Cara Meletakan Surround Speaker Yang Benar | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Meletakan Surround Speaker Yang Benar

Maksud utama dari satu set speaker surround sound yaitu menyelubungi pendengar – ini yaitu dimana ‘ surround ‘ sisi datang dari. Sama sesuai bioskop, dimana bila tembakan ditembakkan dari belakang ciri-ciri di monitor, Anda mendengar suara yang hadir dari belakang Anda, dengan satu set speaker berkualitas bagus, Anda dapat mengikuti pengalaman yang sama. Namun sebelum saat Anda bisa lakukan itu, Anda mesti belajar bagaimana untuk meletakkan speaker dengan benar. Tips ini melingkari penempatan suara speaker bakal menolong Anda lakukan hal semacam itu.

Cara Meletakan Surround Speaker Yang Benar
Surround Speaker
A multi – channel surround speaker system suara ditujukan untuk : rendition suara yang realistis untuk perendaman benar. Jumlah usaha anda dimasukkan ke dalam meletakkan speaker dengan benar bakal terbayar saat Anda temukan diri Anda memiliki betul-betul terbenam dalam sepotong musik atau film.

Umumnya multi-channel surround sound system speaker mempunyai minimum 5 speaker – satu pas di dalam, satu ke kiri, satu ke kanan, serta dua speaker surround yang penuhi peran ‘ membungkus ‘ pendengar seputar dinding suara. Suatu LFE subwoofer pusat atau merampungkan penyusunan. Lantaran ada lima speaker serta satu sub -woofer, ini dimaksud 5, 1 setup. Sebagian system bisa mempunyai sampai tujuh speaker – dimaksud system speaker 7. 1.

Penenmpatan Surround Speaker
Penempatan Surround speaker sound memengaruhi tingkat perendaman. Mari kita tengok komponen yang tidak sama dari system speaker 5. 1 atau 7. 1 serta lihat bagaimana mereka mesti diletakkan :

1. Speaker Tengah

Sound saluran pusat penuhi peran bermain ‘jangkar ‘. Ini menanamkan akar spasial untuk seluruhnya dialog serta suara yang hadir dari monitor. Karena, Anda mempunyai banyak terdapat pilihan dalam meletakkan speaker ini, tetapi mesti senantiasa diletakkan segera dibawah atau diatas monitor TV. Bila Anda memakai monitor proyeksi, Anda bisa meletakkan speaker pusat seputar 6 hingga 12 inci di belakang monitor itu sendiri, walau ini cuma barangkali bila monitor terbuat berbahan akustik transparan (yakni monitor mempunyai perforasi yang sangat mungkin suara ke melalui).

Lantaran Anda idealnya mesti meletakkan speaker tengah diatas atau dibawah monitor TV, Anda mesti meyakinkan bahwasanya speaker magnetis terlindung untuk hindari masalah (cuma untuk CRT TV walau). Sudah pasti, bila Anda mempunyai LCD/LED/Plasma TV, Anda tak perlu cemas perihal feature ini.

Untuk mutu kualitas audio yang maksimal, coba untuk meletakkan speaker sentral sesuai sama dengan telinga Anda. Hal semacam ini juga mesti segera hadapi pendengar.

2. Sisi Kiri, Kanan Speaker Depan

Ke-2 speaker membuat basic ‘ trio ‘ dari tiap-tiap system speaker surround sound, berbarengan dengan speaker pusat. Saya menyebutnya untuk ‘dasar’ lantaran beberapa besar frekuensi yang dibawa oleh mereka, sound lain melayani maksud menambah kejelasan, volume serta kesetiaan. Peroleh penempatan speaker ini benar, serta surround sound speaker penempatan system Anda beberapa besar diurus.

Idealnya, kiri, kanan serta tengah speaker mesti diletakkan di selama busur menghadap pendengar, walau Anda barangkali mesti menumbangkan ketentuan ini untuk audiens yang semakin besar. Ke-2 speaker kiri serta kanan mesti sekurang-kurangnya 6 kaki terpisah serta mesti berjarak sama dari monitor TV. Mereka juga mesti berjarak sama dari area pendengaran. Speaker ini idealnya mesti bikin pojok 45 hingga 60 derajat dari pendengar – pojok ke-2 lebih disenangi untuk dengarkan musik untuk lawan melihat film.

3. surround Speaker

Ini speaker penambahan, yang barangkali angka pada 2 hingga 4 bergantung pada setup Anda (5. 1 atau 7. 1) penuhi peran menyelimuti pendengar seputar dinding suara. Mereka memadukan dengan speaker depan, kiri serta kanan untuk menarik Anda segera ke dalam pengalaman dengarkan.

Ketentuan untuk meletakkan speaker surround tak ditata dalam batu. Anda mesti mengaturnya sesuai sama dengan preferensi Anda sendiri. Tetapi sekian, ada ketentuan-aturan spesifik yang perlu Anda ikuti :

  •  Speaker ini lakukan yang paling baik saat diletakkan sedikit di belakang pendengar. Suatu kaki atau lebih ke belakang posisi tempat duduk listern -karya paling baik.
  •  Untuk performa paling baik, coba untuk meletakkan tinggi tubuh mereka sekurang-kurangnya 2-3 kaki lebih tinggi dari posisi Anda waktu duduk. Ini bakal menolong untuk membuat awan suara. Anda bakal butuh memakai berdiri pas untuk meraih posisi ini.
  •  Bila Anda mempunyai 6, 1 atau 7, 1 speaker surround sound, Anda bisa meletakkan speaker yang tersisa pas di belakang pendengar, baiknya dipasang di dinding belakang. Bila pemasangan di dinding belakang mustahil, pakai berdiri pas.

Percobaan dengan posisi speaker ini untuk meraih suara maksimal yang Anda terasa nyaman dengan. Coba tidak untuk meletakkan mereka terlampau jauh ke belakang. Terbaik mereka mesti diletakkan di dekat telinga (tinggi mesti sekurang-kurangnya 2-3 mtr. diatas permukaan telinga). Anda mau mereka untuk melengkapi tiga sound utama, bukannya menaklukkan mereka.

4. subwoofer Penempatan

Subwoofer ini benar-benar gampang untuk bikin. Hal semacam ini lantaran terkait dengan suara frekuensi rendah (yakni bass), serta suara-suara yang non-directional. Tak perduli dimana Anda meletakkan subwoofer. Tetapi sekian, untuk performa paling baik, letakkan subwoofer dekat dinding atau permukaan padat. Ini memperkuat bass serta bikin suara lebih kaya, lebih dalam.

Surround sound penempatan speaker bergantung pada banyak aspek – ukuran ruangan Anda, jumlah speaker, bahan konstruksi yang dipakai didalam ruangan (permukaan kayu yang ideal untuk refleksi suara serta amplifikasi). Percobaan dengan posisi yang tidak sama hingga Anda tiba di suatu hal yang Anda terasa nyaman dengan. Panduan serta ketentuan yang didapatkan dalam tips ini tak ditata dalam batu, Anda bisa bermain-main dengan mereka untuk memiliki ke penyusunan yang sesuai sama dengan ruangan Anda.
Cara Meletakan Surround Speaker Yang Benar | Tri Sunenti | 5