Cara Membuat Desain Bok Speaker Subwoofer | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Membuat Desain Bok Speaker Subwoofer

Desain Boks Subwoofer

Satu tahun lebih yang lalu waktu VCD/DVD player tetap booming, sembari isi waktu senggang saya dengan dibantu kakak saya, keduanya sama bikin box speaker Subwoofer. system Subwoofer ini memanglah saya tujukan untuk melengkapi system amplifier saya yang tetap kurang di suara bass (suara rendah). dengan cara lengkap, system amplifier yang saya rancang terbagi dalam 2 speaker woofer untuk bass kiri dan kanan, dua speaker tweeter untuk treble sebelah kiri kanan serta 1 speaker subwoofer untuk suara bass rendah. akhirnya cukup lumayan, meskipun buatan sendiri. system ini telah saya ujicoba untuk computer waktu main game 3D FPS. dampak suara dalam game seperti : suara tembakan tank, ledakan granat, ledakan bom terasanya open serta berdentum. mantap bila main game pakai sound sistem seperti ini. bila mau beli jadi dapat juga, tentukan speaker aktif yang dilengkapi dengan speaker subwoofer.

Namun bila saya sendiri, lebih senang bila merakit serta bereksperimen sendiri walau demikian akhirnya juga ada. diluar itu system amplifier yang telah kulengkapi dengan Subwoofer juga telah saya gunakan untuk memperkuat sound keluaran dari MP4, DVD player, PC, serta laptop.

pada saat itu saya sekalipun tak mempunyai pengetahuan bikin box speaker, namun lebih ke “trial & error”. pengalaman pertama bikin box speaker dengan kayu lunak akhirnya jelek sekali, suara bass tidak keluar jadi suara noise yang terlalu berlebih lantaran kayu tak kuat menahan getaran speaker. nyatanya terdapat banyak hal yang memengaruhi hasil akhir suara yang dihasilkan oleh box speaker Subwoofer.

System active crossover (subwoofer filter) atau low pass filter

awal mulanya saya coba sebagian rangkaian subwoofer filter atau tapis subwoofer namun yang paling cocok yaitu rangkaian subwoofer filter yang dilengkapi dengan pengatur frekuensi.
pengatur frekuensi dipakai untuk memastikan output suara rendah yang di idamkan dari frekuensi pada 20 Hz hingga 75 Hz.

Penentuan frekuensi untuk Subwoofer biasanya berkisar pada 20 Hz hingga 100 Hz, serta frekuensi bass di atas 100 Hz lebih pas dikerjakan oleh speaker Woofer. skema rangkaian elektronika serta PCB dari Filter Subwoofer (Low Pass Filter) yang dilengkapi dengan kontrol frekuensi bisa dipandang dengan click DISINI.

Type kayu untuk box

  • kayu yang paling bagus menurut saya yaitu kayu jati yang keras serta permukaannya telah dihaluskan.
  • speaker yang dipakai di box Subwoofer mesti spesial type speaker Subwoofer serta bukan hanya speaker Woofer.
  • output dari rangkaian subwoofer filter mesti diumpankan ke power ampilifier yang memiliki daya yang memenuhi serta tak melebii spesifikasi daya maksimum speaker. contoh bila memakai speaker Subwoofer dengan daya maksimum 200 W maka dapat digunakan power amplifier dengan daya 150 W.

Box yang saya bikin tak didasarkan pada peritungan teoritis, walau demikian memakai “feeling” ukuran yang saya nilai layak.
Bila anda inginkan box yang lebih teratur, silahkan gunakan tips serta perhitungan ukuran pembuatan box subwoofer yang banyak beredar di internet. saya mengambil design box dengan type box berventilasi lantaran argumen simpel serta gampang untuk di buat.

Design box ini tak di khususkan untuk pemakaian di mobil, box sejenis ini cuma pas untuk audio system rumahan yang umumnya dipergunakan untuk DVD media player, Computer, maupun game console. sesungguhnya box subwoofer memiliki bermacam design terbaik itu untuk car audio, speaker active, multimedia, ataupun Home theater, untuk mengetahui beberapa macam box subwoofer silahkan click DISINI.

Silahkan baca juga menulis saya yang lain yang berjudul ”Membuat surround home theatre untuk computer atau laptop” dengan click DISINI. dalam menulis itu saya mengulas perihal Surround Home Theatre yang simpel serta dapat dipakai untuk bermacam sumber audio seperti : computer, TV, MP4 player, DVD player, dan lain-lain.

Satu diantara misal speaker aktif system 2. 1 di market yang dilengkapi dengan Box Subwoofer jenis ported yaitu Altec Lansing VS 4621, silahkan simak pembahasannya dengan click DISINI.

Oke, kembali ke tema…… inilah Spesifikasi speaker Subwoofer yang saya pakai : Bossini 6 1/2 inch BS-6522 Max Power 200 W impedance 4 ohms Double coil high performance.
spesifikasi Power amplifier : 150 W OCL amplifier
spesifikasi Filter Subwoofer : Filter subwoofer dengan 20 – 75 Hz Frequency control.
Cara Membuat Desain Bok Speaker Subwoofer | Tri Sunenti | 5