Cara Merawat Mobil Baru Maupun Bekas | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Merawat Mobil Baru Maupun Bekas

Tips Cara Merawat Mobil


mobil panther
Cara merawat mobil baru atau bekas sebenarnya tidaklah memiliki banyak perbedaan yang signifikan. Kecuali beda merek atau jenis, namun pada dasarnya tujuan dan cara pengerjaan tetap memiliki kesamaan yang nyata. Namun secara khusus akan saya coba berikan tips cara merawat mobil matic, innova, dan panther.

Perawatan mobil pribadi yang anda kerjakan tiap-tiap harinya yaitu suatu hal yang perlu di perhatikan dengan cara teratur. Kenapa mesti? Lantaran keadaan kendaraan yang sempurna bisa perpanjang usia mobil anda, menolong dengan environment sehat serta stabil demi kenyamanan diri anda sendiri.

Mobil yang kurang terurus adalah satu diantara aspek paling besar ke-2 sesudah kelalaian pengemudi pemicu kecelakaan di jalan raya. Untuk keselamatan di jalan raya maka lakukan perawatan dengan cara teratur terlebih waktu bakal lakukan perjalanan yang cukup jauh, keadaan mobil mesti benar benar dalam keadaan peforma terbaik serta memanglah layak untuk perjalanan jarak jauh.

Cermati keadaan mesin, ban serta lampu mobil lantaran tiga sisi itu adalah sisi paling utama pada mobil. Lakukan perawatannya juga tak mesti pergi ke bengkel, anda juga dapat lakukan perawatan basic sendiri. Di sini saya berikan sebagian tips cara merawat mobil untuk melindungi mesin agar senantiasa dalam peforma terbaik :

Mengecek Starter Pada Mobil

Anda ganti oli mobil tiap-tiap 3. 000 hingga 5. 000 mil. Mesin Anda bakal mulai bikin suara-suara aneh bila tak dikerjakan pergantian oli. Saat lakukan ubah oli, yakinkan Anda merubah filter oli juga. Ini bakal tak ada gunanya bila Anda menggerakkan minyak bersih lewat filter oli kotor.

Oli bertindak kurangi gesekan2 internal didalam mesin. tidak ada oli, gesekan2 ini bakal bikin komponen mesin2 spesifik cepat rusak atau aus. Dengan kata lain, kehadiran oli bakal bikin mesin lebih awet. pada intinya suatu Mobil membutuhkan oli dengan kekentalan spesifik. disebabkan ada pembakaran di dalam mesin saat Mobil bakal digerakkan bakal bikin tingkat kekentalan oli beralih, hingga kurun waktu spesifik kekentalan oli beralih, hingga kurun waktu spesifik kekentalan oli didalam mesin tak akan sesuai sama dengan keadaan internal mesin. Oleh karna itu, pergantian oli mesin mobilharus dikerjakan dengan cara teratur menurut jarak tempuh kendaraan.

Periksa Situasi Radiator Mobil

Radiator pada mesin mobil bertindak untuk melindungi suhu mesin terus dingin, berarti radiator adalah komponen yang berperan untuk melindungi mesin supaya tak cepat panas (over heating). Dengan teratur memeriksa radiator yang mencakup kontrol kebocoran, pengurasan, serta pergantian air, maka performa radiator bakal terus terjaga, hingga tugasnya untuk pendingin mesin bakal terus terjaga. Idealnya pergantian atau pengurasan air radiator dikerjakan untuk tiap-tiap jarak tempuh seputar 10. 000 km.

Periksa Timing Belt

timing belt adalah sabuk yang berperan untuk melanjutkan putaran roda2 gigi yang terhubung ke sisi internal mesin. Timing belt yang rusak ditandai dengan menyebabkan suara2 dengungm yang bising saat mesin mulai digerakkan. rusaknya timing belt yang di biarlah berlarut bakal mengakibatkan timing belt itu putus serta putusnya timing belt dengan cara tiba2 bakal bikin komponen2 spesifik pada mesin rusak. diluar itu, suplay listrik pada akumulator dapat tak optimal.

Kerjakan Tune Up dengan cara rutin

Tune Up teratur di bengkel2 bakal bikin mesin terus awet, hal semacam ini lantaran pada sistem tune up situasi komponen2 vital yang berhubugan dengan mesin seperti busi, filter bahan bakar serta oli bakal terperiksa.

Penarikan Gas

Penarikan gas yang kuat saat kendaraan melaju bisa bikin kerak pada area pembakaran makin menyusut, namun kerjakan hal semacam ini sesekali saja. Semoga panduan ini bisa melindungi mesin anda lebih awet serta terurus.

Hal yang juga butuh di perhatikan yaitu system kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil moderen yang telah memakai CDI (dalam makna serba elektronik). Apabila mobil Anda sudah memakai system serba elektronik, janganlah berupaya untuk membetulkannya dengan cara manual lantaran system ini memerlukan pakar mekanik yang handal dan peralatan yang cuma ada di bengkel-bengkel mobil.

Umumnya ada dua hal sebagai pemicu mobil tak dapat di-starter


Pertama yaitu lantaran aki yang telah dalam keadaan kurang bagus system kelistrikannya.
Ke-2 yaitu lantaran supply listrik pada dinamo pada system pengapian konvensional. Apabila mobil tak dapat di-starter yaitu lantaran suplai bahan bakar/angin yang kurang pada system karburator, maka bisa di simpulkan bahwa karburator mobil anda kotor. Yang perlu Anda lakukan periksa saringannya, lalu cabut filter-nya serta bersihkan dengan kuas cat atau juga sikat.

Ingat! Janganlah pakai alat pemanas seperti hair-dryer serta sejenisnya, bila anda lakukan bisa mengakibatkan kerusakan dinding saringan angin. Apabila seluruhnya telah dikerjakan namun tak ber arti sebaiknya Anda membawanya ke bengkel mobil terdekat/langanan.
Cara Merawat Mobil Baru Maupun Bekas | Tri Sunenti | 5