Tips Panduan Cara Mengganti Ban Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Panduan Cara Mengganti Ban Mobil

Ban Mobil


Cara mengganti ban mobil yang bocor atau pecah merupakan satu diantara hal mendasar yang perlu di ketahui oleh pengemudi mobil. Bila anda belum pernah melakukan ganti ban mobil pada mulanya, saran saya anda selekasnya pelajari caranya lantaran info ini juga bakal sangat bermanfaat ketika tidak ada bengkel terdekat. Seperti pecah ban saat mengemudi mobil dan tidak ada seorang pun di sekitar Anda yang dapat menolong, maka Saat itulah keterampilan mengganti ban mobil sendiri Anda diperlukan.
Peristiwa ban mobil bocor atau pecah barangkali sempat kita alami. Pasti susah dipikirkan bila kita tak mempunyai pengetahuan apa pun perihal langkah cara ganti ban mobil sendiri. Artikel ini bakal memberi tips panduan mengganti ban mobil dimulai dari persiapan sampai anda siap meneruskan kembali perjalanan.

Peristiwa ban mobil bocor atau pecah barangkali sempat kita alami. Pasti susah dipikirkan bila kita tak mempunyai pengetahuan apa pun perihal langkah cara ganti ban mobil sendiri. Artikel ini bakal memberi tips panduan mengganti ban mobil dimulai dari persiapan sampai anda siap meneruskan kembali perjalanan.

Berikut Tips Ganti Ban Mobil Bocor Maupun Pecah


Persiapan Keamanan Mobil


  • Parkirlah di segi jalan atau mencari tempat yang rata serta agak luas. Hal semacam ini utama lantaran bakal benar-benar beresiko bila kita ganti ban di jalanan yang cukup ramai.
  • Yakinkan mobil tak bergerak. Bila mobil memakai transmisi manual letakkan transmisi pada gigi 1 atau R (reverse) serta tariklah rem tangan. Bila mobil anda bertransmisi automatis letakkan pada posisi P (Parking).
  • Bila mobil ada pada tanjakan, letakkan ganjal pada ban mobil dengan benda keras seperti batu atau kayu.
  • Nyalakan lampur hazard serta letakkan segitiga pengaman sebagian mtr. di belakang mobil.
  • Bila di mobil ada buku manual, bacalah buku itu dulu, lantaran banyak info utama yang bakal benar-benar menolong anda.


Menyiapkan Perlengkapan


Tersebut sebagian perlengkapan yang telah umum ada di mobil. Alat-alat ini adalah perlengkapan standard yang semestinya kita punyai. Letakkan alat-alat ini di dekat tempat bekerja kelak supaya gampang dijangkau.
Ban Mobil
Ban Mobil

Ban Cadangan
Baiknya pakai ban cadangan bawaan mobil itu sendiri.
Kunci Roda
Bisa dipakai juga kunci lain sepanjang ukurannya sama juga dengan baut roda mobil.
Dongkrak Mobil
Dongkrak portable yang umum ada pada mobil benar-benar pas untuk dipakai pada waktu darurat seperti ini.


Pelaksanaan Cara mengganti Ban Mobil


  • Buka penutup roda. Bila sedikit susah cungkil penutup dengan memakai obeng.
  • Kendorkan baut-batu roda memakai kunci roda dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Kendorkan dengan cara pola ber X (silang), jika ada 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri serta kanan. Baut cukup dikendorkan, jangan sempat lepas dahulu.
  • Gunakan dongrak mobil pada posisi yang disarankan oleh buku manual. Bila anda tak mempunyai buku manual, carilah suatu Cekungan (atau benjolan) kecil atau sejenis sinyal dibagian bawah mobil. Cekungan (atau benjolan) ini biasanya ada sedikit di belakang roda depan serta di depan roda belakang. Cekungan (atau benjolan) ini biasanya sudah dipunyai oleh mobil-mobil waktu ini.
  • Yakinkan dongkrak pada posisi tegak lurus dengan tanah, lalu naikkan dongkrak sampai roda terangkat serta gampang dilepaskan nanti. Bila waktu menambah dongkrak posisinya tampak tak stabil, turunkan dahulu serta perbaiki persoalannya.
  • Saat ini bebaskan seluruhnya baut roda serta kumpulkan baut pada satu tempat.
  • Tariklah ban keluar perlahan-lahan dari dudukannya serta tempatkan pada posisi tidur. Bila ban mobil jadi terlampau berat coba mencari pertolongan.
  • Letakkan ban cadangan pada posisinya serta doronglah masuk sembari menggoyangnya perlahan-lahan. Yakinkan posisinya telah cocok serta pas waktu anda memasukkannya.
  • Gunakan kembali baut, putarlah searah jarum jam dengan jari tangan sampai jadi telah mentok. Baut janganlah dikencangkan dahulu, lantaran bila anda mengerjakannya, ban bakal turut berputar.
  • Turunkan dongkrak sampai roda seutuhnya menyentuh tanah.
  • Kencangkan seluruhnya baut dengan pola bersilang. Putarlah searah jarum jam dengan kunci roda. Yakinkan baut sudah kencang dengan meletakkan kunci roda dengan cara horisontal serta cobalah pijaklah batang kunci roda dengan kaki.
  • Sesudah usai, letakkan ban yang bocor atau kempes ditempat ban cadangan dan taruh kembali seluruhnya perlengkapan ditempat awal mulanya. Saat ini anda siap untuk meneruskan perjalanan.

Sekian tips mudah perihal cara mengganti ban mobil sendirian. Semoga bisa berguna untuk Pembaca semua.
Tips Panduan Cara Mengganti Ban Mobil | Tri Sunenti | 5