Cara Merawat AC Mobil Sendiri | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Cara membersihkan evaporator ac mobil adalah dengan cara menyemprotkan air ke blower maka air akan keluar melalui selang pembuangan. Cara agar lebih maksimal terlebih dahulu harus bersihkan memakai kuas atau alat pembersih AC, bisa Anda dapatkan di supermarket. Namun untuk merawat AC tidak cukup hanya dengan membersihkan evaporator dan blower, berikut ini akan saya tuliskan tips lengkapnya untuk Anda.

Panduan serta langkah penelusuran pada system ac mobil, Servis Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil sendiri, barangkali itu yaitu pertanyaan yang umum bila kita serba mau tahu dengan apa yang kita punyai seperti keadaan ac mobil kita satu diantara misalnya.

Untuk yg tidak ingin ribet lantaran repot dengan aktivitas, masalah lain yang tambah lebih utama, sudah pasti panduan servis ac mobil sendiri ini tak bermanfaat lantaran lebih terbaik mempercayakan pada bengkel services ac.

Didalam system ac mobil adalah paduan sebagian parts, peralatan atau komponen yang bekerja hingga kita dapat mengatur suhu kabin serta membuahkan angin dingin pada kabin mobil.

Cara Membersihkan dan merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil Sendiri
Tersebut disini panduan kontrol, penelusuran atau servis ac mobil secara detail pada seluruhnya komponen ac mobil.

Langkah 1st Periksa Keadaan Kerja Kompressor AC Mobil

Kompressor ac mobil terdiri jadi dua komponen utama yakni kompressor serta magnetic clutch. Periksa keadaan Kompresor ac
Untuk kompressor ac sebagian point yang butuh di kerjakan kontrol yaitu periksa keadaan fisik, apakah ada oli yang melekat pada dinding kompressor, bila ya bermakna berlangsung kebocoran pada kompressor, namun juga butuh untuk mencari tahu dari tempat mana datangnya oli apakah dari kompresor ataukah dari mesin.

Sisi sisi dari kompressor ac yang umum jadi pemicu bocor freon yang bercampur dengan oli salah satunya pada packing pada front cover serta back cover, sambungan pipa ac pada kompressor terbaik pipa low ataupun pipa high, reliev valve atau seal shaft compressor.

Sedang kontrol kerja kompressor ac dalam memompa refrigerant dapat dipandang dengan memakai manometer gauge ac mobil.

Ke 2 Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Kopling magnet pada kompresor ac mobil berperan untuk mengubungkan putaran mesin lewat puli kompressor. Pada gambar kompresor ac mobil diatas ada puli, armature assembly atau center piece dan ada gulungan spull didalam puli, dengan cara berbarengan di sebut untuk magnetic clutch assy atau kopling magnet ac mobil. Tengok juga test kerja magnetic clutch..

Kontrol untuk kopling magnet ini dapat dipandang dengan cara fisik salah satunya armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet saat ac hidup, cermati gerakan waktu terhubung apakah segera terhubung atau selip terlebih dulu. Cermati juga bunyi waktu terhubung apakah terdengar keras atau lemah.

Bila waktu terhubung terdengar bunyi keras besi sama besi berati sudah berlangsung keausan permukaan armatur assembly dengan permukaan puli, atau ada jarak atau celah yang terlampau jauh (tengok gambar kompresor di atas). Serta disebabkan dari jarak yang terlampau jauh bakal membawa disebabkan terkadang terhubung serta terkadang tak terhubung terlebih bila suhu kompresor telah panas, lantaran kekuatan magnet untuk menarik center piece menyusut waktu panas.

Serta hal semacam ini kita bakal rasakan ac terkadang mati serta ac terkadang hidup untuk disebabkan celah pada center piece serta permukaan puli yang terlampau jauh. Jarak pada puli serta center piece yang terbaik ada diantara 0, 25mm hingga 0, 5mm.

Jarak atau celah center piece dengan permukaan puli kompresor ditata oleh ketebalan ring plat yang dipakai pada center piece dengan shaft atau as kompressor. Berubahnya jarak ini umumnya lantaran memanglah telah waktunya pergantian spare part ac itu.

Hal di atas dikarenakan lantaran pada waktu ac mobil dihidupkan permukaan center piece yang diam dengan cara tiba-tiba terhubung dengan permukaan puly yang berputar terus-menerus. Serta ini berlangsung tiap-tiap ac mobil on serta off, sudah pasti ada saat pakainya.

Jarak pada puli serta center piece yang terlampau jauh dengan sinyal bunyi keras waktu center piece terhubung pada sebagian merk kompressor ac juga menyebabkan armature assembly dapat putus pada plat pegas, selain itu bila jarak terlampau jauh kemungkinan kemagnetan dari magnetic clutch tak mampu menarik center piece waktu keadaan panas.

Kontrol Kondensor AC

Dengan cara fisik kontrol kondensor ac dapat di kerjakan dengan lihat sirip-sirip pada kondensor adakah ada basah oli ac yang mengisyaratkan ada kebocoran pada kondensor dan periksa adakah tampak sirip tertekuk atau kotoran yang kurangi pendinginan kondensor.

Periksa Pipa-Pipa AC serta Slang Flexible

Teliti pipa ac terbaik pipa flexible atau pipa aluminium dari kemungkinan bocor maupun kemungkinan bergesekan dengan sisi mobil yang lain, yang dapat jadi pemicu terjadinya kebocoran.

Periksa atau teliti sambungan-sambungan dari kemungkinan bocor yang ditandai dengan tampak basah oleh oli ac pada sambungan pipa ac itu.

Periksa Valve dari kebocoran, hal yang sama dapat juga dipandang bila berlangsung bocor pada service valve bakal tampak basah dengan bekas (second) oli di seputar servis valve (pentil pada pipa ac untuk isi serta buang freon) itu, sebelumnya pastikan dulu Anda sudah mengetahui cara mengganti freon ac mobil.
Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Kontrol Receiver Drier

Receiver drier ini berperan untuk menyaring kotoran supaya tak maju ke katup expansi, untuk ac mobil dengan jenis receiver drier yang terpisah dari kondensor dilengkapi dengan sight glass serta pressure switch.

Untuk kontrol receiver drier jenis terpisah dengan kondensor yang umumnya bertipe T atau jenis L, periksa juga dari kemungkinan bekas (second) oli ac di seputar sambungan IN serta OUT lantaran di bagian ini kerap juga berlangsung kebocoran freon atau oli ac lantaran sil yang mengeras maupun sambungan pipa ac yang terhubung kurang keras.

Butuh dipandang juga keadaan freon lewat sight glass yang ada pada atas receiver drier apakah sight glass tampak bersih atau hitam, bila tampak kehitaman pikirkan untuk pergantian receiver drier serta periksa ac mobil dengan cara seluruh ke bengkel servis ac mobil.

Untuk kabel pressure switch periksa keadaan soket dan kabel yang terhubung apakah tampak dalam keadaan terhubung dengan terbaik atau tak.

Kontrol pada Expansi Valve

Ekpansi Valve atau katup expansi pada ac mobil ada banyak type, type atau jenis expansi valve yang dapat kita periksa kondisinya dari luar yaitu katup expansi yang bebentuk kotak.

Meskipun expansi berupa kotak ini juga ada juga yang di letakkan didalam rumah evaporator, bergantung konstruksi evaporator. Misal pada umumnya mobil dari Toyota ekspansi Valve ini dapat dipandang dari luar, dan gampang untuk bongkar gunakan tiada buka Evaporator.

Serta untuk penelusuran dengan cara gampang yaitu dengan lihat keadaan dengan cara fisik apakah ada bekas (second) oli ac yang ada di seputar katup expansi itu yang mengisyaratkan sudah berlangsung bocor pada seal sambungan pipa ac.

Sedang jenis katup expansi yang terdapat didalam rumah evaporator, kita tak dapat lihat ondisi dengan cara fisik, namun dapat dipandang kerja nya dari desakan yang di ukur, untuk yang ini barangkali seluruhnya orang tak dapat lihat kondisinya terkecuali teknisi.

Kontrol Evaporator AC Mobil

Evaporator Ac mobil Kijang Innova

Kontrol atau penelusuran lewat cara gampang keadaan Evaporator dapat dikerjakan dengan rasakan hembusan angin lewat grill ac.

Bila jadi angin kurang kencang serta dampak yang diakibatkan nya ialah ac kurang dingin atau kadang-kadang angin tak keluar untuk sebagian jenis ac mobil, tak ada kelirunya lakukan pembersihan evaporator lantaran kotor.

Kontrol Blower Ac

Penelusuran blower dengan cara gampang dapat juga dikerjakan dengan dengarkan putaran blower apakah terdengar kasar ataukah ada suara-suara lain dari blower. Semisal yaitu ada dedaunan kering yang masuk ke blower maupun bunyi blower yang dikarenakan oleh bushing motor blower yang telah aus. Hingga waktu ac hidup terdengar bunyi yang keras dari motor blower ini.

Kontrol Fan Kondensor

Fan kondensor maupun sebagai satu dengan fan radiator butuh kita periksa juga kecepatan hembusan angin, arah hembusan angin dan keadaan soket kabel pada fan condensor itu. Untuk hal semacam ini bila fan condensor mati pada sebagian jenis mobil jadi pemicu naiknya temperatur mesin saat ac dihidupkan.

Kontrol Drive Belt

Drive belt pada ac mobil menghubungkan pada puli kompressor ac dengan puli cranksaft mesin. Penelusuran dapat dikerjakan dengan lihat keadaan apakah tampak retak-retak atau tetap terbaik, bila tampak retak, langkah sebaiknya yaitu di ubah, hindari putus di dalam jalan. Lantaran drive belt ac mobil ini pada sebagian merk serta jenis mobil menyatu dengan putaran water pump dan Alternator. Bila putus di dalam jalan tak saja ac mobil yg tidak dingin, namun pendinginan mesin serta pengisian aki dari Alternator juga tak bekerja.

Kontrol Jumlah Freon Pada AC Mobil

Kontrol jumlah freon atau langkah teliti freon pada ac mobil dapat di kerjakan dengan cara manual lewat sight glass yang ada pada receiver drier, bila system ac memakai receiver drier sebagai satu dengan kondensor, maka sight glass ini terdapat pada saluran pipa desakan tinggi.
Langkah Lihat jumlah freon melalui sight glass
Cara Merawat AC Mobil Sendiri

Langkah lihat jumlah freon ac mobil R134a melaui sight glass :

  • Hidupkan mesin mobil, bila tampak gelembung warna putih waktu idle lalu beralih jadi bening waktu di gas keadaan freon cukup.
  • Bila tampak bergelembung warna putih terbaik waktu mesin idle atau waktu mesin di gas berarti freon kurang, freon kurang ini ada dua kemungkinan yakni memanglah freon kurang atau freon tak dapat masuk semakin banyak lantaran didalam system terlampau banyak oli.
  • Pada sight glass tampak bening terbaik waktu idle atau waktu mesin di gas berarti di dalam system terlalu banyak freon.

Untuk memiliki hasil kontrol desakan freon yang benar serta akurat mesti memakai manometer gauge untuk alat servis ac mobil atau mesin AC R3 untuk periksa jumlah freon yang ada pada system ac. Untuk mengetahui lebih banyak, ketahui mengenai [prinsip cara kerja mesin ac mobil] melalui atrikel berikut ini.
Cara Merawat AC Mobil Sendiri | Tri Sunenti | 5