Tips Memilih Sistem Audio Mobil yang Bagus | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Memilih Sistem Audio Mobil yang Bagus

Pemakaian amplifier dalam system audio mobil bertujuan untuk memperkuat signal suara yang datang dari sumber utama atau head unit serta lalu disalurkan ke speaker.

Amplifier menerima signal dari sumber suara serta mengelolanya hingga signal suara mempunyai tenaga yang semakin besar serta kemampuan hingga speaker dapat keluarkan suara untuk di konsumsi dengan daya maksimum yang diperlukan dalam edisi gelombang suara.

Untuk pemakaian system audio mobil, biasanya di kenal dengan type multi-channel serta mono blok. Multi-channel amplifier biasanya dipakai untuk memperkuat tanda nada output audio dalam wujud arus listrik ke speaker (tweeter, rentang tengah, speaker bass Tengah atau Coaxial)
Amplifier
Untuk pemakaian system audio mobil, biasanya di kenal dengan type multi-channel serta mono blok. Multi-channel amplifier biasanya dipakai untuk memperkuat tanda nada output audio dalam wujud arus listrik ke speaker (tweeter, rentang tengah, speaker bass Tengah atau Coaxial)

Jenis mono blok dipakai spesial untuk menguatkan tanda yang bakal dituangkan ke dalam subwoofer yang betul-betul memerlukan kemampuan besar (audio sound).

Terdapat banyak type amplifier (sound audio), yang disebut jenis kelas A, B, AB, D, Hybrid, Tube serta masing-masing type mempunyai ciri-ciri sendiri, daya output yang tidak sama, yakni :

Kelas A : Mempunyai mutu paling baik untuk membuahkan mutu nada yang lebih terbaik, namun benar-benar boros daya serta panas lebih cepat. harga untuk type ini biasanya benar-benar mahal bergantung pada merk.

Kelas B : Tak membuahkan panas yang terlalu berlebih serta tak boros daya, tetapi dapat membuahkan nada yang cukup bagus.

Kelas AB : Ini yaitu yang paling banyak dipakai oleh pemain audio mobil, gabungan penguat kelas A serta B, hingga bisa lebih efektif serta fleksibel untuk dipakai dalam system audio mobil serta mempunyai mutu yang lebih terbaik dari kelas B.

Kelas D : Type ini paling banyak dipakai untuk menggerakkan subwoofer serta dipakai untuk rencana SPL (Sound Level Pressure), lantaran amplifier class D mempunyai daya (Watt) yang besar serta dapat bertahan dibawah 1 ohm, hingga bisa membuahkan nada bass lebih dinamis serta umumnya itu yaitu type kelas D mono blok amplifier.

Kelas D : Type ini paling banyak dipakai untuk menggerakkan subwoofer serta dipakai untuk rencana SPL (Sound Level Pressure), lantaran amplifier class D mempunyai jangkauan listrik yang besar (Watt) serta dapat bertahan dibawah 1 ohm, hingga bisa membuahkan nada bass lebih dinamis.

Hybrid : Dalam type ini, komponen elektronik penguat hibrida memakai transistor serta tabung. Gabungan senyawa ini bikin type amplifier yang dapat membuahkan mutu nada ciri-ciri tidak tipis, dengan tonal akurasi yang terbaik seperti tabung amp penuh, namun tetap dipunyai oleh harga yang terjangkau.

Tabung : Type amplifier bisa membuahkan mutu nada yang lebih terbaik dengan ciri-ciri vokal terdengar lebih alami, tipis serta kaku/kering, namun type amplifier tabung, biasanya mempunyai harga yang benar-benar tinggi untuk mempunyai,

Dengan perbedaan besar dalam mutu, ciri-ciri serta komponen dari setiap type amplifier, menunjukkan bahwasanya mutu amplifier dapat juga memastikan ciri-ciri serta mutu nada yang dihasilkan dalam suatu system audio mobil.

Sebelum membeli amplifier tersebut berikut ini tips panduan menentukan amplifier (audio mobil) :

  1. Tentukan amplifier dengan RMS besar (watt) serta THD kecil.
  2. Design serta mutu bahan serta peralatan juga mesti di perhatikan.
  3. Cocokkan daya/RMS amplifier dengan speaker butuh dipakai.
  4. Power amplifier mesti sesuai sama atau semakin besar dari speaker yang dibutuhkan, lantaran bila kemampuan lebih kecil dari keperluan speaker, hal semacam ini bisa mengakibatkan rusaknya pada speaker yang dipakai, lantaran ' tanda kliping '.
  5. Tentukan merk amplifier yang mempunyai jaminan resmi dari pemegang merek
  6. Mencari info dari beragam media atau meminta installer audio mobil amplifier diakui sebelum saat beli.

Paling akhir, janganlah biarlah amplifier (audio mobil) tak dipakai dalam periode panjang, lantaran dapat mengakibatkan rusaknya komponen elektronik.
Tips Memilih Sistem Audio Mobil yang Bagus | Tri Sunenti | 5