Pentingnya Wiper dan Washer | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pentingnya Wiper dan Washer

Wiper dan Washer - Meski musim hujan di Indonesia Sudah /hampir berlalu Namun pemakai mobil tetap harus memperhatikan Aksesoris, komponen maupun sistem pada mobil. Karena dari rangkaian tersebut akan mempengaruhi tingkat keamanan serta kenyamanan saat berkendara. Seperti contoh saat ini, meskipun tidak terjadi hujan air tapi 2 hari lalu terjadi hujan debu di wilayah jogja, dan sampai saat ini Debu letusan Gunung Kelud Kediri masih beterbangan di mana2 [yogyakarta].

Pentingnya Wiper dan Washer
Tak hanya mencermati keadaan mesin serta langkah berkendara yang benar, beberapa pemakai kendaraan juga harus menyiapkan piranti pendukung saat mobil melaju di dalam guyuran hujan debu. Satu diantara piranti penting yang kita bahas kali ini yaitu wiper atau penghapus air di kaca mobil.

Wiper mempunyai manfaat yang utama meski sebagian dari anda mengangapnya remeh. Apabila peranti itu tak berfungsi bisa menyebabkan resiko keamanan serta kenyamanan. Wiper dan Washer di anggap remeh karena tidak setiap waktu anda perlukan.

Untuk mengetahui seberapa Pentingnya Wiper dan Washer, baca lebih lanjut mengenai tips merawat mobil berikut ini

Masalah dan Cara Mengatasinya:

Pentingnya Wiper dan Washer mobil

1. Gerakan wiper lambat

Penyebab wiper lambat itu dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya tahanan koil kotor hingga arus listrik yang berperan untuk menggerakkan engkol wiper terhalang. Langkah untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil itu.

Pemicu lain yang juga sering jadikan gerak wiper lambat yaitu poros engkol wiper berkarat. Mengakibatkan, saat wiper diaktifkan serta engkol dipaksa untuk menggerakkan tangkai wiper, susunan karat berguguran.

Yang terjadi, kotoran itu menghalangi gerak engkol serta gerakan wiper juga melambat atau juga macet. Cara mengatasinya, bersihkan engkol dari karat serta semprot sisi itu dengan cairan anti karat. Apabila telah kronis mesti dilas atau menggantinya.

2. Wiper tidak dapat bergerak

Apabila Anda merasakan wiper sekalipun tidak bergerak, terdapat banyak kemungkinan. Pertama, motor listrik telah aus hingga tak dapat menggerakkan wiper. Apabila hal semacam itu berlangsung, maka tak ada pilihan lain terkecuali menggantinya dengan yang baru.

Ke-2, sekring punya masalah. Persoalan pada sekring itu juga ada dua. Sekringnya yang telah aus atau putus atau ada rangkaian kabel yang terkait dengan sekring punya masalah.

Apabila sekring putus bermakna ada arus listrik yang terlalu berlebih. Oleh karenanya, cermati rangkaian serta jalinan antarkabel yang berkenaan dengan sekring.

3. Gerak wiper tidak ajek, terkadang cepat atau lambat

Masalah seperti itu dapat berlangsung tak hanya lantaran ada sambungan rangkaian kabel yang kurang cocok, juga karena roda gigi wiper yang sudah aus. Apabila sambungan kabel kurang cocok, Anda dapat menyambung kembali serta lalu mengikatnya dengan isolasi.

Namun bila sebagai biang persoalan yaitu roda gigi, maka harus Anda mesti menggantinya dengan yang baru. Terdapat banyak pemicu sisi itu aus. Pertama lantaran aspek umur penggunaan, serta yang ke-2, lantaran langkah perawatan yg tidak bagus.

Tips Anjuran: Sebaiknya bersihkan bagian2 wiper dikerjakan satu tahun sekali secara rutin.

4. Semburan air dari washer kurang

Masalah lain yang juga sering berlangsung yaitu semprotan air dari kepala washer yang ada di kap mobil kurang kuat, kecil, atau tidak pas. Seluruhnya masalah itu karena lubang di kepala washer yang terhalang.

Hal semacam itu berlangsung lantaran kotoran yang ada di tabung washer masuk serta menyumbat selang. Akar dari persoalan ini yaitu air di tabung penampung washer kotor. Oleh karenanya, sebelum saat berkendara di musim hujan, bersihkan tabung itu.

Langkah membersihkannya cukup mudah. Terlepas tabung itu, lalu campur pasir kerikil lalu kocok-kocok sampai kotoran yang melekat di dinding tabung hilang. Supaya betul-betul bersih, kerjakan cara tersebut sekian kali.

Kemudian, tiup selang dengan kuat serta bersihkan lubang kepala washer dengan memakai jarum. Sesudah lubang dibikin bersih, tiup selang sekali lagi. Bila sudah beres, lalu isi kembali tabung dengan air serta campur washer fluid ke dalamnya.

5. Ubah karet wiper apabila sudah aus

Langkah paling akhir dalam sistem kontrol wiper serta washer sebelum saat berkendara di musim hujan yaitu mencermati karet wiper. Apabila sudah aus atau mengeras, baiknya ditukar dengan karet yang lentur.

Karet yang mengeras, tak hanya mengakibatkan sapuannya pada air di permukaan kaca tidak rata, juga punya potensi mengakibatkan kaca mobil baret. Apabila itu berlangsung, cost pemulihannya cukup mahal.
Pentingnya Wiper dan Washer | Tri Sunenti | 5