9 Tips Panduan Cara Membuat Bok Subwoofer | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

9 Tips Panduan Cara Membuat Bok Subwoofer

Cara membuat Box Subwoofer mobil

Membuat box subwoofer sendiri yaitu langkah dan ide yang bagus untuk memiliki penampilan sesuai keinginan kita serta hanya dengan biaya murah. Alat yang di perlukan hanya sebagian dari alat alat pada umumnya, serta bahan pembuatan.

Biaya pembuatan Box


Rata - rata biaya yang di keluarkan untuk pembuatan bok subwoofer lebih rendah dari harga box subwoofer yang anda beli dengan tingkat kualitas yang sama, pengeluaran bisa lebih rendah sekiranya anda sudah memiliki alat serta sebagian bahan yang di perlukan.

Lama Pembuatan


Proses cara membuat box subwoofer untuk seorang ahli hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam. Proyek yang akan anda kerjakan mungkin akan memakan waktu lebih lama atau malah semakin cepat, semua itu tergantung skill anda, kelengkapan alat yang di gunakan, serta tingkat kerumitan bentuk bokx itu sendiri.

Siapkan Alat serta bahan


  1. Gergaji ukir
  2. Bor listrik dengan bit untuk pra-pengeboran lubang sekrup serta sekrup mengemudi
  3. 3/4 " MDF (Medium Density Fiberboard)
  4. 2 " drywall sekrup
  5. Sekrup lembaran logam Panhead (1/2 " serta 3/4 ")
  6. Lem Carpenter
  7. Silicon caulk
  8. Non-pengerasan tali caulk
  9. Speaker cup terminal

Pilih dan tenentukan subwoofer


Saat menentukan pilihan subwoofer, hati-hati untuk mencermati ukuran yang telah direferensikan oleh produsen box, terlebih bila Anda hanya mempunyai area terbatas untuk subwoofer mobil tersebut. Ketahui Volume box seberapa besar box yang Anda butuhkan untuk kemampuan maksimum dari sebuah subwoofer. Seperti contoh dalam artikel ini ditujukan untuk Honda CR - V, karena tidak banyak mengambil area di dalam mobil. kriteria ini, saya menentukan subwoofer Alpine 10 inci. Dan untuk type ini di referensikan volume kotak subwoofer sebesar 0. 6-1. 25 kaki kubik.

Membuat kotak atau Box


Untuk memastikan dimensi yang benar untuk tiap-tiap kotak subwoofer, Anda bisa ikuti beberapa cara di bawah ini:
Cara Membuat Bok Subwoofer

Tetapkan kedalaman minimum. Ukur kedalaman subwoofer Anda serta imbuhkan 2 inci. Pengukuran yang akan kita ambil di sini yaitu kedalaman minimum merujuk pada dimensi front- to-back kotak, dengan woofer yang dipasang ke depan.

Tetapkan ketinggian minimum serta lebar kotak Anda. Ukur diameter frame woofer Anda, atau check template pemasangan yang barangkali diikutkan dengan buku manual yang memiliki, untuk memastikan tinggi serta lebar minimum untuk depan computer anda. Bila Anda merencanakan untuk me-mount grille, yakinkan untuk sangat mungkin tiap-tiap area penambahan yang barangkali dibutuhkan untuk mengakomodasi hal semacam itu.

Tetapkan area yang ada didalam kendaraan Anda. Ukur tinggi, lebar, serta kedalaman area kendaraan yang Anda bersedia untuk mengabdikan untuk subwoofer Anda. Bila kotak mesti berupa baji sesuai sama, Anda bakal butuh tahu kedalaman diatas kotak serta bawah.

Sketsa computer anda. Saat ini yaitu saat untuk bikin sketsa kotak Anda diatas kertas dengan memakai dimensi yang sudah dihimpun. Box Subwoofer yang akan saya buat dalam artikel ini yaitu persegi panjang, namun Anda barangkali temukan bahwasanya kotak berupa baji lebih pas di mobil atau truk. Sketsa Anda barangkali tampak seperti satu diantara dari ini :

Untuk misal kita, mari kita pakai dimensi eksternal tersebut :


Rectangular box :
Tinggi
13 inci
Lebar
14 Inci
Kedalaman
12 inchi

Wedge box :
Tinggi
14 inci
Lebar
18 Inci
Kedalaman #1
5 inchi
Kedalaman #2
8 inchi

Tetapkan dimensi internal serta volume kotak Anda. Langkah diatas mengidentifikasi dimensi eksternal kotak. Untuk memastikan volume internal cuma kurangi ketebalan kayu yang bakal dipakai untuk konstruksi. Bila Anda memakai 3/4 " MDF (dianjurkan!), lalu 2 x 3/4 ", atau 1-1/2 ", bakal dikurangi dari tiap-tiap dimensi.

Dimensi internal misalnya:


Rectangular box :
Tinggi
11.5 inci
Lebar
12.5 Inci
Kedalaman
10.5 inci

Wedge box :
Tinggi
12.5 inci
Lebar
16.5 Inci
Kedalaman #1
3.5 inci
Kedalaman #2
 6, 5 inchi

Kalkulasi volume box internal inci kubik. Menurut dimensi internal, Anda bisa mengkalkulasi volume internal box memakai rumus seperti berikut : Tinggi x Lebar x Kedalaman = Cubic Volume

Mari kita gunakan di sebagian nomer :


Rectangular box :

11, 5 " x 12, 5 " x 10, 5 " = 1, 509. 375 inci kubik

Kotak baji : Dari kotak wedge mempunyai dua dimensi kedalaman, kita butuh mencari kedalaman rata-rata sebelum saat kita bisa memastikan volume. Untuk temukan kedalaman rata-rata, imbuhkan dua pengukuran kedalaman berbarengan, lalu membagi dua. Ingat bahwasanya Kedalaman 1 = 3, 5 serta Kedalaman 2 = 6, 5.

3, 5 " + 6, 5 " = 10 "
10 "/2 = 5 "

Jadi, kedalaman rata-rata kotak berupa baji yaitu 5 " Plug dimensi itu ke dalam rumus. :

12. 5 " x 16. 5 " x 5 " = 1, 031. 25 inci kubik

Mengkonversi inci kubik jadi kaki kubik. Lantaran beberapa besar produsen bakal berikan volume kotak yang direferensikan dalam kaki kubik, Anda mesti merubah volume internal dari inci kubik jadi kaki kubik. Hal semacam ini dikerjakan dengan membagi inci kubik dengan 1. 728.

Rectangular box : 1, 509. 375/1728 = 0, 873 kaki kubik

Wedge box : 1, 031. 25/1728 = 0, 597 kaki kubik

Mengatur volume box Anda untuk mencocokkan spesifikasi sub itu. Saat ini, bandingkan volume kotak yang sudah bikin sketsa dengan referensi pabrikan. Bila terlampau besar atau terlampau kecil, Anda bisa bikin penyesuaian kecil untuk satu dimensi hingga volume yang intern box Anda sesuai sama referensi pabrik sedekat barangkali. Kerapkali, produsen bakal mereferensikan beragam volume box. Anda dapat memiliki hasil yang terbaik dengan kotak yang mana saja didalam kisaran yang direferensikan.

Tetapkan dimensi kotak eksterior akhir. Sesudah Anda mengidentifikasi dimensi internal yang benar, waktunya untuk memberikan kembali bahwasanya 1-1/2 " kita dikurangi pada langkah 5, untuk beroleh dimensi eksternal baru. Periksa untuk meyakinkan bahwasanya dimensi-dimensi ini bakal pas dengan terbaik di mobil Anda, serta Anda siap untuk berpindah ke konstruksi.

Langkah-demi - langkah panduan


Gambar
Keterangan cara membuat box subwoofer mobil
Langkah 1
Mulai dengan mengukur serta memotong sisi utama dari MDF untuk depan, samping, belakang serta atas kotak, dengan memakai meja lihat dengan pisau karbida berbuntut. Tak mempunyai gergaji meja? Janganlah cemas

Mulai dengan mengukur serta memotong sisi utama dari MDF untuk depan, samping, belakang serta atas kotak, dengan memakai meja lihat dengan pisau karbida berbuntut. Tak mempunyai gergaji meja? Janganlah cemas. Bila Anda beli MDF Anda di tiap-tiap toko perbaikan rumah besar, mereka mesti dapat memotong untuk Anda untuk cost yang kecil. Anda dapat juga memakai jigsaw, namun luka Anda barangkali kurang untuk halus (serta halus, pemotongan datar menolong untuk meyakinkan bahwasanya segel kotak juga). Kami memotong tujuh potongan Keseluruhan - atas serta bawah, dua segi, belakang, serta dua potong sama untuk sisi depan (karenanya jadi ketebalan ganda).
Langkah 2
Sesudah potongan dipotong untuk ukuran, memakai kompas, atau template yang bisa dimasukkan dalam paket subwoofer Anda, untuk menandai potongan woofer pada satu diantara sisi depan sama.

Sesudah potongan dipotong untuk ukuran, memakai kompas, atau template yang bisa dimasukkan dalam paket subwoofer Anda, untuk menandai potongan woofer pada satu diantara sisi depan sama.
Langkah 3
Bila Anda menentukan untuk memakai double-ketebalan MDF untuk panel depan ( cara ini disarankan - ia sediakan benar-benar kuat, permukaan pemasangan non-resonan untuk sub), kencangkan dua lembar depan sama berbarengan memakai banyak lem tukang kayu serta sebagian sekrup logam lembaran.

Bila Anda menentukan untuk memakai double-ketebalan MDF untuk panel depan ( cara ini disarankan - ia sediakan benar-benar kuat, permukaan pemasangan non-resonan untuk sub), kencangkan dua lembar depan sama berbarengan memakai banyak lem tukang kayu serta sebagian sekrup logam lembaran. Diluar itu, ketebalan ganda bakal berperan untuk memperkuat box dengan cara seluruh. Bila Anda tak memakai ketebalan ganda MDF untuk permukaan pemasangan, Anda pasti mesti berencana untuk memakai bracing tempat lain dalam kotak untuk menaikkan kemampuan. Juga, tak sempat inspirasi jelek untuk memakai bracing tak perduli apa, terlebih bila Anda kotak semakin besar dari kaki kubik. kotak bakal alami desakan internal yang ekstrim, hingga kuat itu, makin terbaik. langkah termudah untuk memberikan menguatkan yaitu dengan 2 " x2 " strip Lem kayu. serta sekrup ini berbarengan sekurang-kurangnya dua susunan internal yang kotak Anda sebelum saat menempatkan sisi atas serta bawah.
Langkah 4
Memakai drillpress, kami bikin lubang di dekat pinggir sisi dalam lingkaran kami sudah dikilas balik, cukup besar untuk blade jigsaw kami untuk beradaptasi Bila Anda tak mempunyai drillpress, cukup memakai bor genggam Anda serta sedikit besar.

Memakai drillpress, kami bikin lubang di dekat pinggir sisi dalam lingkaran kami sudah dikilas balik, cukup besar untuk blade jigsaw kami untuk beradaptasi Bila Anda tak mempunyai drillpress, cukup memakai bor genggam Anda serta sedikit besar.

Kemudian digergaji keluar lingkaran, serta guntingan woofer usai.
 Kemudian digergaji keluar lingkaran, serta guntingan woofer usai.
Langkah 5
Kemudian ikuti prosedur pengeboran/jigsawing yang sama untuk bikin lubang persegi di panel belakang kotak itu. Hal semacam ini selalu cangkir terminal, yang kami menempatkan selanjutnya. Sesudah menggerakkan manik silikon caulk seputar pinggir cangkir terminal , kita kacau itu ke tempatnya memakai 1/2 " sekrup lembaran logam.

Kemudian ikuti prosedur pengeboran/jigsawing yang sama untuk bikin lubang persegi di panel belakang kotak itu. Hal semacam ini selalu cangkir terminal, yang kami menempatkan selanjutnya. Sesudah menggerakkan manik silikon caulk seputar pinggir cangkir terminal , kita kacau itu ke tempatnya memakai 1/2 " sekrup lembaran logam.
Langkah 6

Lantaran sisi belakang serta depan potongan yang saat ini komplit, telah waktunya untuk mempercepat seluruhnya berbarengan. Catatan : segi paling besar dari kotak mesti tumpang tindih satu sama dari segi yang lebih kecil untuk berikan kemampuan paling besar. Untuk kotak kita, itu bermakna bahwasanya pihak yang diikat ke depan serta belakang pertama, serta sisi atas serta bawah ditambahkan paling akhir.

Lantaran MDF bisa rawan pada pembelahan, kita lubang untuk sekrup pra-dibor di tiap-tiap potongan mesti diikat berbarengan.
Lantaran MDF bisa rawan pada pembelahan, kita lubang untuk sekrup pra-dibor di tiap-tiap potongan mesti diikat berbarengan.

Sesudah pra-pengeboran lubang, kami meremas banyak lem tukang kayu pada potongan-potongan. Lem, bukan hanya sekrup, inilah yang pada akhirnya bakal segel kotak berbarengan, jadi janganlah takut untuk menuangkan pada.
Sesudah pra-pengeboran lubang, kami meremas banyak lem tukang kayu pada potongan-potongan. Lem, bukan hanya sekrup, inilah yang pada akhirnya bakal segel kotak berbarengan, jadi janganlah takut untuk menuangkan pada.

Lalu, kita diikat potongan memakai cordless drill serta 2 " sekrup drywall Sebagian lem bakal memeras sepanjang langkah ini -. Anda bisa meniadakan itu dari luar kotak memakai kain basah, namun itu OK untuk meninggalkan pada pinggir sisi dalam (itu bakal betul-betul menolong dengan segel).
Lalu, kita diikat potongan memakai cordless drill serta 2 " sekrup drywall Sebagian lem bakal memeras sepanjang langkah ini -. Anda bisa meniadakan itu dari luar kotak memakai kain basah, namun itu OK untuk meninggalkan pada pinggir sisi dalam (itu bakal betul-betul menolong dengan segel).

Sesudah Anda membuat sisi depan, belakang, serta samping, Anda barangkali temukan bahwasanya kotak yaitu sedikit keluar dari alun-alun - kami kerjakan. Apabila Anda sekrup sisi atas atau bawah, itu mesti menarik beberapa hal kembali ke keselarasan. Kita berikan kami cuma sedikit persoalan, walau, jadi kami memakai penjepit furnitur untuk memiliki beberapa hal yang diluruskan.
Sesudah Anda membuat sisi depan, belakang, serta samping, Anda barangkali temukan bahwasanya kotak yaitu sedikit keluar dari alun-alun - kami kerjakan. Apabila Anda sekrup sisi atas atau bawah, itu mesti menarik beberapa hal kembali ke keselarasan. Kita berikan kami cuma sedikit persoalan, walau, jadi kami memakai penjepit furnitur untuk memiliki beberapa hal yang diluruskan.

Langkah selanjutnya yaitu untuk menjatuhkan subwoofer serta yakinkan pas. Bila kotak sudah memperoleh sedikit keluar dari alun-alun, Anda barangkali temukan bahwasanya sub saat ini pas ketat - bila sekian, pakai amplas kasar atau serak untuk jadi besar buka sedikit.
Langkah selanjutnya yaitu untuk menjatuhkan subwoofer serta yakinkan pas. Bila kotak sudah memperoleh sedikit keluar dari alun-alun, Anda barangkali temukan bahwasanya sub saat ini pas ketat - bila sekian, pakai amplas kasar atau serak untuk jadi besar buka sedikit.
Langkah 7
Dengan subwoofer ditempat, kami memakai pensil untuk menandai lokasi lubang sekrup, lalu dihapus subwoofer serta lubang pra-dibor untuk pemasangan sekrup.

Dengan subwoofer ditempat, kami memakai pensil untuk menandai lokasi lubang sekrup, lalu dihapus subwoofer serta lubang pra-dibor untuk pemasangan sekrup.
Langkah 8
Untuk bikin ganda meyakini bahwasanya seluruhnya disegel, kami menanti lem kering serta lari manik silikon caulk atas seluruhnya segel internal kotak itu. Kami memakai tabung genggam caulk, lantaran bakal susah untuk memiliki pistol tertidur turun dalam kotak pada waktu ini. Biarlah obat caulk sepanjang 12-24 jam sebelum saat letakkan subwoofer kembali masuk Sebagian launching tertidur silikon asap asam asetat sembari mengobati, yang mempunyai potensi untuk menghancurkan subwoofer melingkari.

Untuk bikin ganda meyakini bahwasanya seluruhnya disegel, kami menanti lem kering serta lari manik silikon caulk atas seluruhnya segel internal kotak itu. Kami memakai tabung genggam caulk, lantaran bakal susah untuk memiliki pistol tertidur turun dalam kotak pada waktu ini. Biarlah obat caulk sepanjang 12-24 jam sebelum saat letakkan subwoofer kembali masuk Sebagian launching tertidur silikon asap asam asetat sembari mengobati, yang mempunyai potensi untuk menghancurkan subwoofer melingkari.
Langkah 9
Selanjutnya, hubungkan kabel speaker dari terminal ke subwoofer serta letakkan subwoofer kembali dalam kotak, dengan memakai non-pengerasan tali tertidur (ditemukan dibagian weatherstrip dari toko piranti keras) untuk tutup ke bawah.

Selanjutnya, hubungkan kabel speaker dari terminal ke subwoofer serta letakkan subwoofer kembali dalam kotak, dengan memakai non-pengerasan tali tertidur (ditemukan dibagian weatherstrip dari toko piranti keras) untuk tutup ke bawah.

Finishing, lalu sesuaikan dan lakukan apa yang mungkin perlu Anda kerjakan untuk Box subwoofer tersebut
Finishing, lalu sesuaikan dan lakukan apa yang mungkin perlu Anda kerjakan untuk Box subwoofer tersebut

Sesudah merampungkan kotak, saya tak sabar untuk pop dalam saya CR-V. Sesudah lem serta caulk sudah kering, kami memasangnya ke saluran belakang saya Alpine 4-channel amplifier memakai 12-gauge kabel speaker. Kedengarannya benar-benar terbaik, serta kotak itu pasti kokoh.

Semoga 9 Tips Panduan Cara Membuat Bok Subwoofer banyak membantu anda, setidaknya lebih mengetahui tentang hal tersebut yang mungkin suatu saat nanti akan bermanfaat.
9 Tips Panduan Cara Membuat Bok Subwoofer | Tri Sunenti | 5