Tips Speaker Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Speaker Audio Mobil

Memilih Speaker Mobil dan Menentukan Daya Power Amplifier


Tips Speaker Audio Mobil
power amplifier
Seberapa besar daya yg diperlukan sepaker dalam system audio mobil? Ini sebagai pertanyaan yg selamanya jadi pokok utama dalam penentuan speaker audio mobil. Pada intinya tiap-tiap speaker punyai spesifikasi berkenaan berapakah besar daya yg diperlukan, ini sebagai anjuran kita dalam tentukan seberapa besar daya power amplifier yg diperlukan buat menggerakkan speaker.

Pada power amplifier pasti ada dua tipe spesifikasi daya yakni daya output Continuous, serta puncak atau maksimum. Output daya Continuous ditetapkan dengan memakai suara tes konstan sedang daya output maksimum sebagai deskripsi seberapa besar power amplifier membuahkan daya pada waktu irama musik meningkat. Ini sebagai deskripsi basic dari musik yag condong punyai tempo yg cepat atau lambat.

Seandainya suatu speaker pada system audio mobil membutuhkan daya 100 watt maksimum, maka bakal diperlukan power amplifier dengan daya 100 watt per channel buat penuhi keperluan daya yg aman buat speaker itu (semakin besar lebih terbaik buat kurangi tingkat distorsi). Tapi andaikan cuma ada nilai Continuous power dari speaker maka buat menyadari seberapa besar daya power amplifier yg diperlukan kita bisa memakai rumusan 3/4 yakni membagi Continuous handling power speker dengan 0, 75 buat memiliki jumlah daya power amplifier yg diperlukan speaker itu, perumpamaan : andaikan speaker punyai Continuous power handling 75 watt maka power yg diperlukan merupakan = 75 watt : 0, 75 = 93, 33 bulatkan jadi 100 watt.

Pada biasanya speaker audio mobil dengan memakai daya power amplifier pada 50 sampai 75 watt per channel telah cukup cukup buat menggerakkan speaker. Serta diperlukan dua sampai tiga kali semakin besar buat mensuplai daya ke subwoofer. Sedang buat tweeter diperlukan daya kira-kira pada 20 sampai 40 watt (hal semacam ini perlu perhatikan spesifikasi basic dari speaker bakal keperluan daya).

Kudu jadi perhatian andaikan speaker dipaksa bekerja dengan daya power amplifier yg lebih kecil dari kebutuhannya bakal punya harapan untk menyebabkan kerusakan speaker, dikarenaka bakal berjalan clipping signal yg menyebabkan kerusakan komponen mekanik dari speaker itu. Tapi kemungkinan speaker jadi rusak dikarenakan anda memakai power amplifier dengan daya yg semakin besar amatlah kecil andaikan ketimbang anda memakai power yg punyai daya yg lebih rendah dari spesifikasi speaker, karna jadi tambah besar daya dari suatu power amplifier maka tingkat berjalan distorsi pada speaker bakal jadi tambah kecil yg kelanjutannnya serta power itu berikan supply daya yg optimal ke tiap-tiap speaker yg terhubung dengan power amplifier itu.

Putuskan power amplifier audio mobil yg sesuai sama dengan kekuatan speaker anda, banyak berjalan kekeliruan fatal dalam gabungan pada kekuatan dari power amplifier serta speaker yg tidak berimbang hingga menyebabkan system audio mobil tak optimal.
Tips Speaker Audio Mobil | Tri Sunenti | 5