekuensi serta ciri-ciri penyaringan.
Kekurangan alami penurunan tanggapan frekuensi, reproduksi kurang akurat, kompleksitas ekstrim dalam design serta perakitan, ukuran box yang semakin besar, bongkar woofer yang semakin besar serta penanganan penurunan daya.

Isobaric Loading

Design box subwoofer lain yang Anda barangkali mendengar dari yaitu isobaric. Isobarik sesungguhnya bukan hanya jenis box namun suatu cara pembebanan woofer. Pemuatan isobarik bisa dipakai berbarengan dengan satu diantara type box, terkecuali baffle barangkali tidak terbatas. Pemuatan isobarik terbagi dalam dua woofer dipadukan berbarengan dengan box pendek yang cuma cukup lama untuk menghindar dua woofer dari mencolok keduanya. The woofer bisa dipasang tatap muka, kembali ke belakang atau depan ke belakang. Tetapi utama untuk mempunyai woofer menembak di fase keduanya. Dalam rencana untuk meraih hal semacam ini dengan woofer menembakkan depan ke depan atau kembali ke belakang satu diantara lead speaker woofer mesti di balik berkenaan dengan woofer lain.

Pemuatan isobarik umumnya dipakai apabila area yaitu pada premium atau jumlah maksimum woofer mau dipakai dalam volume spesifik area. Dengan isobarik berisi woofer, sekotak cuma 1/2 ukuran kotak satu woofer dibutuhkan. Untuk misal, bila 12 " woofer memerlukan dua kotak kaki kubik, sama 12 " woofer isobarik dimuat cuma memerlukan satu kotak kaki kubik. Cost design ini, tak hanya 2 x lipat cost woofer, yaitu pengurangan efisiensi system subwoofer dengan tiga desibel (bila keduanya woofer di beri kemampuan yang sama untuk woofer tunggal), yang setara dengan kurangi separuh power amplifier. Baru, kecil design box subwoofer sudah seluruhnya namun menyingkirkan keperluan untuk berisi isobarik di audio mobil serta sudah jatuh dari popularitas.

Keuntungan dari design ini meningkat linearitas dalam gerakan speaker, keperluan area yang lebih rendah, serta penambahan penanganan daya.
Berbagai Desain Box Subwoofer | Tri Sunenti | 5