Tips Merawat Mobil | Performa-Eksterior-Interior | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Merawat Mobil | Performa-Eksterior-Interior

20 Cara Merawat Mobil

Tips Menjaga Performa, Eksterior Dan Interior

20 Cara Merawat Mobil

Dalam menjaga performa serta terus bagusnya penampilan kendaraan/mobil sesungguhnya kita tak perlu berikan perlakuan yang terlalu berlebih, yang terutama yaitu mejaga terus rapihnya eksterior serta interior dan kesehatan Mesin gar performanya terus oke dengan kata lain Mantap,..

Selanjutnya yaitu beberapa hal yang harus dikerjakan supaya kita memiliki hasil yang optimal :


1. Oli Mesin


Terutama untuk mobil baru, cukup ikuti saran pada buku servis berkala. Untuk keadaan jalan seperti Jakarta yang tiap-tiap hari macet, baiknya tiap-tiap 5 ribu km lakukan ganti oli mobil Anda, lantaran jumlah putaran mesin lebih tinggi daripada jarak tempuhnya,

Janganlah lupa selalu untuk memeriksa ketinggian oli mesin ini, lewat tongkat pengukur di mesin (dipstick).

K-Seal ST5501 Multi Purpose One Step Permanent Coolant Leak Repair

2. Air Radiator

Air radiator baiknya dicek satu minggu sekali, untuk meyakinkan level aman dari cairan pendingin dapur picu ini. Pada mobil baru biasanya telah menggunakan larutan radiator coolant yang mempunyai saat kadaluarsa.

Alangkah lebih terbaik kuras air radiator tiap-tiap 6 bln. sekali, untuk menghindar dampak negatif dari cairan radiator coolant yang telah kadaluarsa,

3. Air Washer


Cairan washer kaca depan serta belakang, pada sebagian jenis mobil, bertindak utama untuk membersihkan permukaan kaca dari kotoran atau cipratan lumpur. Baiknya satu minggu sekali dicek volumenya/isi air yang ada dalam tabung, terutama bila kerap turun hujan. Imbuhkan dengan air bersih yang digabung sampo spesial washer yang banyak di jual di market.

Oil Eater Cleaner Degreaser 32oz4. Minyak Rem Serta Power Steering/Oil Brake And Power Steering

Jika tak ada persoalan pada selang minyak rem ataupun power steering, level permukaan keduanya tak akan banyak menyusut. Tetapi tak ada kelirunya selalu untuk mencermati debit ketinggiannya, saat tengah mengecek keadaan air radiator serta air washer.

5. Kampas Rem


Kemampuan system pengereman mobil juga tergantung pada mutu kampas rem. Pada garapan lawas, baiknya kerjakan kontrol tiap-tiap 10 ribu km, terutama bila mobil bekas (second) milik orang lain dengan kata lain mobil second.

6. Desakan Angin


Idealnya mengecek desakan angin ban mobil tiap-tiap satu bulan sekali, atau dapat lebih dipercepat durasinya bila tetap gunakan angin umum dari kompresor. Terlebih untuk mobil tidak sering digunakan dengan kata lain kerap nongkrong di garasi, periode penelusuran harus dikerjakan sebelum saat mobil dibawa jalan.

7. Spooring Serta Balancing


Pekerjaan yang satu ini baiknya dikerjakan berbarengan setiap 6 bln. sekali, terlebih untuk mobil yang digunakan harian. Bila tidak sering atau jadi tak sempat sekalipun melakukan spooring-balancing, akan menyusahkan ingindalian mobil terlebih waktu kecepatan tinggi.

8. Bersihkan Bodi


Iklim tropis serta tingkat pencemaran angin yang benar-benar tinggi seperti di Jakarta, rawan bikin permukaan bodi mobil tercemar debu serta minyak. Bila mobil kerap digunakan, terbaik keadaan terik ataupun hujan, idealnya membersihkan semua bodi mobil dua hari sekali supaya penampilannya tidak cepat kusam. Baca disini Tentang: Bengkel Body Repair Mobil Yang Bagus

9. Kebersihan Ban


Penampilan dinding ban yang tampak klimis (mengilap) dapat juga membuat cantik eksterior. Setelah membersihkan mobil lakukan melumasi permukaan dindingnya gunakan semir ban dengan takaran seperlunya, janganlah tentang bibir pelek supaya penampilan lingkar roda tak gampang kotor.

10. Kebersihan kolong Sepatbor


Terlebih waktu musim hujan, endapan pasir serta lumpur pasti menyelusup di kolong sepatbor mobil. Bersihkan dengan air bertekanan agar seluruhnya kotoran tadi luntur, atau bersihkan gunakan langkah manual sambil menyemprotkan air bersih hingga tak jadi lagi di telapak tangan.

11. Anti-Karat


Terutama untukt mobil yang telah berusia, anti-karat lumayan mujarab untuk menghindar pengeroposan bodi ataupun sasis.

Pelapisan mulai sisi kolong terhitung sepatbor dan panel pintu, dikerjakan dengan sebagian bagian supaya akhirnya optimal.

12. Jamur Bodi


Dampak samping bila tak selesai mengeringkan permukaan bodi mobil setelah dicuci, bakal nampak bercak bekas (second) lelehan air yang bakal menyebabkan terjadinya jamur. Aksi yang dapat di ambil yaitu cukup dibikin bersih memakai obat pembasmi jamur (stain removal), dengan menggosokkan di bagian permukaan yang didapati berjamur sampai bersih.

13. Luka Atau Goresan Bodi


Keadaan lalulintas yang super padat seperti di Jakarta, rawan bikin kendaraan lain sama-sama bersenggolan. Luka atau goresan di bodi disebabkan terserempet stang motor atau ranting pohon, bila dilewatkan dapat bikin penampilan eksterior kurang enak dilihat.

Bila goresannya tetap tergolong tidak tebal dapat dinetralkan gunakan kompon. Namun bila lukanya dalam, harus dicat lagi.

14. Poles Bodi


Menjaga kemilau eksterior supaya terus kinclong, cukup teratur memoles sekujur bodi mobil gunakan wax spesial. Agar tak mengikis susunan pernis cat, janganlah menggosok dengan desakan berlebihan, cukup diratakan lalu dibikin bersih gunakan lap bersih.

15. Jamur kaca


Jamur kaca nampak juga karena bercak air yang dilewatkan jadi kering. Dampaknya benar-benar jadi pada malam hari dalam keadaan hujan lebat, yang bikin pandangan sedikit kabur (blur). Langkah menghilangkannya sama dengan perlakuan pada bodi mobil, gunakan larutan pembersih jamur yang digosokkan dibagian yang berjamur.

16. Mika Lampu


Pada mobil-mobil dengan jam terbang cukup tinggi, keadaan mika lampu sering tampak agak buram. Mengatasinya tidak butuh mesti ubah baru, cukup hanya merekondisi ke spesialis perbaikan mika lampu. Tetapi butuh di perhatikan waktu pemasangan kembali, jangan sempat ada celah yang sangat mungkin air serta angin masuk, lantaran dapat menyebabkan embun didalam mika lampu.

17. Kaca Film


Perawatan kaca film sesungguhnya tak ada perlakuan spesial. Tetapi bila didapati bercak jari tangan atau noda kotoran di kaca mobil sisi dalam, dapat segera dibikin bersih gunakan tissue untuk muka yang ada di mobil.

Janganlah memakai kain umum atau kanebo, lantaran tetap barangkali ada debu tidak tebal yang dapat buat permukaan kaca film tergores walau goresannya benar-benar tidak tebal..

18. Plafon


Masalah bersihkan interior, sisi plafon harus dirawat kebersihannya dengan cara terbaik. Walau tampak bersih, tetapi setiap kali buka-tutup pintu mobil, debu yang masuk ke kabin juga bakal hinggap ke sisi atap. Langkah membersihkannya cuma butuh air bersih, kain lap, sikat kecil serta sabun pembersih spesial interior.

19. Dasbor Serta Panel Plastik


Beberapa yang memiliki mobil sering inginkan penampilan dasbor mobilnya dapat tampak mengilap. Baiknya hal semacam ini janganlah diteruskan, mengingat bahan pengilap dasbor atau panel plastik yang lain di kabin, memiliki kandungan unsur minyak yang mempermudah debu serta kotoran gampang nempel. Diluar itu, semir dasbor rawan menyebabkan munculnya bercak pada permukaannya.

20. Pewangi Kabin


Idealnya tak memakai pewangi kabin terlalu berlebih. Karena tak hanya memiliki kandungan kombinasi alkohol yang kurang menyehatkan bila kerap terhirup, bau yang dikeluarkannya bakal melekat ke semua sisi interior. Bila tercampur dengan bau lain yang menyengat, malah jadi menyebabkan aroma kurang enak.
Tips Merawat Mobil | Performa-Eksterior-Interior | Tri Sunenti | 5