Prinsip Dan Cara Kerja Mesin AC Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin AC Mobil

AC Mobil


Sistem cara kerja AC mobil dan siklus kerja system AC adalah sbb :
Cara Kerja Mesin AC Mobil

a. Kompresor mengkompresikan gas/uap refrigerant yang bertemperatur tinggi serta bertekanan tinggi lantaran menyerap panas dari evaporatorditambah panas yang dihasilkan waktu langkah pengeluaran (discharge).

b. Gas refrigerant mengalir ke dalam kondensor, didalam kondensor gas refrigerant dikondensasikan jadi cairan atau berlangsung pergantian situasi yakni pengembunan refrigerant.

c. Cairan refrigerant mengalir ke dalam receiver untuk disaring pada cairan refrigerant dengan oli hingga evaporator membutuhkan refrigerant untuk diuapkan.

d. Katup ekspansi turunkan desakan serta temperatur/suhu cairan refrigerant yang bertekanan serta bertemperatur tinggi jadi rendah.

e. Gas refrigerant yang dingin serta berembun ini mengalir ke dalam evaporator. Refrigerantmenguap serta menyerap panas dari angin luar atau berlangsung pengkabutan angin hingga suhu diluar bakal dingin.

Siklus Kompresi Uap System AC
Prinsip Dan Cara Kerja Mesin AC Mobil

Siklus Kompresi Uap System AC

· 1 – 2 Cairan refrigeran dalam evaporator menyerap panas dari sekitarnya, umumnya angin, air atau cairan sistem lain. Sepanjang sistem ini cairan mengubah memiliki bentuk dari cair jadi gas, serta pada keluaran evaporator gas ini di beri pemanasan berlebihan/superheated gas.

· 2 – 3 Uap yang di beri panas berlebihan masuk menuju kompresor di mana desakannya dinaikkan. Maka menyebabkan Suhu akan meningkat, karena sisi daya yang menuju sistem kompresi dipindahkan ke refrigeran.

· 3 – 4 Superheated gas bertekanan tinggi melalui dari kompresor menuju kondensor. Sisi awal sistem refrigerasi turunkan panas superheated gas sebelum saat gas ini dikembalikan jadi wujud cairan. Refrigerasi untuk sistem ini umumnya dicapai dengan memakai angin atau air. Penurunan suhu selanjutnya berlangsung pada pekerjaan pipa serta penerima cairan, hingga cairan refrigeran didinginkan ke tingkat lebih rendah saat cairan ini menuju alat ekspansi.

· 4 - 1 Cairan yang telah didinginkan serta bertekanan tinggi melintas lewat peralatan ekspansi, yang mana bakal kurangi desakan serta mengatur aliran menuju kondensor mesti dapat buang panas paduan yang masuk evaporator serta kondensor.

CARA KERJA AC MOBIL

Sistem Cara Kerja Mesin AC Mobil

Waktu berupaya mencari artikel untuk menaikkan koleksi serta mutu situs (blog) ini, saya temukan artikel yang cukup komplit untuk menuturkan langkah cara kerja Ac mobil dari sini, ini cuma beberapa untuk menghormati penulis yang sesungguhnya.

Langkah kerja ac mobil dibagi jadi tiga keadaan yakni :


Pada waktu ac mati

Pada waktu ac mobil baru dihidupkan dan

Pada waktu ac mobil telah lama hidup serta ruangan suhunya telah rendah

1. Waktu ac mobil mati

Pada waktu ini seluruhnya gas freon yang ada dalam system ac memiliki suhu serta desakan yang sama yakni desakan ada dikisaran 120 - 150 psi

2. Waktu ac mobil baru dinyalakan

gas freon ac mobil dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua system serta dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator jadi uap dingin yang lalu ditiup oleh angin blower ke semua kabin. pada step ini beban pendinginan pada ruangan tetap besar maka lubang pada expansivalve (D) membesar serta pengabutannya juga semakin banyak hingga pendinginan ruangan bakal lebih cepat terwujud.

3. Pada waktu ac telah lama nyala serta ruangan suhunya telah rendah

gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua sistem serta dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator jadi uap dingin yang lalu ditiup oleh angin blower ke semua kabin. pada step ini beban pendinginan pada ruangan telah terwujud maka lubang pada expansivalve mengecil serta pengabutannya juga lebih sedikit. waktu kedinginan telah meraih derajat spesifik kompresor bakal berhenti bekerja serta kemuadian bakal nyala kembali untuk mengawali sistem pendinginan

Demikian penjelasan singkat tentang cara kerja ac mobil, semoga mudah di pahami dan bermanfaat.
Prinsip Dan Cara Kerja Mesin AC Mobil | Tri Sunenti | 5