Cara Ganti Aki Mobil Toyota | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Ganti Aki Mobil Toyota

2 Opini Menganti Aki Mobil [Mesin Hidup / Mati]


Peringatan buat yang memiliki mobil bahwasanya ganti aki mobil dengan kata lain baterai tidak asal copot serta gunakan yang baru. Bila langkah lama itu tetap digunakan, bukan hanya mustahil putaran idle mesin error atau dapat tak stabil.

Keadaan ini berlaku untuk Toyota Yaris juga keluarga sedan Toyota yang lain. Stabilitas putaran mesin beralih selesai ubah baterai dikarenakan ECU (engine control unit) lakukan learning lagi idle demikian aki dicabut.

Cara Ganti Aki Mobil Toyota
Cara Ganti Aki Mobil Toyota
Terutama mobil yang telah berteknologi throttle-by-wire. ECU perlu suplai tegangan sekurang-kurangnya 5 volt supaya tak lakukan learning. Bila Anda yang mempunyai htachback Toyota serta berkemauan ubah aki, namun tidak ingin melalui sistem idle learning, nih ikuti panduan dibawah ini

Mesin Terus Hidup

1. Waktu ganti aki, keadaan mesin dalam situasi hidup. " Tujuannya agar mesin berkode 1NZ-FE ini bisa hidup normal saat distarter, ". Bila telah tak dapat distarter, pakai kabel jumper dikaitkan ke aki baru.

2. Demikian mesin hidup, dengan kunci 10 mm terlepas braket aki dilanjutkan baut di kepala aki. Terlebih dulu baut di kepala aki " min " (-) lalu dilanjutkan ke kepala " positif " (+).

3. Hati-hati, saat membukan di kutup positif, kabel hingga kunci menyentuh ground dapat menyebabkan fatal pada ECU. Baiknya minta pertolongan rekan untuk memegang kepala aki positif.

4. Terlepas seluruhnya, angkat aki lama serta tempatkan yang baru. Gunakan kabel positif terlebih dulu supaya aman dari short ground. Kemudian, baru kepala negatif. Yakinkan seluruhnya baut telah kencang, terhitung braketnya.

Mesin Mati

Untuk second opinion melepas aki waktu mesin tetap hidup dapat menyebabkan fatal. terlebih untuk mobil yg telah pakai ecu. Demikian aki dilepaskan cocok mesin hidup, alternator bakalan bekerja ke level optimal. hal semacam ini dapat menyebabkan rusaknya pada komponen didalam alternator. jika sampai berlangsung rusaknya kecil saja, listrik yg keluar dapat jadi tak stabil. listrik yg tak stabil ini jadi dapat mengakibatkan kerusakan ecu serta piranti audio mobil. Memanglah tak kerap berlangsung hal yg sekian namun terus ada kemungkinan. jadi jika menurut saya lebih terbaik matikan mesin serta cabut kunci kontak. biarlah sebagian menit sebelum saat aki lama dilepaskan. lalu tunggulah sebagian menit lagi, baru gunakan aki baru. serta starter mobil.

Langkah lebih aman lebih baik memakai prosedur idle learning lagi, mobilnya di pakai jalan jalan seperti umum sepanjang seputar 1 jam. agar ecu dapat penyesuaian lewat cara kita mengemudi.
Cara Ganti Aki Mobil Toyota | Tri Sunenti | 5