Cara pasang alarm mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara pasang alarm mobil

Alarm mobil memang sangat efisien untuk membuat perlindungan mobil kita dari tangan orang yang akan berbuat jahat. Dalam langkah gunakan alarm mobil juga tak dapat dikerjakan dengan cara sembarangan, lantaran hal itu punya pengaruh pada keamanan piranti kelistrikan pada mobil. Lantaran pemasangan alarm mobil bakal memengaruhi system dari perlistrikan mobil, hingga bila berlangsung kekeliruan pada kelistrikan bisa menyebabkan fatal.

Langkah gunakan alarm mobil dengan tidak sama jenis juga tak dapat asal gunakan. Pada mobil keluaran product Eropa, Jepang serta Amerika bakal memiliki langkah gunakan alarm mobil yang tidak sama. Bila Anda tak tahu dengan cara tehnis langkah pemasangan alarm mobil baiknya Anda mencari ahlinya, lantaran hal itu dapat menyebabkan fatal bila Anda salah dalam memasangnya. Lantaran bila berlangsung kekeliruan dapat mengakibatkan rusaknya pada komponen kelistrikan yang lain yang ada didalam mobil Anda. Namun pastinya Anda sekurang-kurangnya tahu dengan cara teori bagaimana caranya menempatkan alarm mobil itu.

Alarm Mobil

Cara pasang alarm mobil

Langkah pertama


Yang perlu Anda kerjakan yaitu Anda memastikan type alarm mobil yang bakal Anda gunakan pada mobil Anda. Pastikan alarm yang sesuai sama dengan mobil Anda, lantaran alarm bagus belum pasti sesuai untuk di pasang dengan mobil Anda. Terdapat banyak segi yang perlu Anda cermati dalam menentukan alarm mobil itu.

  • Sumber tenaga yang digunakan oleh alarm mobil itu.
  • Instalasi kelistrikan untuk alam mobil itu.
  • Penempatan yang sesuai sama dengan mobil.

Pemasangan alarm pastinya yang bagus yaitu tak terlampau makan listrik waktu mobil dalam situasi diparkirkan. Lantaran pastinya alarm mesti terus berperan meskipun mobil dalam situasi parkir serta mesin dalam situasi mati. Pemakaian sensor dapat juga bikin keamanan mobil lebih terjaga, hal itu untuk mengantisipasi ada gerakan mencurigakan yang berlangsung di sekitar mobil. Bila mobil Anda belum terpasang alarm, baiknya saat ini Anda mendatangi bengkel keyakinan Anda. Dengan terpasangnya alarm pada mobil Anda, maka Anda dapat dengan tenang meninggalkan mobil yang paling disayangi Anda diparkiran.

Panduan ini butuh sedikit kecermatan lantaran instalasi alarm sedikit ribet serta butuh di baca dengan cermat panduan manual yang dibawakan pada paket pembeliannya.

Central Lock

Sesungguhnya kita dapat bawa mobil kita ke tempat penjualan aksesori mobil serta tinggal minta dipasangkan central lock serta alarmnya segera di sana, pastinya harga yang kita uang yang kita mengeluarkan bakal semakin banyak apabila dipasang ditempat aksesori bukan?

Lantaran mereka menarik layanan pemasangan yang bila dihitung-hitung dapat sama juga dengan harga central lock serta alarm mobil.

Bila di kota kami cost pemasangan central lock serta alarm seputar 600 ribu hingga 800 beberapa ribu, walau sebenarnya bila kita beli sendiri harga central lock seputar 75 hingga 125 ribu serta alarm 200 hingga 250 beberapa ribu, silakan hitung sendiri selisih harga pembelian ke-2 alat itu dengan harga apabila kita gunakan sendiri.
Bila di kota kami cost pemasangan central lock serta alarm seputar 600 ribu hingga 800 beberapa ribu, walau sebenarnya bila kita beli sendiri harga central lock seputar 75 hingga 125 ribu serta alarm 200 hingga 250 beberapa ribu, silakan hitung sendiri selisih harga pembelian ke-2 alat itu dengan harga apabila kita gunakan sendiri.  Panduan menempatkan central lock dapat anda terapkan pada mobil-mobil yang belum ada central lock nya atau yang central lock nya telah rusak.

Panduan menempatkan central lock dapat anda terapkan pada setiap mobil yang belum ada central lock nya atau yang central lock nya telah rusak.

Beberapa hal yang butuh di perhatikan pada waktu pembelian central lock kit itu umumnya 1 dus diisi 4 buah pistol pengerak (lock actuator), satu set kabel untuk 4 pintu komplit dengan jek konektornya (apabila perlu 5 pintu dapat beli lock actuator 1 buah sendiri dengan cara eceran, harga seputar 25 ribu), suatu central lock module dengan 8 pin konektor, 4 batang kawat penarik/pendorong, pelat tidak tebal serta berlubang untuk dudukan lock actuator dan baut-baut.
Gunakan masing-masing lock actuator pada pintu-pintu mobil persis di bawah batang pengunci atau penarik tuas knop pengunci pintu mobil (buka dahulu doortrim nya lantaran memasangnya di bagian dalam pintu mobil) serta hubungkan dengan batang ruji pengunci bawaan central locknya dengan membautkan dengan cara terkait (tengok gambar) dengan batang pengunci bawaan mobil anda, atur hingga dudukan cocok serta tak seret pada saat digerakkan untuk menarik atau mendorong batang pengunci pintunya.

Cara menempatkan central lock serta alarm


Umumnya pada pintu utama mobil sedan sisi depan serta mobil minibus yang lain pemasangan lock actuator nya tak perlu membutuhkan pelat berlubang untuk dudukan lock actuator, namun cukup mengebor pintu sisi dalam saja untuk menempatkan lock actuator nya.

Untuk pintu belakang sedan classic seperti corolla dapat memakai pelat dudukan actuator bawaan central lock serta segera dibaut saja hingga posisi betul-betul kencang. Yang butuh diingat yakni ada suatu lock actuator utama yang cirinya ada 5 buah kabel yakni warna hitam, putih, coklat, hijau serta biru yang perlu dipasang pada pintu depan kanan atau pintu pada setir, sedang 3 buah yang lain berkabel hanya dua warna yakni warna hijau serta biru saja danbisa dipasang pada pintu yang lain.

Sesudah lock actuator terpasang seluruhnya barulah disambung dengan kabel bawaan dari central lock lewat cara memasangkan jek-jek konektornya s/d pin konektor yang menuju ke module central lock nya (pasangkan kabel sesuai sama warnanya). Letakkan module central lock pada tempat yang tertutup, umpamanya di bawah dasbor mobil.

Sesudah instalasi tersambung seluruhnya, kabel merah ayah pin konektor module kita hubungkan dengan kabel setrum di mobil yang segera dari aki (+) untuk yang Merah serta kabel hitamnya pada bodi atau kabel minus aki.

Teliti lewat cara menarik serta turunkan tuas pengunci pintu mobil sisi kanan depan yang telah terpasang dengan actuator utama. Apabila ketiga pintu yang lain turut terkunci atau terbuka pada waktu kita memainkan tuas pengunci pintu depan kanan bermakna instalasi central lock pada mobil classic anda telah sukses dengan berhasil.

Langkah kerja central lock itu cukup simpel yakni penggerak utama yaitu actuator yang ada pada pintu kanan depan yang didalamnya diisi dinamo yang kerjanya menyambung atau memutus arus apabila tuas pintu digerakkan naik turun. Lalu arus yang berlangsung di lanjutkan ke central modul yang berperan untuk membagi keseluruh lock actuator yang lain lantaran di modul ini diisi rangkaian elektronika serta relay-relay.

Arus listrik yang masuk ke modul bakal stand b sebelum saat ada perintah dari lock actuator utama yang dapat digerakkan dengan cara manual dengan ditarik atau di turunkan tuas pengunci pintunya atau dapat pula dengan cara automatis lewat cara tempelkan kabel putih serta coklat yang ada di modul dengan cara cepat (tempelkan lalu melepasnya dengan cepat)

Ke-2 kabel ini (warna coklat serta putih) yang nanti dapat disambungkan dengan kabel dari alarm sistem hingga dapat kita kendalikan segera dengan cara automatis lewat remote.

Kapan-kapan bila ada pekerjaan ini di bengkel bakal kami buatkan videonya buat anda, sesaat sekian kali kami menempatkan belum pernah kami dokumentasikan lantaran pekerjaan menempatkan central lock bukan hanya spesialisasi kami, namun lantaran banyak e-mail yang meminta langkah menempatkan central lock ini untuk mobil tua mereka maka kami pada akhirnya terangkan di sini dengan cara globalnya.

Cara menyambungkan central lock - remote alarm mobil


Pertama-tama kita beli remote alarm barangkali kita bingung lantaran kita memiliki satu set modul yang diisi sangat banyak kabel-kabelnya. Walau demikian kami bakal terangkan sedikit tentang kabel-kabel yang utama saja berarti kabel-kabel utama ini yakni kabel yang umum digunakan pada pemasangan remote alarm (silakan baca tips instalasinya yang ada pada paket pembelian alarm untuk mobil anda).

Dengan cara global kabel-kabel yang ada pada alarm mobil dibagi dua, yakni satu sisi yang terhubung dengan instalasi kelistrikan mobil, satu sisi lagi yang terhubung ke central lock yang baru anda gunakan diatas

Merah (dengan fuse atau sekring serta kabel agak besar) sisi kabel yang terhubung ke aki segera (+).
Hitam (ground, kabel agak besar) terhubung ke bodi (-)
Merah Hitam ke arah bagasi/trunk umumnya tak digunakan (potong pendek saja)
Coklat (ada 2) terhubung ke lampu sein kanan serta kiri (bukan hanya ke kabel hazard)
Pink terhubung ke speaker (sirine) bawaan dalam satu paket pembelian, apabila ingin dikaitkan ke klakson mobil butuh dipasang riley sendiri.

Selain itu ada kabel terpisah sendiri (umumnya diisi 5 pin kabel) yakni :

  • Biru dikaitkan ke switch pintu (-), umumnya terhubung dengan lampu plafon.
  • Putih ke acc atau kontak on (apabila kontak mobil anda tiada acc)
  • Warna Oren ke fot brake / pada kabel swit rem belakang.
  • Warna kabel merah kecil untuk switch pintu (+) serta warna kuning yang ke relay starter tak digunakan, boleh anda potong.

Kabel lain yang terhubung ke central lock ada 6 dengan beberapa warna seperti oranye, putih (dengan fuse atau sekring), kuning, oranye hitam, putih hitam (dengan fuse) serta kuning hitam.

Untuk menghubungkan ke enam kabel dari alarm itu yang bakal menuju ke central lock yang hanya dua kabel saja (putih serta coklat, silakan baca sisi akhir tulisan kami di atas pada waktu mengetes central lock jalan terbaik atau tak) butuh dikerjakan penyambungan dengan cara pararel dari 6 kabel tertulis diatas seperti berikut :

Kabel Oranye serta Oranye Hitam dipararel serta disambungkan ke bodi mobil atau kabel Hitam ground (-), kabel Kuning serta Kuning Hitam dipararel serta disambungkan ke kabel Merah besar yang ke aki (+)

Kabel Putih serta Putih Hitam disambungkan ke kabel Putih serta Coklat pada central lock, silakan dicoba dengan alarm nya dengan memencet tombol buka kunci serta tutup kunci untuk mencocokkan kabel yang cocok. Pasangan kabel ini dapat dibolak balik berarti kabel putih pada alarm dapat ke kabel putih atau coklat pada central lock begitupun sebaliknya.

Silakan kabel-kabelnya anda potong seperlunya untuk hindari keruwetan pada modul serta dasbor anda, janganlah lupa untuk mengisolasi seluruhnya sambungan serta atur supaya tak tampak dari luar, modul alarm dapat dipasangkan berdekatan dengan modul central lock, lampu indikator dapat anda letakkan pada dasbor atau sisi lain sesuai sama selera anda.
Silakan mulai cobalah lewat remote yang disiapkan pada paket pembelian alarm mulai untuk buka, mengunci, sirine dan sebagainya.

Sekian sedikit panduan langkah menempatkan central lock serta alarm mobil classic anda semoga dapat berikan pencerahan serta menolong anda untuk menghemat cost pemasangan central lock mobil anda.

Untuk kejelasan setelah itu dapat anda tanyakan segera atau dapat ajukan pertanyaan lewat komunitas online yang mengulas otomotif mobil.

Info penambahan :


Pada pemasangan central lock untuk hijet 1000 tentukan central lock yang jenis actuator nya agak kecil lantaran keadaan dalam pintu hijet 1000 yang sempit supaya pemasangan tak mengganggu kaca samping pada saat di turunkan.

Untuk mobil lain serta sedan biasanya seluruhnya merk central lock dapat diterapkan.Semoga artikel cara pasang alarm mobil ini bisa menambah wawasan Anda.

Cara pasang alarm mobil | Tri Sunenti | 5