Cara Isi Freon AC Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Isi Freon AC Mobil

Freon Ac Mobil yang bagus dapat bermanfaat untuk melindungi suhu angin dalam kendaraan dengan lebih baik, hingga udara dalam ruangan mobil menjadi sehat saat di hirup. Maka bisa anda pastikan sendiri bahwa cara kerja AC mobil yang tak optimal dari segi udara, salah satu pengoptimalanya adalah dengan cara mengisi freon. Di lain waktu hanya tinggal melakukan service dan pengisian ulang.

Dengan cara umum saat AC mobil sudah tak dingin, sering kali kita isi freon untuk mobil kesayangan. Pendapat ini sebenarnya tak salah juga tak selalu benar. Karena dinginnya angin yang keluar dari sistem kerja AC mobil tak semata mata memerlukan pengisian freon. Di dalam AC mobil ada banyak komponen yang berkaiatn satu sama lain untuk menghasilkan udara yang dingin dalam kabin kendaraan. Seandainya dari satu diantara komponen AC tak bisa berfungsi dengan baik, bisa di pastikan sistem udara dari blower (kipas) menghasilkan udara yang tak sesuai keinginan, atau suhu udara di dalam mobil kurang dingin.

Cara mengisi freon mobil

Sebelum saat anda memutuskan isi freon AC mobil anda, maka baiknya mencermati serta meyakinkan cara kerja dari seluruh sistem komponen di dalam AC mobil normal. Komponen sistem AC mobil antara lain seperti: kondensor, kompresor, expansion valve, evaporator, serta fan blower. Ketahui cara kerja komponen AC mobil.

Sebelum saat anda memutuskan isi freon AC mobil anda, maka baiknya mencermati serta meyakinkan cara kerja dari seluruh sistem komponen di dalam AC mobil normal. Komponen sistem AC mobil antara lain seperti: kondensor, kompresor, expansion valve, evaporator, serta fan blower. Ketahui cara kerja komponen AC mobil.

Hal pertama yang perlu anda kerjakan untuk isi freon AC mobil yaitu teliti terlebih dulu setiap aliran refrigerant yang tampak pada sight glass. Bila tampak gelembung gelembung yang nyaris penuhi kaca sight glass bermakna freon ac perlu di isi. Namun bila dalam sight glass tampak seperti air mengalir, maka hal semacam ini mengisyaratkan bahwasanya freon AC mobil anda tetap cukup serta tak perlu mengisinya.

Saat isi freon sudah di lakukan namun tak bisa mendinginkan ruangan kabin kendaraan, maka kemungkinan ada satu diantara komponen AC mengalami sedikit masalah. Jadi sebaiknya sebelum melakukan langkah tersebut lakukan service terlebih dahulu atau setidaknya dengan memastikan penyebab udara kurang dingin.

Sebenarnya tak ada yang susah meneliti cara kerja komponen AC berfungsi dengan bagus /tidak, karena setiap komponen AC memiliki ukuran besar serta terlihat. Bila terjadi kebocoran bisa di cek menggunakan air untuk teliti kebocoran selang AC.

Kemungkinan lain kompresor punya masalah. Cermati putaran kompresor AC. Kompresor AC umumnya ada di dekat mesin utama serta melekat pada mesin. Putaran kompresor AC mobil ikuti putaran mesin kendaraan dengan sambungan fan belt. Anda bisa teliti kompresor AC mobil dengan memegang bodi kompresor serta cermati getaran serta suara kompresornya. Bila getaran halus serta hampir tiada suara maka hal semacam ini mengisyaratkan tetap bagus.

Kemungkinan lain ada persoalan di evaporator yang alami kebocoran. Tetapi umumnya evaporator tidak sering sekali bocor lantaran letaknya ada didalam dashboard mobil. Hal yang paling kerap berlangsung malah evaporator tertutup oleh debu tidak tipis hingga kurang bisa mengalirkan angin dingin.

Hal inilah yang kerap dilupakan oleh beberapa besar yang memiliki mobil ataupun tukang servis AC mobil. Tertutupnya evaporator oleh debu bisa menyebabkan kerja AC mobil tak optimal. Lantaran bagaimanapun juga hembusan angin yang melalui evaporator tak lagi beralih jadi dingin, lantaran kisi kisi evaporator tak dingin.

Terdapat banyak merk mobil yg tidak melengkapi filter angin pada fan blower AC mobil yang ada di dalam kabin (dashboard), hingga fan blower itu dapat juga menyedot debu serta bisa menyebabkan pada tertutupnya kisi kisi evaporator oleh debu. Satu diantaranya yaitu xenia th. 2006, hingga anda mesti memodifikasi fan blower AC xenia agar angin yang masuk ke evaporator bersih. Untuk menghindar system AC mobil anda punya masalah, maka anda baiknya menjaga system AC mobil anda, hingga umur AC kendaraan anda jadi lebih lama.

Cara merawat AC yang baik dan benar selain bermanfaat saat isi freon mobil juga dapat membantu Anda menekan budget service. Sebenarnya di halaman lain selain sudah saya bahas mengenai sistem kerja juga sudah ada posts cara perawatanya disini, namun agar memudahkan anda berikut 10 ulasan utuk melengkapinya:

Cara Merawat Sistem AC Mobil


Berkendaraan Mobil bakal jadi nyaman, bila pendingin angin (AC) bekerja prima. Telah jadi satu keperluan terlebih dikota besar seperti Jakarta bila AC ngadat atau tidak dingin, situasi juga jadi serba salah kaca jendela bila di buka, persoalan keamanan, debu serta asap kendaraan bakal masuk, tetapi bila ditutup ruangan bakal jadi panas serta pengap, masalah pada AC umumnya karena kurang perawatan. Panduan di bawah ini bisa menolong Anda lakukan perawatan AC sendiri sebelum saat keadaan AC jadi rusak berat :
  • Jagalah senantiasa kebersihan kabin dari debu serta kotoran. Terlebih karpet 2 lembar yang didepan lantaran bakal tersedot kedalam evaporator (lembab) hingga berlangsung jamur serta spora benar-benar tak terbaik buat kesehatan, serta menyebabkan bau yg tak enak apabila pertama kali AC dihidupkan.
  • Waktu membersihkan mobil, buka kap mesinnya serta semprotkan air yang kencang di bagian Condensor AC (yang memiliki bentuk serupa radiator serta umumnya terdapat didepan radiator) kotoran atau debu yang melekat apabila dilewatkan bakal mengeras dapat menyebabkan korosi atau keropos hingga jadi bocor di bagian kondensor.
  • Menentukan tempat parkir yang teduh bila parkir kendaraan kurun waktu yang cukup lama, Lantaran bila ditempat panas umumnya cocok pengemudi masuk, area dalam cukup panas serta menyebabkan memerlukan sistem pendinginan yang lama. Diluar itu beban pendinginan waktu mobil jalan juga turut tinggi.
  • Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup apabila Ac dihidupkan. Apabila tak selekasnya ubah, bakal menyebabkan Compressor rusak atau selang high press dapat meledak.
  • Janganlah merokok didalam mobil lantaran asapnya dapat mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket serta berlendir dan menyebabkan bau tidak enak serta sulit hilang.
  • Janganlah mengoptimalkan beban AC waktu kendaraan melaju kencang dengan turunkan temperaturnya.
  • Sebelum saat menghidupkan mesin matikan AC terlebih dulu, setelah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitu juga sebaliknya, matikan AC terlebih dulu apabila ingin matikan mesin.
  • Janganlah menggunakan pengharum aroma yang kualitasnya kurang terang, bakal menyebabkan bau serta sulit dibikin bersih. Serta janganlah menggunakan pengharum jenis colok ke grill karena kerap berlangsung patah. (lantaran beberapa Grill sulit bisa dibeli dipasaran).
  • Bila ada tanda-tanda yg tidak umum seperti AC kurang dingin lebih terbaik selekasnya ke bengkel specialist ac mobil, supaya tak terlanjur rusak yang menyebabkan cost tinggi.
  • Kerjakan perawatan teratur AC। Benar-benar dianjurkan satu tahun sekali, yang butuh ditukar Receiver Dryer, Oil Compressor, Evaporator, services Blower, menguras Condensor serta Freon. Perawatan teratur di samping perpanjang manfaat Componen AC jadi lebih lama, akan bikin angin fresh yang berembus senantiasa fresh.

Freon ac mobil yang bagus

Harga Freon ac mobil, belum tentu merupakan yang paling bagus karena setiap orang memiliki nilai pandang dari sisi yang berbeda-beda. Dan berikut ini saya ada 2 rekomendasi untuk Anda:

1. FREON R134A MERK KLEA

Yaitu type freon R134 A. serta waktu ini adalah type serta merk yang lebih mahal di banding merk yang lain. sudah pasti freon merk ini memiliki keunggulan 2, yakni adalah freon 100 Persen murni R134 A serta memiliki effek dingin yang bagus, dipasaran harga untuk pengisian type freon ini lebih mahal sedikit di banding type merk freon lainnya

2. FREON R 134 A MERK REFRIGERANT

Freon AC mobil ini adalah type serta merk freon yang paling banyak digunakan untuk bengkel AC MOBIL. lantaran harga freon ini tak demikian mahal serta terjangkau dengan harga pengisian untuk bengkel ac rata rata sama jikalau selisih bedanya tak terlampau jauh, serta untuk mutu dinginya juga bagus

Demikian Cara isi freon dan merawat AC mobil, di lain waktu akan saya bahas lebih banyak lagi. Nantikan Posting Artikel selanjutnya mengenai fungsi komponen ac kendaraan.
Cara Isi Freon AC Mobil | Tri Sunenti | 5