Cara Menginstal Subwoofer Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Menginstal Subwoofer Mobil

Alat yang Anda butuhkan


Anda butuh sebagian alat basic untuk me-mount subwoofer Anda dalam box, serta terhubung ke system anda. Minimum, Anda mesti mempunyai alat-alat seperti di bawah ini sebelum memulainya :

Cara Menginstal Subwoofer Mobil

Basic Instalasi subwoofer Mobil


Subwoofer yaitu speaker spesial yang mereproduksi catatan rendah. Mereka komponen popular di banyak system audio lantaran mereka membuahkan suara bass yang kuat. Mereka juga bikin speaker lain yang lebih efektif dengan mengalihkan catatan bahwasanya full-range speaker saring untuk mereproduksi.

Subwoofer hadir dalam beragam ukuran serta wujud. Type yang paling umum yaitu unpowered, subwoofer komponen. Subwoofer ini tak mempunyai built -in amplifier untuk sumber listrik, hingga Anda bakal butuh untuk menghubungkan ke amp eksternal untuk menarik arus. (Sebagian subs mempunyai built-in pasokan listrik. Tengok halaman 3). Juga, sesaat sebagian subwoofers bisa dipakai tiada kotak yang terpisah dalam instalasi free-air hemat-ruang, yang paling memerlukan box yang kuat untuk beroperasi dengan terbaik.

Unsur yang paling basic instalasi komponen subwoofer amatlah gampang. Gunakan subwoofer komponen Anda ke box yang sesuai sama dengan menghubungkan mengarah ke cangkir terminal, serta memakai pemasangan sekrup. Semestinya tak mengonsumsi saat kian lebih sebagian menit. Anda lalu bakal menggerakkan kabel ke amplifier dekatnya. Anda bakal mempunyai pilihan perihal bagaimana Anda kawat sub Anda. Anda bisa kawat dengan cara paralel untuk output maksimum, atau seri untuk lebih tinggi - impedansi, sebagian penyusunan woofer.

Subwoofer siap pakai


Subwoofer siap gunakan yaitu langkah termudah untuk memiliki bass yang lebih terbaik, lantaran produsen sudah bangun kotak serta menempatkan speaker yang pas. Sebagian box siap gunakan mempunyai sejumlah tiga subwoofer di dalamnya. Anda menentukan style serta ukuran yang Anda kehendaki, serta mencocokkannya dengan amplifier Anda, area yang ada, serta bekasnya dari system anda.

Dalam mobil sedan, siap gunakan, subwoofer non-diperkuat umumnya pergi di bagasi. Bila Anda menginginkan daya yang cukup, bass yang dihasilkan bakal cukup kuat untuk menembus kursi belakang. Cukup sambungkan kabel speaker dari amplifier serta mengamankan box dengan tali atau sinyal kurung. Yakinkan Anda tak memblokir akses ke ban serep Anda serta, bila Anda mengebor lubang untuk kurung, bekerja dengan hati-hati serta yakinkan Anda tak memotong lewat tangki bensin atau garis rem.

Bila Anda menempatkan subwoofer yang dilengkapi dengan built-in amp, Anda tak perlu menghubungkan kabel speaker, namun Anda bakal mesti meng-install patch kabel (atau memakai speaker Anda mengarah untuk tanda input). Anda bakal memerlukan suatu penguat kabel kit untuk kekuasaan, tanah serta turn-on lead. Itu umumnya bermakna Anda bakal butuh menggerakkan kawat dibawah kursi Anda.

subwoofer bertenaga


Di dukung, atau diperkuat, subs tawarkan pemakaian keringanan yang bermanfaat bila Anda mengendarai kendaraan sewaan atau disewakan. Lantaran portabilitas mereka, subwoofer ini bisa dihapus dengan cepat bila Anda jual atau menukar kendaraan Anda. Mereka juga mengambil area kurang dari amplifier serta subwoofer yang terpisah.

Ekstra hati-hati untuk jangkar subwoofer dalam hatchback, station wagon, atau sport utility vehicle. Ini dapat jadi angin serta melukai seorang bila Anda berhenti tiba-tiba.

Bok subwoofer pra-fabrikasi


Sesaat subs siap gunakan mempunyai keuntungan mereka, Anda bakal mempunyai pilihan yang semakin besar dari subs bila Anda pergi dengan komponen subwoofer serta box yang sesuai sama. Ini semakin banyak pekerjaan, ya, namun Anda dapat membuat suara yang Anda kehendaki. Anda menentukan subwoofer atau subwoofer yang sesuai sama dengan musik Anda memerlukan yang paling baik, serta lalu tentukan ukuran kotak yang bakal memaksimalkan karakter sonic mereka. Umumnya subwoofer komponen tak hadir dengan hardware, hingga Anda barangkali mesti sediakan sekrup Anda sendiri. Juga, Anda barangkali butuh kabel speaker serta piranti keras untuk menghubungkan speaker ke cangkir terminal didalam kotak. Pada akhirnya, temukan sebagian sinyal kurung atau tali untuk menahan box didalam kendaraan Anda.

Wiring serta break-in


Bila Anda pergi dengan type yang paling umum dari instalasi subwoofer - sub komponen dalam kotak terhubung ke amplifier - Anda bakal mesti memperhitungkan beragam kemungkinan kabel sebelum saat Anda mulai.

Suatu penguat 2-channel berikan Anda output untuk dua speaker. Sudah pasti, itu tak bermakna Anda mesti menghubungkan dua subwoofer. Anda bisa menghubungkan satu, dua, atau barangkali juga empat. Untuk amannya, Anda cuma butuh mengerti dari impedansi subs Anda serta " beban " kekuatan amplifier Anda. Aspek-faktor ini bakal memastikan cara mana kabel mesti Anda pakai. Untuk info selanjutnya, tengok koleksi kami subwoofer wiring diagram.

Umumnya, suatu amp stereo mobil " lihat " impedansi 4 ohm. Saat kita menyampaikan suatu amplifier stabil ke 2 ohm, kita umumnya merujuk pada impedansi minimal bisa mengatasi dalam stereo (2 -channel) modus, tak dijembatani (mono) mode. Amplifier makin rendah impedansi (resistensi atau " beban ") lihat, makin besar kemampuan yang dihasilkannya, serta lebih keras memutar musik Anda.

Suatu langkah yang umum untuk memiliki 2 - ohm amp stabil untuk membuahkan kemampuan ekstra ini berikan pada impedansi rendah yaitu untuk kawat speaker dengan cara paralel. Ingat - sesaat seri kabel senantiasa menyebabkan impedansi Anda, kabel paralel senantiasa turunkan itu.

Untuk kawat speaker Anda dengan cara paralel, sambungkan positif (+) mengakibatkan ke-2 speaker ke positif (+) terminal penguat, serta negatif (-) mengarah dari ke-2 speaker ke negatif amp (-) terminal. Anda bisa menambah efek system Anda dengan cara dramatis oleh hooking up dua subwoofer (dengan cara paralel) untuk tiap-tiap saluran amp Anda.

Sesudah Anda merampungkan kabel, istirahat di subwoofer Anda dengan benar. Bermain sub pada volume rendah sepanjang lebih kurang 20 jam dengan keadaan sebelum saat Anda nampak volume. Hal semacam ini bakal menambah kemampuan sub serta usia.
Bangun box subwoofer Anda sendiri

Suatu box subwoofer tak kian lebih sebatas memegang woofer, tetapi adalah sisi integral dari system. Suatu box dengan ukuran serta di bangun bisa merubah suatu woofer murah jadi pemain yang terbaik, sesaat box jelek dirancang atau di bangun bakal bikin juga woofer paling baik terdengar mengerikan.

Ada dua tantangan utama dalam fabrikasi box - meyakinkan itu diisi volume pas dari angin, serta mengatur resonansi kabinet yang lain bakal berkompetisi dengan suara dari woofer serta warna suaranya.

Volume ideal box subwooefer (panjang x lebar x tinggi) bakal beragam bergantung pada woofer Anda tentukan. Volume box untuk woofer Anda umumnya diambil volume internal yang. Oleh karenanya, dalam mengkalkulasi dimensi eksternal seluruh kotak, Anda mesti mempertimbangkan ketebalan papan, area yang dihuni oleh sound serta tiap-tiap bracing internal yang.

Sesudah Anda tahu volume internal yang mau Anda raih, Anda bakal putuskan pada dimensi box. Untuk ketentuan praktis, yakinkan tak ada dimensi internal yang mengukur kian lebih tiga kali lipat dari yang lain. Namun janganlah bikin mereka terlampau dekat keduanya atau Anda bakal mempunyai kubus & mdash satu diantara wujud akustik terburuk untuk sound.

Pada akhirnya, memastikan apakah computer anda bakal disegel atau porting. Suatu kotak tertutup yaitu yang paling gampang untuk membuat serta bangun, serta membuat perlindungan pada woofer bass subsonik yang bisa memengaruhi kemampuannya. Suatu kotak porting memakai tabung (port) yang memperkuat bass yang dihasilkan oleh woofer. Hal semacam ini bisa tawarkan benar-benar terbaik, kemampuan output tinggi, tetapi lebih menantang untuk bangun.
Cara Menginstal Subwoofer Mobil | Tri Sunenti | 5