Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Matic | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara mengemudi Mobil manual ke Matic

Yang harus di ingat: Injak rem gunakan kaki kanan dan pencet tombol persneling gunakan jempol kiri
Cara Mengemudi Mobil Matic

Dalam contextnya Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Matic si pengemudi telah mempunyai SIM serta telah mempunyai pengalaman cukup, setidaknya mengerti cara atau pernah menyetir mobil manual. Ini lantaran ada banyak pengemudi yang tetap tidak menyukai mobil matic, terlebih lantaran sudah terlanjur manual dan banyak pengemudi matic mengalami kecelakaan, mungkin belum trampil atau juga human error. Yang peling mengejutkan bila ada pemgemudi terjun bebas dari gedung-gedung parkir.

Bukan rahasia umum bahwa keadaan lalulintas di Jakarta macet dimana-mana tanpa mengenal waktu, sewajarnya mesti gunakan matic saja agar tidak capek mengemudi kendaraan.

Cara Mengemudi Mobil matic memanglah dapat beresiko, bila belum memahami. Ya sebenarnya ingin matic atau manual tetap memiliki resiko kecelakaan di jalan raya! Mungkin lantaran matic suatu hal yang baru, maka kecelakaan mobil matic menjadi sorotan topik kecelakaan mobil, dan di kambing hitamkan.

Anyway busway, tahap pertama pengenalan pada matic.

Cara Mengemudi Mobil Matic

  1. Pedal kaki di matic hanya 2, gas serta rem tok
  2. Persneling tidak ada 1-4 sampai 1000 :D , ada ket tombol: P untuk parking di posisi ini mobil tak bisa di maju mundurkan. D untuk drive/Mengemudi, tombol N untuk normal serta R untuk reverse. Sebagian dari type dan jenis mobil matic mempunyai D1 dan D2, di gunakan untuk melimitkan perpindahan gigi saat jalan menanjak. Contoh Pada Mobil Nissan Juke, persneling tak ada D1, D2, tetapi yang ada hanya ”L”, fungsinya sama yaitu dipakai ketikan melewati jalan tanjakan.

Yang lain dapat disebut sama keseluruhan dengan mobil manual

Tips 1, mulai mengemudi


Untuk memindahkan gigi, injak rem terlebih dahulu, lalu tekan tuas persneling. Selanjutnya pindahkan, sebagai contoh start dari posisi P ingin maju, maka: injak rem, tekan tuas dan turunkan persneling dari P ke D.

Note: Hati-hati Sesudah masuk ke “D” saat rem Anda lepaskan maka mobil akan jalan pelan, walaupun tiada gas diinjak.

Jadi cara mengemudi mobil matic janganlah segera mencapai gas!

Step 2, saat menyetir mobil matic


Feeling untuk matic memiliki perbedaan dengan mobil manual. Saat mencapai pedal gas, akselerasi nampak di akhir.

Saat pedal gas anda angkat, mobil akan terus melaju

Menyetir Mobil matic bakal terus ada dorongan yang lumayan saat gas anda angkat. jadi Siap-siap untuk menahan pedal rem.

Step 3, saat stop


Bila lampu merahnya pendek saja, gigi tetap dapat di “D”, kaki kanan mencapai rem. Mobil tak lagi maju.

Perhatikan hal ini: bila tak berniat mengangkat kaki dari rem maka mobil bakal maju.

Bila lampu merahnya panjang serta kita mau mengistirahatkan kaki kanan, caranya sama, yakni dengan injak pedal rem dan tekan persneling serta pindahkan gigi dari “D” ke “N” dibarengi dengan rem tangan.

Panduan cara mengemudi mobil


Feeling saat naik mobil matic lain, ngegas bakal jadi ada sedikit delay, rem matic juga jadi tambah lebih pakem dari mobil normal. Injak sedikit maka mobil bakal berhenti, hati-hati ngerem mendadak.

Pakai cuma satu kaki saja yakni kanan untuk mencapai gas atau rem. Tujuannya agar pedal rem serta gas janganlah diinjak berbarengan.

Note: ingin gigi “D” untuk maju maupun “R” untuk reverse, demikian kaki melepas pedal rem, mobil bakal jalan walaupun dibawah 10 kpj.

Keterangan lebih lanjut dari mobil matic vs manual

Apakah matic itu lebih beresiko dari manual? Mungkin saja, lantaran aspek itu, di terlepas rem segera jalan serta juga gas sedikit segera jalan lebih kebut. Bila di transmisi manual paling-paling bila salah kelepas kopling mesin mobil bakal mati ditempat. Nyaris sama juga dengan motor matic, lantaran lebih gampang jadi mesti lebih hati-hati.

Tips Tambahan Cara Mengemudi Mobil Manual Ke Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic
Tips tambahan ila mobil berhenti kurun waktu lama serta mesin terus hidup (nunggu juragan membeli atau anak sekolah, dst) dianjurkan posisi transmisi ada di N, serta handbreak diaktifkan ….. posisi N maka olie mesin terus bakal bersirkulasi, bila posisi P maka transmisi terkunci serta olie mesin berhenti bersirkulasi.

Posisi “P” cuma dsaat mobil bakal di parkir P=Parking, serta posisi N (neutral), dipakai pada waktu posisi mobil berhenti sebentar (plus handbrake). butuh kehati2an jika beralih dari manual kematic, tekunin posisi tuas persneling, bila belum punya kebiasaan, lakukan lihat posisi persneling, serta satu lagi butuh diutamakan, kaki kiri 100% nganggur pada pemakaian mobil matic, cuma kaki kanan yang bekerja untuk rem serta gas. pada transmisi matic jenis triptonic tanggapan mobil benar-benar peka, serta perpindahan gigi berdsarkan pada desakan pedal gas, ingin akselerasi cepat tekan gas dalam2 maka perpindahan gigi ada pada RPM tinggi, sedang bila kita menghimpit pedal gas sedikit maka akselerasi bakal lembut, serta perpindahan persneling pada RPM rendah. janganlah lupa jika bakal berhenti serta meninggalkan mobil tarik handbrake serta pindahkan persneling ke posisi “P”, krn cuma pada posisi ini kunci kontak bisa dicabut.

  • Panduan buat matic-ers yang takut Parkir Paralel, soalnya jika di taro di P, mobil tidak bakal dapat didorong..
  • Caranya -
  • Parkir mobil dengan cara paralel..
  • Lalu, jika Posisi perseneling bukan hanya di P, maka kunci tidak bakal dapat dicabut, woles, taro posisi ke P dulu,
  • Sesudah cabut kunci nya, pencet tombol SHIFT LOCK (jika di yaris, jika di Jazz harus nuncepin kunci, umumnya ini deket2 sama tuas perseneling) …
  • Setelah itu telah tinggal taro deh ke posisi N

2 hal yang butuh diingat, pertama bila di mobil matic, cermati posisi tuas saat ingin hidupkan mobil. bila tuas di D atau 1 serta 2 mobil tidak ingin di start. jadi Kemungkinan mobil loncat waktu start tak berlangsung. bila di mobil manual, mesin terus ingin hidup walau gigi telah masuk, hingga bisa2 mobil meloncat.

ke-2, waktu mobil dilampu merah serta jalan menanjak, bila gigi telah masuk terserah di mana saja, ditanggung mobil tidak bakal mundur, (tidak sama dengan manual), bila stelan gas rendah mobil bila di tanjakan pasti diam, namun bila stelannya agak tinggi maka dia dapat jalan pelah, hingga butuh injak rem sedikit.
Tips Mudah Cara Mengemudi Mobil Matic | Tri Sunenti | 5