UPGRADE AUDIO HONDA FREED | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

UPGRADE AUDIO HONDA FREED

Komplit dari sub hingga ubah semua komponen

System audio standard Freed untuk aplikasi harian telah dapat dihandalkan buat didengar. Tetapi untuk kamu yang doyan dengar audio bagus, systemnya harus ditingkatkan. Kurangnya pada suara rendah, lantaran tiada sub.

Sebelum saat mengambil langkah pada sistem gantian, instalatur harus lakukan observasi, dimulai dari mempelajari mutu head unit, speaker hingga area akustiknya. “Karena ini untuk daily use, gantian yang dikerjakan, dimulai dari entry level hingga aplikasi kosmetik sederhana, ".

Spesial untuk Freed dengan pintu sliding manual, head unit standarnya menggunakan product JVC KW-XG70HM mempunyai daya 4x50 watt. Filter suaranya 24 bit, WMA/MP3/CD, fiturnya fader serta balance. Sedang head unit jenis power sliding door dibekali product Kenwood 2 DIN MP3/WMA/AAC/USB/iPod dengan time correction, x-over aktif, serta equalizer.

UPGRADE AUDIO HONDA FREED
HONDA FREED
Speaker standard terbaik jenis sliding manual atau power sliding door spesifikasinya seperti di Honda new Jazz. Untuk ukuran standard telah oke, lantaran full range coaxial. Magnetnya kecil, suara bawahnya tidak dapat bisa maksimal. Jumlahnya 2 set untuk depan serta belakang, frame atau tulangnya dari plastik.

Dari sisi kabin untuk simpan kompoen audio harus di teliti dari depan hingga belakang. “Ruang kabin cukup lebar. Sedang dari sisi dasbor terbilang pada kiri serta kanan rata, agar bisa staging di depan lebih gampang. Dasbornya juga dalam, hingga untuk meletakkan lontar speaker tidak terlampau menghambat pandangan.

Selanjutnya bagasi, kedalamnnya serupa Avanza. “Ke sebelahnya lebih lebar Avanza. ”. Penentuan sub paling ideal untuk harian yaitu ukuran 10 inci. Jumlahnya dapat 2 unit, magnertnya kecil. Tidak disarankan terlampau panjang magnetnya, lantaran dapat makan tempat. Bila pengin lebih terang, dibawah ini di uraikan step untuk tatahap gantian dari awali stage 1, entry level hingga stage 4 atau ganti semua komponen dengan menambahkan aksesoris mudah.

PENAMBAHAN SUB AKTIF

Stage 1 dapat dikerjakan dengan menambahkan sub aktif. Lantaran head unit standard telah ada RCA output buat sub. Sub tidak tebal ukuran 8 inci atau bass tube 8 inci dapat digunakan, targetnya tidak makan bagasi. Sub tidak tebal sejenis Mu Dimension dengan x-over aktif, ADX 8 inci, Steelmate 8 inci, Performa 8 inci bisa diaplikasi. Harga subnya pada Rp 1, 3 juta-Rp 2, 4 juta.

ADA HAMBATAN REL POWER WINDOW

Bila pengin meningkat lagi ubah speaker standard. Speaker yang diajurkan mestilah tidak mempunyai magnet yang besar serta frame tidak terlampau besar. Hal semacam ini karena di belakang lubangnya ada rel power window. Ukuran speaker yang disarankan 6 inci, merk Danish Acoustic 6 inci, DLS 6 inci, Domination D’Lite 6 inci atau Mu Dimension 6 inci. Harga untuk speaker Rp 1, 3 juta-Rp 4 juta. Biaya instalasinya sekitar Rp 250'n.

LEBIH BERTENAGA

Step selanjutnya menambahkan power dengan terus memercayakan subwoofer aktif. Power dua unit bisa di taruh dibawah bangku tengah. Power yang dapat digunakan DLS 2x60 watt atau gunakan LM 4x135 watt. Dampak yang diakibatkan suara lebih bertenaga. Cost yang diperlukan untuk power LM 4 kanal Rp 1, 65 juta serta DLS Rp 2 juta. Cost instalasi seputar Rp 500'n.

SELURUH KOMPONEN DIGANTI

Stage 4 bermakna lakukan pergantian head unit serta menambahkan sub dengan sub aktif tidak digunakan lagi. Speaker juga ditukar, dapat menggunakan speaker stage 2. Head unit dapat menggunakan, 1DIN Rp 1, 5 juta-Rp 4 juta. Sedang 2 DIN dapat diarahkan ke product yang sudah mempunyai monitor monitor. Fiturnya DVD/MP3 iPod, USB. Ada merk Mtech, AVT, Sony, Alpine, Clarion Pioeneer. Harga Rp 3, 5 juta-Rp 13 juta Semua system dirombak!

Sub yang digunakan umumnya single coil ukuran 10 inci, sperti merk Mu Dimension, Lightning Audio atau Kicker. Magnetnya diusahakan tidak terlampau besar supaya volume boks tidak besar supaya tidak menggusur jok paling belakang. Mungkin gunakan 1 sub 12 inci, tetapi design boks harus di buat ke atas, ukuran boks 1, 25 kubik kaki. Harga 2 sub 10 inci Rp 2 juta-Rp 6 juta. Instalasinya Rp 1, 75 juta hingga Rp 4 juta (kelompok aksesoris mobil  sederhana dengan akrilik)
UPGRADE AUDIO HONDA FREED | Tri Sunenti | 5