Tips Panduan Cara Cat Mobil Bag II | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Panduan Cara Cat Mobil Bag II

Tata cara langkah mengecat mobil haruslah di lakukan dengan cara yang benar, agar menghasilkan warna yang sempurna. Mengecat bodi mobil maupun motor umumnya melibatkan 2 tenaga profesional atau mereka yang pakar di bagian pengecatan kendaraan. Tenaga pakar pertama yaitu tukang dempul serta tenaga pakar yang lain yaitu tukang cat. Tetapi banyak juga jasa cat mobil melakukan kerjanya secara rangkap atau cukup melibatkan satu orang untuk dempul serta cat.

Cara kerja tukang dempul benar-benar mejadi bagian utama serta tak bisa dikira sepele, karena bagus tidaknya hasil pengecatan benar-benar tergantung dari kepandaian tukang dempul. pendempulan yang bagus bakal tampak padat serta tak bolong bolong. Bila hasil pendempulan tak rata pasti bakal punya pengaruh pada hasil akhir (sesudah pengecatan), hingga penampilan cat bakal mengecewakan. Bagaimana caranya dempul mobil yang benar.

Cara dempul mobil pertama2 harus membersihkan daerah yang bakal di dempul dari kotoran ataupun karat, hal ini bertujuan agar dempul bisa melekat dengan kuat. Bila anda ingin mengerjakannya sendiri Anda bisa membeli dempul di toko cat. Kemudian aduk dempul sampai rata serta lalu berikan dengan cara tidak tebal serta rata. Untuk hasil paling baik kerjakan pendempulan dengan gerakan searah. Setelah pendempulan selesai anda kerjakan kemudian di amplas mengunakan amplas halus untuk hasil yang lebih baik, dan jangan sekali kali anda memakai amplas (kertas pasir) kasar ketika melakukan finishing, bila anda tidak menginginkan hasil cat yang kasar juga.

Cat bodi mobil membutuhkan bahan cat spesial serta anda bisa membelinya di toko spesial cat mobil. Cat untuk mobil umumnya dimaksud cat duco dengan type NC DAN PU.
Cat bodi mobil membutuhkan bahan cat spesial serta anda bisa membelinya di toko spesial cat mobil. Cat untuk mobil umumnya dimaksud cat duco dengan type NC DAN PU. Cat PU harga nya bisa berkisar pada 100 sampai 300 beberapa ribu. Tetapi umumnya kita membelinya sesudah pengadukan yang dikerjakan oleh toko penjual cat mobil. Cat PU umumnya di jual dalam wujud READY MIX (warna biang).

Sekian juga dengan tukang cat. Tak sembarang orang bisa mengecat dengan cat semprot (spray gun). Cat semprot tidak sama dengan cat dengan memakai kuas. Mengecat dengan memakai kuas bisa disebut seluruhnya orang bisa mengerjakannya. Tak sekian dengan mengecat memakai spray gun, cuma orang orang spesifik (pakar) yang bisa mengerjakannya.

Walau anda orang pemula yg tidak tahu perihal langkah mengecat dengan memakai spray gun, tak ada kelirunya bila anda belajar serta coba, siapa tahu masa datang bisa menaikkan pendapatan anda.

Bahan bahan serta peralatan yang harus di siapkan sebelum mengecat

Kompresor  Spray gun  Dempul yang bagus  Amplas kasar serta halus (tentukan yang bahan kertas)  Poxy  Cat duco (sesuai sama warna)  Cat akhir (varnis/clear)  scrap atau kape untuk memoleskan dempul  Panduan langkah dempul mobil  Bersihkan serta amplas ( type kasar) sisi yang bakal dicat.

Kompresor
Spray gun
Dempul yang bagus
Amplas kasar serta halus (tentukan yang bahan kertas)
Poxy
Cat duco (sesuai sama warna)
Cat akhir (varnis/clear)
scrap atau kape untuk memoleskan dempul
Panduan langkah dempul mobil
Bersihkan serta amplas ( type kasar) sisi yang bakal dicat.

berikan dempul dengan cara rata serta tidak tebal. Saat memoleskan dempul kerjakan dengan cara perlahan-lahan serta konstan, janganlah terlampau cepat. Bila ada bolong bolong ulangilah sampai rata serta halus. Tunggulah sampai 1/2 kering. Lalu dempul lagi sampai ketebalan sesuai sama yang di idamkan.

Tunggulah sampai kering hingga bisa di amplas.


Amplas dengan memakai amplas kasar sampai memiliki wujud yang di idamkan. Untuk hasil lurus baiknya pakai media plat/lempengan yang ditempelkan pada amplas.

Ulangilah pengamplasan dengan amplas halus. (sebaiknya dengan memakai air).

Cermati akhirnya, bila tetap ada lobang maupun bergelombang, ulangilah pendempulan lagi.

Sesudah memiliki hasil yang prima, tunggulah sampai kering.

Sesudah dempul benar benar kering, maka menuju ke step selanjutnya yakni pengecatan. Tetapi sebelum saat pengecatan baiknya semprot dahulu dengan poxy serta sesudah kering amplas (ukuran 2000) dengan memakai air, hingga terlihat halus serta rata.

Panduan langkah cara cat mobil

Beberapa besar warna cat mobil tidaklah warna basic, hingga anda belum pasti memiliki warna cat mobil yang sesuai sama dengan hasrat anda. Karenanya baiknya anda beli cat pada toko spesial cat duco. Tentukan mutu cat duco yang bagus. Harga cat mobil berkisar pada 50 ribu sampai 100 beberapa ribu.

Beberapa besar warna cat mobil tidaklah warna basic, hingga anda belum pasti memiliki warna cat mobil yang sesuai sama dengan hasrat anda. Karenanya baiknya anda beli cat pada toko spesial cat duco. Tentukan mutu cat duco yang bagus. Harga cat mobil berkisar pada 50 ribu sampai 100 beberapa ribu.

Saat anda beli cat duco tak perlu anda membawa kendaraan yang bakal dicat. Anda bisa melepas tutup bahan bakar serta bawa ke toko cat duco untuk memiliki warna cat yang persis sama. Belilah cat mobil sesuai sama keperluan saja, lantaran beli cat mobil tak mesti 1 kaleng, anda bisa membelinya juga cuma 1 kaleng kecil. Janganlah lupa sekalian beli tinner yang setara dengan mutu cat yang anda beli.

Sebelum saat lakukan pengecatan ingin cermati sisi yang ingin dicat. Yakinkan telah tak ada lagi goresan atau lobang kecil kecil di bagian bodi mobil tersebut.
Tips Panduan Cara Cat Mobil Bag II | Tri Sunenti | 5