Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Pemula | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Periksalah ban anda dengan teratur

Senantiasa teliti ban mobil anda sebelum saat mengemudi. Periksalah hal tersebut dengan jeli : Jaga desakan angin ban. Desakan angin yang benar ditata oleh pabrik mobil serta bisa ditemukan dibalik pintu, kotak samping pintu, kotak dashboard atau pintu bahan bakar. Juga tercatat di buku manual. Angka yang tercetak di segi ban bukan hanya desakan angin yang di rekomendasikan untuk ban anda…hal itu yaitu kekuatan ban terima beban optimal desakan angin. Anda mesti lakukan penelusuran desakan sekurang-kurangnya sekali satu bulan. Teliti juga kedalaman tapak. Tapak yang terbaik bakal membuat perlindungan anda dari tergelincir/slip serta aquaplaning/genangan/banjir.

No Ngebut

Waktu hujan turun, air bakal bercampur dengan kotoran, minyak yang bikin jalan jadi licin serta gampang tergelincir. Langkah paling baik menghindarinya dengan mengemudi perlahan. Hal semacam ini bakal memudahkan ban anda sesuaikan dengan pergantian cuaca, untuk daya cengekeram lebih terbaik.
tips aman mengemudi mobil

Mengatur mobil waktu tergelincir

Tergelincir bisa berlangsung pada seluruhnya pengemudi. Jika anda merasakannya, ingatlah tidak untuk mencapai rem mendadak. Janganlah mencapai rem berkali-kali apabila mobil ande dilengkapi anti-lock braking sistem (ABS). Tetapi, injaklah rem dengan hati-hati serta desakan yang pas supaya stir serta rem bisa sesuaikan dengan situasi waktu tergelincir.

Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Mengemudi waktu jalan basah dianjurkan supaya waspada – stir, (clutch), rem serta pedal gas – serta beberapa hal yang membahayakan. Waktu anda mengawali perjalanan dalam cuaca hujan, sepatu anda dapat basah serta licin waktu mencapai pedal gas. Keringkan alas kaki anda sebelum saat mengendarai mobil. Kendaraan mesti dalam keadaan terbaik, telitilah keadaan lampu besar, lampu samping, lampu rem serta system indicator bekerja terbaik. Waktu hujan lakukan pengereman bakal jadi tiga kali lebih lama dibanding waktu kering/panas. Cermati jarak kendaraan, lantaran anda butuh ada di belakang mobil yang ada di hadapan anda dengan jarak lebih jauh. Jagalah jarak sekurang-kurangnya dua mobil di depan anda hingga ada jarak yang cukup.

Ikutilah jalur kendaraan di depan anda

Jauhi memakai rem. Berusahalah untuk kurangi kecepatan dengan kurangi desakan pada pedal gas. Nyalakan lampu besar, sekalipun hujan rintik2. Tidak cuma anda yang bakal gampang lihat, tetapi kendaraan lain akan gampang lihat anda.

Buat persiapan perjalanan anda

Mengemudi waktu hujan membutuhkan perlakuan yang hati-hati pada alat-alat utama dalam mengemudi – stir – (clutch), rem dam pedal gas – serta kemungkinan kekeliruan lain yang dapat berlangsung. Waktu anda mengawali perjalanan dalam keadaan hujan, alas sepatu anda mungkin basah serta licin waktu mencapai pedal gas. Keringkan alas sepatu anda sebelum saat mulai mengemudi. Kerjakan penelusuran teratur pada manfaat lampu besar, lampu samping, lampu rem serta system indicator bekerja dengan terbaik.

Hindari serta mengatur aquaplaning – banjir

Aquaplanning bisa berlangsung waktu air yang ada di depan anda mengalir kencang menuju ban anda yang bisa mengangkat ban anda serta mengarahkannya keluar jalur. Desakan air bisa menyebabkan mobil anda meluncur serta mengambang karena ada air di antara jalan serta ban. Pada sat ini, kendaraan anda tak bisa menyentuh jalan/mengambang, serta anda dalam situasi bahaya yang bisa mengakibatkan tergelincir atau tenggelam keluar dari jalur. Untuk hindari aquaplaning jagalah desakan ban, ubahlah ban anda apabila tak akan layak digunakan, pelankan kendaraan waktu jalanan basah, jauhi genangan air. Coba ikuti jalur mobil yang ada di depan anda. Apabila anda terjerat dalam aquaplaning, janganlah mencapai ban mendadak. Hal semacam ini bisa menyebabkan anda tergelincir. Kurangi takanan gas anda sampai mobil melambat serta anda bisa rasakan mobil anda menyentuh tanah kembali. Apabila anda butuh mencapai rem, kerjakan perlahan-lahan dengan gerakan memompa. Apabila mobil anda mempunyai ABS, rem-lah seperti umum, computer mobil anda bakal lakukan mimic action, waktu dibutuhkan.

Apabila hujan lebat, berhentilah!

Hujan lebat bisa mengganggu wiper anda, air hujan yang deras bakal tutup kaca depan mobil anda. Waktu pendangan jadi terbatas serta anda tak bisa lihat bahu jalan atau kendaraan lain dengan jarak yang aman, waktunya anda untuk menepi serta menanti hujan reda. Berhentilah pada tempat yang aman serta pas. Apabila mesti berhenti di bahu jalan, berhentilah secepatnya serta tunggulah sampai badai mereda. Terus nyalakan lampu besar serta lampu hazard supaya gampang tampak kendaraan lain.

Hujan pertama bikin jalan benar-benar licin

Hujan pertama bikin susah mengemudi, lantaran tanah, minyak dari jalan bercampur dengan air serta membuat susunan yang licin. Pengemudi memiliki pengalaman bakal kurangi kecepatan, serta waspada pada saat-saat awal hujan turun.

Angin mendung kurangi jarak pandang

Berhati-hatilah waktu melalui kendaraan lain

Keringkan rem anda sesudah terkena air

Apabila waktu anda mengemudi melalui genangan air yang cukup dalam, rem anda bakal basah, ijaklah rem anda perlahan-lahan untuk mengeringkannya.

Janganlah mengemudi apabila lelah

Berhentilah sekurang-kurangnya sebagian jam sesudah mengemudi untuk beristirahat.

Cermati keadaan kesahatan, waspada waktu mengemudi didalam kota

Anda membutuhkan pengelihatan serta pendengaran yang terbaik, anda juga mesti waspada serta tanggapanif. Janganlah sempat berkendara apabila anda barusan meminum mimuman alkohol ; minum obat dari resep dokter atau dari toko obat bisa menyebankan ngantuk ; tengah dalam dampak obat apa pun yang bisa memengaruhi kemampuan serta persepsi anda dalam situasi benar-benar capek atau emosional Segalanya itu bisa menyebabkan kelalaian.

Perlahan-lahan

Cermati kecepatan anda. Berkendara pada kecepatan rendah bakal berikan saat untuk anda untuk bereaksi pada kondisi yg tidak terduga.

Cermati keadaan cuaca waktu mengemudi

Tidak cuma pada musim hujan anda mesti mencermati keadaan kendaraan, tetapi juga pada keadaan cuaca yang berbeda2. Kabut, hujan lebat, panas serta silau, membutuhkan sebagian penyesuaian serta pemeliharaan. Untuk selanjutnya, konsultasilah dengan mekanik mobil Anda.

Mengemudi nyaman pada malam hari

belajar menyetir mobil
Mengemudi saat malam hari bisa jadi hal yang mengasyikkan tetapi tetaplah cermati beberapa hal yang terkait dengan jarak pandang yang rendah.
Beberapa hal yang mendasar :
  • Nyalakan lampu besar serta lampu kecil pada waktu mengemudi malam hari.
  • Kecilkan lampu waktu kendaraan lain melintas di seputar 200 mtr. dihadapan anda, atau waktu anda ada di belakang kendaraan lain.
  • Apabila kendaraan anda alami rusaknya, terus nyalakan lampu supaya kendaraan lain bisa lihat anda dengan terang.
  • Nyalakan lampu hazards apabila barangkali menepilah.
  • Jauhi berhenti dalam posisi jalan alami penurunan. Mobil dibelakang anda kemungkinan tak bisa lihat anda berhenti serta menyebabkan fatal.
  • Cermati rambu-rambu jalan raya dengan terbaik apabila mengemudi pada malam hari.
Tips Aman Mengemudi Mobil Bagi Pemula | Tri Sunenti | 5