Cara mencocokkan subwoofer dan amplifier | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara mencocokkan subwoofer dan amplifier

Subwoofer dan Amplifier


How to Match a Subwoofer and an Amplifier
Saat Anda menginginkan lebih dalam bagian audio mobil, Anda mulai mengerti bahwasanya mencari tahu setup amplifier/subwoofer yang pas yaitu tambah lebih susah dari pada sebatas pencocokan peringkat daya. Saat Anda menyaring seluruhnya produsen yang tidak sama, Anda barangkali lihat bahwasanya kata " ohm " kerap nampak. Apakah Anda temukan diri Anda sendiri bertanya-tanya, " Nah subwoofer yaitu 2 ohm, jadi saya barangkali mesti memiliki amplifier pada 2 ohm? " Dalam umumnya masalah, Mungkin Anda benar, lantaran beragam argumen. Untuk hindari kebingungan, kami memberi tahu Cara mencocokkan subwoofer dan amplifier dari beberapa ilmuwan yang mengetahui hukum Ohm serta bukan hanya konsentrasi pada sistem pencocokan yang sesungguhnya. Dalam artikel ini saya bakal menuturkan pada Anda bagaimana untuk sesuaikan subwoofer dengan amplifier .

Terdapat banyak persyaratan yang kita mesti lihat pada awal mulanya. Umpamanya, perbedaan pada amplifier monoblock serta amplifier 2 -channel, dan perbedaan voice coil subwoofer tunggal versi subwoofer ganda voice coil. Saya bakal mengulas ini dengan cara kategoris serta menuturkan masing-masing, hingga saat nya nanti seluruhnya mudah untuk anda kerjakan, Anda cuma butuh sesuaikan peralatan Anda dalam grafik untuk temukan jawabannya! Mari kita mulai dengan sebagian arti :

CHANNEL


Ini tak merujuk pada saluran yang Anda berpindah diantara pada TV Anda saat berusaha untuk temukan Lakers game, serta tak merujuk ke saluran yang berisi air. Dalam dunia audio, kata " channel " merujuk pada aliran data pada satu baris, atau dalam masalah amplifier, satu kabel daya. Suatu channel amplifier tunggal mempunyai satu terminal yang mendistribusikan listrik ke speaker, sesaat saluran dua amplifier mempunyai dua terminal yang mendistribusikan listrik. Sekian juga dengan 4 serta 5 saluran amplifier, itu yaitu jumlah rute yang ada untuk info atau kekuasaan mengalir.

Bila Anda sempat mendengar arti " mono " serta " stereo " Anda besar kemungkinan link yang ke sound sistem. Bila musik disimpan di " stereo, " itu bermakna bahwasanya ia mempunyai segi kiri serta kanan, hingga kemampuan keluaran segi kiri suara gitar sesaat segi kanan memompa keluar vokal. Stereo dengan cara efisien 2 - saluran, hingga insinyur rekaman bisa menentukan untuk mempunyai musik spesifik bermain di satu segi atau yang lain pada saat spesifik.

Bridging


Apabila Anda menjembatani dua saluran berbarengan, mereka membuat satu saluran. Hal semacam ini paling kerap dipakai dalam 2 atau 4 channel amplifier. Bila Anda mempunyai dua saluran namun cuma mau menggerakkan satu sound, saluran bisa dijembatani, atau kabel berbarengan, untuk bikin satu saluran tunggal. Ini persis seperti jembatan kayu di yang menghubungkan dua jalur berbarengan untuk satu (Sedetailnya perihal penguat bridging).

Monoblock DAN KELAS D AMPLIFIERS


Monoblock serta Kelas D amplifier cuma mempunyai satu saluran yang umumnya dipakai untuk menyalakan satu subwoofer pada frekuensi yang lebih rendah. Saya temukan type amp untuk jadi pilihan paling baik untuk menggerakkan satu atau dua subwoofer. Bagaimana Anda menggerakkan dua subwoofer off dari suatu penguat yang cuma mempunyai satu saluran? Ini dapat jadi sakit kepala untuk mereka yg tidak tahu perbedaan pada seri serta paralel kabel. Bila Anda mempunyai dua subwoofer, Anda bisa kawat subwoofer berbarengan dengan cara seri atau paralel serta lalu kawat mereka ke amplifier.

DUA AMPLIFIERS CHANNEL


Dua channel amplifier bisa ditransfer dalam langkah yang sedikit tidak sama lantaran mempunyai dua saluran yang bisa Anda menjembatani berbarengan untuk bikin satu saluran. Anda bisa menggerakkan satu saluran untuk tiap-tiap subwoofer, yang melakukan tindakan seakan-akan masing-masing sub mempunyai amplifier monoblock sendiri terhubung ke itu. Anda bisa menjembatani saluran berbarengan jadi satu saluran serta menggerakkan satu subwoofer atau lebih, namun ini pasukan pilihan Anda untuk menggerakkan penguat pada beban 4 ohm. Sesaat dua channel amp yaitu pilihan yang terbaik, saya lebih menentukan untuk menggerakkan system monoblock amplifier.

EMPAT AMPLIFIERS CHANNEL


Suatu empat saluran amplifier mempunyai, terbaik, empat saluran. Type penguat banyak dipakai untuk speaker daya, bukan hanya subwoofer. Mobil rata-rata mempunyai empat speaker, dua di depan serta dua di belakang. Tiap-tiap saluran menghubungkan ke satu diantara speaker. Cukup simpel, kan? Namun kita dapat bikin ini agak rumit dengan memakai subwoofer bukan hanya serta menjembatani saluran berbarengan. Bila Anda mempunyai empat saluran (1, 2, 3, 4), Anda bisa menjembatani saluran 1 serta 2 berbarengan, serta lalu menjembatani channel 3 serta 4 berbarengan. Jadi Anda selesai dengan jumlah dua saluran. Anda tak bisa menjembatani dua saluran jadi satu saluran, itu bakal selesai menghancurkan penguat Anda. Beberapa besar saat, saat saluran sudah dijembatani, itu beralih jadi saluran empat ohm. Jadi bila Anda mempunyai dua saluran, masing-masing pada 2 ohm, serta lalu menjembatani mereka berbarengan, nyatanya jadi empat ohm (saya bakal mengulas ohm selekasnya, jadi janganlah cemas!).

TUNGGAL/DUAL VOICE COIL Subwoofers


Saat ini saya mesti mengenalkan dua type utama dari kumparan suara, Single Voice Coil (SCV) serta Dual Voice Coil (DVC). Anda bakal lihat ini banyak saat Anda lihat lewat subwoofer yang tidak sama. Suatu subwoofer SVC mempunyai satu kumparan suara serta satu set terminal, satu positif (+) serta negatif (-). Suatu subwoofer DVC mempunyai dua kumparan suara, masing-masing dengan mengatur sendiri terminal. Karenanya, DVC subwoofer tawarkan pilihan kian lebih kabel speaker SVC. Anda bakal lihat bahwasanya subwoofer DVC bisa ditransfer pada dua tingkatan ohm tidak sama, tak seperti SVC yang bisa ditransfer pada cuma satu tingkat ohm. Ada sedikit tidak untuk ada perbedaan mutu suara pada dua type subwoofer.

WIRING PARALEL


Bila Anda mempunyai dua garis sejajar, umumnya bermakna mereka jalan di samping keduanya namun tak sempat menyentuh. Kabel paralel serupa dengan itu. Bila Anda kawat dengan cara paralel, Anda bakal menghubungkan seluruhnya terminal speaker positif berbarengan pada satu baris, serta seluruhnya terminal speaker negatif di segi lain.

SERIES WIRING


Seri kabel bisa jadi sedikit membingungkan. Anda mengambil jalur arus tunggal serta mengaturnya diantara seluruhnya komponen. Hal semacam ini dengan cara efisien bikin rantai, jadi seluruhnya terhubung berbarengan untuk satu. Paralel kabel, Anda bakal menghubungkan berbarengan terminal yang sama juga, bukan hanya kabel seluruhnya berbarengan.

OHM


Pertama mari kita periksa pengertian kamus dari ohm. " Suatu unit kendala listrik setara dengan konduktor dimana arus satu ampere dihasilkan oleh mungkin satu volt di terminal. " Hak Membingungkan? Janganlah cemas, terkadang saya alami kesusahan mengerti juga! Pada intinya, itu yaitu resistensi pada aliran daya. Makin tinggi ohm, makin banyak perlawanan. Jadi, 2 ohm mempunyai ketahanan kurang dari 4 ohm. Amplifier kerap berikan peringkat daya mereka pada 2 ohm serta 4 ohm. Anda bakal lihat bahwasanya power rating pada 4 ohm kurang dari rating daya pada 2 ohm, atau juga 1 ohm pada sebagian amplifier. Maksudnya yaitu untuk beli suatu amplifier serta subwoofer yang bakal berikan Anda kemampuan yang paling saat Anda kawat mereka berbarengan.

MENGGABUNGKAN SUBS DAN AMPS


Semoga Anda mempunyai pemahaman yang semakin besar sesudah membaca sisi terminologi. Sisi di bawah ini ditujukan untuk menolong Anda temukan penguat yang prima serta gabungan subwoofer. Bila Anda tak tahu terminologi, grafik subwoofer kabel bakal menolong Anda keluar. Grafik didasarkan pada satu saluran penyusunan amplifier kabel. Bila Anda mempunyai dua subwoofer, diibaratkan Anda kabel mereka ke saluran tunggal. Bila Anda mempunyai dua subwoofer serta dua saluran, Anda bakal lihat " 1 Sub " sisi, lantaran tiap-tiap sub memperoleh saluran sendiri. Selanjutnya, kemampuan amplifier butuh menyamai kemampuan subwoofer. Umpamanya, serta amplifier yang mempunyai 400 watt mesti dipasangkan dengan satu subwoofer yang jalan pada 400 watt, atau dua subwoofer yang jalan pada 200 watt masing-masing. Lepas dari gabungan, maksud utama yaitu untuk sama keluar kekuasaan waktu menggerakkan product di peringkat daya terus-terusan masing-masing.

Baiklah, jadi katakanlah Anda beli dua Kicker 10CVR124 subwoofer. Tiap-tiap sub mempunyai rating daya RMS 400 watt, serta masing-masing subwoofer yaitu 4 ohm, Dual voice coil sub. Memindai grafik untuk 2 subwoofer, lalu temukan tingkat pencocokan ohm serta type voice coil. Jadi, kita mencari DVC (Ganda Voice Coil) serta lalu 4 Ohms pas di samping itu. Dari sini kita lihat bahwasanya Ini daftar tingkat ohm yang kabel subwoofer ini berbarengan dengan cara seri atau paralel bakal membuahkan. Jadi lihat grafik itu menyampaikan dua subwoofer ini bisa ditransfer dengan cara paralel pada 1 ohm atau seri di 4 ohm. Ingat apa yang saya katakan perihal ohm? Tingkat yang lebih rendah ohm mempunyai kurang perlawanan. Jadi, mari kita menentukan amplifier stabil 1 ohm untuk berikan subwoofer ini paling power! Lantaran tiap-tiap subwoofer jalan pada 400 watt RMS, kita butuh temukan suatu penguat yang jalan pada seputar 800 watt RMS.

Mari kita tengok suatu Monoblock, atau satu channel amplifier. The Rockford Fosgate R750 - 1D monoblock amplifier 750 watt puts out pada 1 ohm pada satu saluran. Walau tak persis 800 watt, kita tak mesti prima. Cuma saja, janganlah terlampau banyak atas atau dibawah. Seperti itu, ini bakal jadi kompetisi yang prima dekat. Bila Anda putuskan untuk kawat subs pada 4 ohm, Anda mesti mencari penguat yang meletakkan keluar 800 watt pada 4 ohm, yang dapat benar-benar mahal.

Mari kita melindungi subwoofer yang sama namun menentukan amplifier dua channel. Anggaplah kita tak lagi menjembatani saluran. Hal semacam ini bakal merubah beberapa hal sedikit, lantaran Anda mesti melakukan tindakan seakan-akan Anda mempunyai satu subwoofer bukan hanya dua mengingat bahwasanya tiap-tiap subwoofer mempunyai saluran sendiri. Jadi dalam hal semacam ini, kita lihat pada grafik untuk 1 subwoofer, dengan kumparan suara ganda, pada 4 ohm. Disebutkan di dalamnya kabel paralel ke 2 ohm, serta dalam seri itu kabel pada 8 ohm. Mari kita menentukan 2 ohm amp stabil untuk memiliki kemampuan yang paling. Saya temukan suatu RE Audio CTX - 1. 600, 2 amplifier yang mempunyai 700 watt daya dijembatani pada 4 ohm (tiap-tiap saluran mempunyai 350 watt pada 2 ohm). Tiap-tiap subwoofer memperoleh satu saluran, hingga tiap-tiap subwoofer memperoleh 350 watt karenanya. Ini cuma perihal benar lantaran tiap-tiap subwoofer mempunyai rating daya RMS 400 watt.

Bila Anda mengambil penguat yang sama serta menjembatani saluran berbarengan, sesudah dijembatani mereka tinggal di 4 ohm. Jadi sesaat subwoofer ini tetap bakal bekerja, Anda mesti lihat kembali pada grafik 2 subwoofer. Ini mesti dikaitkan dengan cara seri, lantaran amplifier ini bukan hanya 1 ohm stabil.

Saya tak lagi mereferensikan suatu amplifier 4 -Channel untuk subwoofer, namun bila Anda mesti mempunyai satu, cuma tahu bahwasanya Anda tak lagi bisa temukan suatu penguat yang meletakkan keluar 400 watt tiap-tiap saluran. Tetapi, Anda dapat menjembatani masing-masing saluran berbarengan, membuatnya jadi amplifier 2 channel. Dalam hal semacam ini Anda bakal butuh untuk menjembatani amp 4 -Channel dengan tingkat daya 200 watt per channel. Sesudah dijembatani itu beralih jadi 400 watt pada 2 saluran. Apakah ini bekerja dengan subs kami? Menurut grafik, yang dijembatani empat channel amp diklasifikasikan untuk saluran dua amp. Lantaran tiap-tiap sub memperoleh saluran, Anda akan lihat sisi 1 Sub pada tabel. Grafik memberi tahu kita bahwasanya 4 ohm voice coil ganda kabel ke 2 ohm atau 8 ohm, 4 ohm tak. Lantaran subwoofer yang kita tentukan cuma bisa ditransfer pada 4 ohm, Anda bakal butuh untuk temukan satu set yang tidak sama dari subwoofer yang pas untuk 2 atau 8 ohm beban.

Saat ini Anda mesti siap untuk mulai bangun system Anda sendiri. Tak hanya amplifier serta subwoofer, Anda bakal butuh beli kabel speaker, kabel kit pada meng-install aksesori yang lain.
Cara mencocokkan subwoofer dan amplifier | Tri Sunenti | 5