Cara merawat Velg dan Ban Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara merawat Velg dan Ban Mobil

Tips dan Cara Merawat Mobil

Bagian dari mobil yang benar-benar utama dalam penampilan exterior yaitu diantaranya velg mobil, tampak lebih kokoh dan juga indah bila di dukung dengan bahan pembuatan, design serta bentuk yang sesuai. Selain itu Velg dan Ban Mobil mempunyai peran yang teramat penting untuk kebutuhan kenyamanan Anda ketika mengendarainya.
Cara yang benar dalam menjaga ban & velg mobil

Cara yang benar dalam menjaga ban & velg mobil

Senantiasa mencek desakan ukuran angin pada ban minimum 1 bln. sekali, jika berlangsung masalah sebisa-bisanya secepatnya di bereskan. Untuk velg dapat disebutkan bebas perawatan, perawatan dapat lewat cara membersihkan serta memoles velg supaya warnanya terus mengkilap.

Kode Ban serta velg dan cara membacanya


Untuk ban terdapat banyak kode yang umum di gunakan satu diantara yang paling utama yaitu kode ukuran ban. contoh 185/65/15 yang digunakan di mobil honda freed. di mana makna dari kode ini yaitu tapak dari ban 185 mm dengan ketinggian 65% dari tapak serta cuma dapat digunakan untuk ring 15 inch.

Untuk velg sebagian kode umum yang kerap kita dengar yaitu pcd serta offset.
Pcd yaitu singkatan dari pitch center diameter atau dapat disebut jarak pada baut.
Offset adalah kode dari velg yang menandai seberapa tidak tipis/tipisnya dari permukaan tengah velg.
Makin besar kode offset makin kedalam posisi velg dalam fender, serta makin besar offset maka posisi velg bakal makin keluar dari fender.

Ganti ban & velg racing dari keadaan mobil standard

Yang butuh di perhatikan yaitu ukuran dari velg racing serta bannya mesti sesuai sama dengan mobilnya.
Untuk misal dengan mobil honda freed dengan ukuran standard 185/65/15
Untuk upsize tiada mengganggu performa kaki-kaki serta mesin maka dapat upsize hingga 2 tingkat. Ini juga telah di setujui oleh pihak atpm, di mana jika ganti optimal 2 tingkat dari ukuran standard maka garansi servis terus berlaku.

Nah untuk ukuran bannya mesti diperhatikan untuk honda freed 17 inch maka ban yang benar yaitu 205/50/17. kian lebih ukuran ini bakal menyebabkan persoalan gesrot serta saat belok patah ban bakal bersentuhan dengan area fender dalam.

Sedang untuk velgnya dapat menggunakan lebar velg dari 7 hingga 7. 5 inch dengan offset pada 40-45, dengan spesifikasi ini maka posisi velg bakal aman dipakai untuk keseharian.

Namun bukan hanya bermakna honda freed cuma dapat hingga 17 inch, rata-rata mobil dapat upsize hingga 4 tingkat dari standard tiada butuh lakukan pergantian pada mobil yang lain.

Jadi honda freed dapat upsize ke 18 serta optimal di 19 inch, pastinya dengan ukuran ban mobil yang lebih tidak tebal.

Cara menentukan ban yang benar


Untuk menentukan ban mobil, pada intinya yang paling utama yaitu ukurannya.  Lantaran jika salah ukuran maka dapat menyebabkan persoalan.  Untuk harga serta mutu seluruhnya kembali pada keperluan.  Tiap-tiap merk ban umumnya sediakan sebagian jenis yang sesuai dengan keperluan. Ada yang untuk penggunaan keseharian, untuk balap, untuk medan berlumpur atau untuk keperluan niaga.
Untuk menentukan ban mobil, pada intinya yang paling utama yaitu ukurannya.
Lantaran jika salah ukuran maka dapat menyebabkan persoalan.
Untuk harga serta mutu seluruhnya kembali pada keperluan.
Tiap-tiap merk ban umumnya sediakan sebagian jenis yang sesuai dengan keperluan. Ada yang untuk penggunaan keseharian, untuk balap, untuk medan berlumpur atau untuk keperluan niaga.

Cara membedakan velg impor serta lokal


Untuk membedakannya dapat dari merk, serta dari kode velg di belakang velg.
Untuk velg import dibelakang velg ada emboss bikinan taiwan, bikinan japan, atau yang lain.
Serta untuk velg lokal umumnya tak ada atau ada bikinan indonesia.
Namun ini dapat tak mungkin saja 100% patokan untuk saat ini, lantaran kadang-kadang terdapat banyak jenis velg yg tidak mencantumkan kode ini.

Hal yang bisa menyebabkan tonjolan di ban mobil dan cara mengatasi getaran yang disebabkan karena benjolan ban

Hal utama yang paling menyebabkan yaitu desakan angin ban yang kurang serta diimbangi dengan benturan keras. Menyebabkan kawat atau benang ban putus hingga yang menahan cuma karet ban saja, jadi bikin ban jadi benjol.
untuk persoalan ban benjol tak ada jalan keluar lain tak hanya dengan ganti dengan ban yang baru.

Perbedaan antara ban mobil tubeless & ban mobil umum
perbedaan tubeless dengan ban mobil umum yaitu penggunan ban dalam. Untuk ban tubeless tak perlu lagi menggunakan ban dalam serta konstruksi bibir bannya lebih kuat.

7 Point Penting Cara Merawat Velg Mobil

Velg mobil berdesain jari-jari cukup indah dipandang serta condong tak menjemukan dibanding velg mobil yang umum. Tetapi, cara perawatan velg mobil berdesain jari jari cukup rumit lantaran memiliki celah yang susah dijangkau dengan jari tangan. di bawah ini bakal saya berikanlah panduan serta langkah bersihkan velg yang berdesain jari jari pada mobil yang paling disayangi anda.
Velg mobil berdesain jari-jari cukup indah dipandang mata serta condong tak menjemukan dibanding velg mobil yang umum. Tetapi, cara perawatan velg mobil berdesain jari jari cukup rumit lantaran memiliki celah yang susah dijangkau dengan jari tangan. di bawah ini bakal saya berikanlah panduan serta langkah cara bersihkan velg yang berdesain jari jari pada mobil yang paling disayangi anda.

  • Upayakan tidak untuk membersihkan velg waktu mobil baru dipakai. bila anda membersihkan velg mobil yang barusan dipakai (terlebih digunakan untuk perjalanan jauh) maka velg anda bakal cepat jamuran, hal semacam ini berlangsung lantaran velg yang tetap panas, tersiram dengan air. upayakan tunggulah dahulu hingga velg atau mesin mobil nya dingin.
  • Yakinkan area dalam fender bersih (dibikin bersih dahulu) supaya kotorannya tak jatuh serta melekat ke velg.Kemudian, baru giliran velg. Sesudah disiram, pakai sampo atau cairan spesial. Untuk yang berwana krom, gunakan cairan spesial krom untuk hindari resiko susunan terkelupas.
  • Untuk pojok yang susah dijangkau, pakai kuas atau sikat gigi. Bila tetap ada noda membandel, maka baiknya bahasi dahulu velg serta diamkan sebagian waktu, baru lalu dibikin bersih.
  • Bila ada aspal, maka noda ini umumnya tak mempan bila di hilangkan cuma dengan sampo. Karenanya, dapat gunakan bensin atau minyak tanah. Setelah itu, bersihkan velg dengan pertolongan kompon supaya bensin tak meninggalkan noda.
  • Keringkan velg ban anda.
  • Benar-benar gampang bukan hanya, bila anda alami persoalan di bagian nomer tiga, baiknya manfaatkanlah sampo yang direferensikan spesial oleh toko velg yang jual velg mobil yang anda pakai, lantaran bila salah, velg mobil anda bakal terkelupas. 
Cara merawat Velg dan Ban Mobil | Tri Sunenti | 5