Alasan Sekring Mobil Putus Dan Cara Menggantinya | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Alasan Sekring Mobil Putus Dan Cara Menggantinya

Sakring Mobil


Fuse atau yang juga kita sebut sekring pada mobil memiliki ukuran kecil. Akan tetapi benda elektronik tersebut mempunyai manfaat amat penting untuk sistem kelistrikan mobil.

Alasan Sekring Mobil Putus Dan Cara Menggantinya
Sekring mobil berfungsi untuk menyuplai arus listrik apabila suplai listrik lebih dari batas wajar, lalu fuse berfungsi untuk penahan serta pemutus aliran listrik. Dengan demikian, piranti lain tak rusak maupun terbakar. Dengan alasan tersebut maka di harap keadaan sekring mesti senantiasa di perhatikan supaya bisa bekerja dengan cara optimal.

Seperti ganti watt bola lampu yang semakin besar, baiknya sekring juga sesuai dengan besarnya penggunaan aliran listrik. Akan tetapi bila sama sekring tidak usah ditukar. Atau dengan penambahan relay lantaran kabel standard tak kuat. Dan terhindar dari korsleting.

Penentuan serta pemakaian sekring supaya pas, menurut Harris dari bengkel AMS, mesti sesuai sama dengan saran di fuse box. Jadi, yang memiliki mobil mesti memahami manfaat sekring, terbaik untuk pencahayaan, ataupun elektronika yang lain.

Penyebab sekring mobil putus

Alasan Sekring Mobil Putus
Untuk menolong Anda, dibawah ini ada diagnosis penyebab sekring mobil putus yang lalu bikin mobil tak jalan atau ada sisi lain tak berperan.

1. Sekring putus saat lampu berukuran besar digunakan. Kemungkinan penyebabnya terjadi kekeliruan pada tombol atau lantaran korsleting pada kabel-kabel yang terhubung.

2. Sekring putus waktu kendaraan bergoncang. Barangkali, terdapat banyak sisi isolator rusak, Jadi ketika kendaraan bergoncang, bagian-bagian itu bisa menyentuh bodi.

3. Sekring terputus ketika menginjak pedal rem. Maka silahkan periksa sisi sebagian dari lampu beserta tombolnya, Lalu simpulkan apakah korsleting tersebut disebabkan dari kabel yang mengelupas atau ada jalur kabel yang salah.

4. Sekring putus waktu tombol dimmer switch dari lampu besar dipakai. Mungkin disebabkan lantaran tuas rusak.

5. Sekring putus waktu gigi persneling mundur dimasukkan. Kemungkinan, switch lampu mundur alami rusaknya.

6. Lampu sekring putus waktu sein aktif. Penyebabnya karena terdapat pada kabel tuas lampu sein korsleting.

Cara Mengganti Sekring Mobil

Sebagian para pemilik mobil tidak cukup mengetahui letak dan fungsinya sekring mobil, atau bahkan mungkin tidak mengetahuinya sama sekali. Sekring ini dapat menghindar rusaknya peranti mobil serta membuat perlindungan penumpang mobil dari bahaya korsleting (kebakaran).

Sekring ini benda yang kecil, namun mempunyai ciri-ciri yang peka. Fungsinya melindungi listrik supaya tak melebihi keperluan. Bila suplai keunggulan, maka ia bakal terbakar serta bikin aliran listrik terputus. Letaknya, ada yang dibawah dasbor dekat pengemudi, ada juga yang di area mesin.

Tiap-tiap sekring mempunyai nilai arus berlainan sesuai sama keperluan. Apabila kandungan arus yang melewatinya tetap dalam batas ambang, maka pekerjaan sekring cuma melanjutkan tiada kendala sekalipun. Tetapi, saat ada jalinan pendek (korslet) atau keunggulan arus, ia bakal rusak dalam waktu relatif cepat.

Memiliki bentuk sendiri bermacam. Awalannya di kenal type cartridge atau mungkin dengan sebutan sekring batu. Tetapi, sekring memiliki bahan keramik ini tidak lagi digunakan pada mobil moderen. Lalu, nampak jenis glass yang sisi tengahnya memakai tabung kaca hingga gampang terdeteksi bila putus. Jenis ini digunakan pada mobil 1980-an.

Pesatnya perubahan teknologi kelistrikan mobil, muncullah type sekring blade yang susah dibongkar. Memiliki bentuk pipih serta menghemat tempat, serta dimensinya jadi tambah mungil. Menariknya, kemampuan sekring blade gampang di ketahui dari warnanya.

Untuk mengamankan jalur listrik yang besar, ada tiga type sekring yang umum dipakai, yaitu sekring tabung besar, pelat, serta kotak. Dari ketiga itu, yang pelat agak rumit lantaran ke-2 kutubnya mesti diikat dengan baut.

Apa yang perlu dikerjakan apabila sekring putus?
1. Ubahlah dengan sekring cadangan yang mempunyai ampere sama.
2. Apabila tidak ada cadangan yang ampere sama, ambillah dari sekring lain yg tidak demikian utama dipakai waktu itu. Umpamanya, apabila putus siang hari, ambillah dari lampu, lighter, atau central lock sembari menuju ke toko suku cadang untuk beli yang baru.
3. Umpamanya tak ada ampere yang sama, dapat pakai arus yang lebih kecil. sebaliknya, jauhi gunakan ampere semakin besar yang punya potensi mengakibatkan kerusakan komponen lain atau menyebabkan kebakaran.
4. Waktu ganti sekring, mesin mobil dalam situasi mati.
Alasan Sekring Mobil Putus Dan Cara Menggantinya | Tri Sunenti | 5