Cara Merawat Aki Mobil Basah Dan Kering | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Merawat Aki Mobil Basah Dan Kering

Cara Merawat Aki

Tidak dapat di pungkiri bahwa Aki merupakan satu elemen utama untuk mobil. Aki bermasalah mengakibatkan mesin mobil tak dapat dinyalakan. Peran aki makin utama pada mobil moderen yang banyak memakai feature perangkat elektrik di dalamnya. Maka sebaiknya anda mengetahui banyak hal tentang aki mobil.

aki mobil
Dua type aki yang banyak dipakai waktu ini yaitu aki basah bisa di sebut juga aki elektrolit cair dan serta aki kering atau aki elektrolit padat. Spesial untuk aki basah melindungi level air aki ada pada rentang upper level serta lower level. Bila level elektrolit aki kurang dari batas bawah, selekasnya di tambah. Artikel pada pont pertama ini akan memberi tips cara merawat aki mobil basah dan aki kering supaya tahan lama.

Panduan Cara Merawat Aki

  • Bersihkan
  • Terminal aki kerapkali jadi tempat penumpukan korosi yang bisa menghalangi arus listrik dari aki ke kabel utama jaringan listrik. Untuk bersihkan plak korosi pada terminal aki yakinkan mesin mobil dalam situasi mati.
  • Beri Selimut Penutup
  • Bila sangat mungkin berilah selimut penutup aki, untuk hindari aki terlampau panas atau terlampau dingin. Hal semacam ini terlebih bila aki kerap terekspos oleh keadaan temperatur lingkungan yang ekstrim (benar-benar panas atau benar-benar dingin). Hal semacam ini juga berlaku bila aki ada pas di belakang kipas radiator.
  • Berikanlah Pemanasan Sebelum saat Mobil Digerakkan
  • Pemanasan mesin sebelum saat mobil dikendarai bukan sekedar berguna untuk mesin namun juga untuk aki. Aki yang hangat berikan kekuatan sediakan daya listrik yang lebih terbaik.
  • Janganlah Menyalakan Perangkat Elektrik Lain Sebelum saat Menyalakan Mesin
  • Nyalakan dahulu mesin mobil sebelum saat menyalakan alat elektronik lain. Berikanlah saat aki terisi penuh oleh alternator yang membuahkan listrik sebelum saat dipergunakan oleh aksesories elektrik penunjang terlebih yang menggunakan daya besar seperti AC, wiper, serta power window.
  • Matikan Dulu Perangkat Elektrik Sebelum saat Mematikan Mesin
  • Mematikan alat elektrik lain sebelum saat mematikan mesin bakal meyakinkan bahwasanya waktu mesin di-start kembali, perangkat elektrik lain dalam situasi mati. Aksi ini meyakinkan anda (dengan cara tak berniat) tak meremehkan panduan nomer 4 diatas.
  • Yakinkan Posisi Aki Terikat dengan Kuat
  • Senantiasa periksa posisi aki apakah terikat kuat. Bila aki bisa bergerak dari posisinya, hal semacam ini bisa mengakibatkan benturan pada komponen lain, kabel putus, aki pecah, dan korsleting yang bisa sangat membahayakan.
  • Aki di lepas Bila Mobil Bakal Lama Tak Dinyalakan
  • Bila mobil bakal ditinggal kurun waktu lama (kian lebih 2 minggu), terlepas aki untuk menghindar kehilangan arus listrik. Bebaskan kabel terminal negatif dari terminal aki, serta pindahkan ujungnya yang berklem dari terminal aki (baiknya dibungkus plastik yang cukup tidak tipis, supaya lebih aman).
  • Jauhi Parkir di Terik Matahari
  • Panas matahari bisa menambah suhu aki hingga memperpendek usia gunakan aki. Dalam hal mobil digerakkan, walau kap mesin panas, senantiasa ada pendinginan dari aliran angin luar.
  • Terlepas Kabel Terminal Aki Sebelum saat Lakukan Modifikasi Kelistrikan
  • Terlepas klem kabel negatif dari terminal aki sebelum saat lakukan pergantian yang terkait dengan system kelistrikan mobil.
  • Teliti Laju Pengisian Aki
  • Teliti laju pengisian aki setiap saat lakukan servis perawatan di bengkel. Laju pengisian (charging rate) yang terlampau besar atau terlampau kecil bisa kurangi umur gunakan aki serta mengakibatkan garansi pabrik jadi tak berlaku.
  • Panaskan Mesin Mobil Dengan cara Berkala Bila Tidak sering Dipakai
  • Walau tidak sering digunakan arus aki bakal bekurang dengan cara perlahan-lahan. Panaskan mobil sekurang-kurangnya 2 x satu minggu sepanjang minimum 20 menit untuk kembalikan kekuatan aki yang cukup. Pemanasan ini lebih utama lagi untuk maintenance mesin.
  • Jauhi Mengendarai Mobil Sebentar-Sebentar
  • Alternator men-charge aki waktu mesin dinyalakan. Untuk isi aki hingga penuh, mesin mobil mesti menyala minimum 20 menit. Pengisian yg tidak optimal bisa memperpendek usia penggunaan aki. Hal semacam ini tetap bisa disiasati dengan membiarkan mesin menyala sebagian waktu sesudah dipakai.
  • Jauhi Overcharging
  • Bila aki bakal di-charge, butuh diperhatian jangan sempat pengisian aki terlalu berlebih. Pengisian arus terlalu berlebih bisa memperpendek umur penggunaan aki. Untuk menghidari overcharging, pakai charger automatis yang membatasi pengisian aki.
  • Jaga System Kelistrikan yang Sehat
  • Pertimbangkan tiap-tiap menambahkan, pergantian atau modifikasi aksesories elektik/elektronik pada mobil anda pada ketersedian listrik dari aki untuk hindari beban terlalu berlebih (overload). Hindari kebocoran arus, jalinan pendek, serta kendala terlalu berlebih. Performa mesin mobil juga memengaruhi pengisian arus aki serta pemakaian arus listrik.
  • Terlepas serta Gunakan Aki dengan Benar
  • Bila melepas aki, dahulukan melepas kabel terminal negatif, lalu kabel terminal positif. Sebaliknya, bila menempatkan aki, dahulukan kabel terminal positif, lalu kabel terminal negatif. 

Seperti yang telah di jelaskan di atas, Aki mobil adalah komponen utama dalam kendaraan yang mempunyai manfaat seperti berikut :

  • Untuk alat penyedia arus listrik untuk starter mesin, penerangan, serta kelistrikan aksesoris mobil, seperti tape mobil, alarm, etc.
  • Menstabilkan tegangan kendaraan serta memback-up alternator jika tak dapat penuhi keunggulan beban listrik yang dibutuhkan di kendaraan.
  • Di kendaraan keluaran teranyar, aki berperan untuk sumber arus listrik yang dibutuhkan oleh system jalannya operational computer (ECU) mobil, berarti bila suplai listrik dari aki terputus, maka system di mobil tak bisa berperan. Pastikan anda menghindari terjadinya aki mobil tekor.

JENIS AKI

jenis-jenis aki mobil
Type aki bisa ditetapkan oleh kandungan timbal (Pb) serta kalsium (ca) didalamnya. Dipasaran ada banyak type aki, yaitu :

Konvensional atau premium

Aki type ini memerlukan perawatan (menambahkan air aki) dengan cara berkala. Plat positif serta negatifnya memakai kandungan Pbsb serta Pbsb.

Hybrid (low maintance)

Aki type ini perawatannya lebih rendah bila dibanding dengan akikonvensional lantaran laju penguapan air serta laju kehilangan muatan listriknya benar-benar rendah. Plat positif serta negatifnya memakai kandungan Pbsb serta Pbca. Kendaraan Toyota biasanya menggunaan aki jenis ini.

Bebas perawatan (maintance free)

Aki MF tak membutuhkan perawatan lantaran laju penguapan air serta laris kehilangan muatan listriknya benar-benar rendah. Plat positif serta negatifnya menggunaan kandungan Pbca serta Pbca.

TIPS MERAWAT AKI

tips merawat aki mobil

Matikan sistem kelistrikan saat kondisi mesin mati.


Usai berkendara matikan dahulu komponen kelistrikan sebelum saat mematikan mesin, supaya muatan listrik pada aki tak menyusut, serta pada waktu dihidupkan kembali beban aki dapat penuhi keperluan system starter.

Panaskan mesin kendaraan


Kendaraan yang tidak sering dipakai bisa memperpendek usia aki. Untuk kendaraan yang tidak sering dipakai baiknya dengan cara teratur memanaskan mesin seperlunya atau bisa juga melepas terminal negatif aki.

Periksa level air aki


Permukaan air aki mesti dipertahankan pada batas atas serta batas bawah, oleh karenanya peru di check dengan cara teratur minimum sebulan sekali. Bila air yang ada didalam aki ada di batas bawah, sesaat aki itu selalu dipakai dapat mengakibatkan aki mobil soak. Pengisian yang melalui batas atas (terlalu berlebih) airnya dapat meluap serta mengakibatkan soaknya sisi kendaraan. Untuk menaikkan air aki yang menyusut pakai air yang umum janganlah pakai air zuur, lantaran zuur cuma dipakai untuk aki baru yang belum digunakan. (Catatan : air aki umum = air murni/air suling ; accu zuur = kombinasi air murni serta asam sulfat H2SO4)

Periksa Terminal Aki


Keadaan kendor serta karat pada terminal aki bisa menyebabkan aliran arus listrik tak prima, sampai bisa menyebabkan ledakan pada aki disebabkan percikan api pd sisi yang tersambung. Bila sambungan terminal kendor tinggal di kuatkan saja, tetapi bila terminal aki kotor atau berkarat maka mesti dibikin bersih memakai sikat kawat.

Periksa pengikat Aki


Yakinkan aki diikat kuat atau tak berubah pada posisinya apabila mobil jalan. Aki yang kerap terguncang umurnya jadi lebih pendek. Tetapi bila diikat terlampau kencang akan menyebabkan rusaknya fisik (pecah/iris) pada tubuh aki itu sendiri.

Periksa adakah kebocoran pada Aki


Berhati-hatilah pada area yang diketahui kebocoran dari sisi tubuh aki, selekasnya keringkan serta bersihkan area itu serta kuatkan penutup sumbat pada aki. Jika berlangsung kebocoran pada tubuh aki, selekasnya ubah aki dengan yang baru.

Periksa berat type Aki


Bila Aki sudah di isi lagi, teliti berat type aki dengan memakai hydrometer (umum ada di bengkel). Bila beratnya di bawah ukuran dari aki itu. Maka ubahah dengan aki baru.

Pemasangan serta Pelepasan Aki


Untuk memasangkan Aki, yakinkan tak ada benda-benda asing di seputar dudukan aki. Sambungkan kabel positif pada terminal positif aki, kencangkan bautnya lalu jalinan kabel negatif pada terminal negatif. Untuk melepas aki pertama-tama matikan instrumen yang bermuatan listrik serta pastinya di pastikan kendaraan dalam keadaan mesin mati. Pada waktu melepas kabel. bebaskan kabel negatif dahulu baru positif.

Untuk meyakinkan keadaan aki Anda, senantiasa kerjakan servis berkala di bengkel resmi Toyota. Bengkel Toyota bakal menjaga serta lakukan penelusuran aki dengan saksama dengan peralatan aki tester yang mutakhir.

Bila aki Anda telah aus, ubahlah dengan TGB (Toyota Genuine Battery), aki yang di produksi spesial untuk kendaraan Toyota.

HAL-HAL TENTANG KESELAMATAN

Cara Merawat Aki Mobil Basah Dan Kering

Tak bisa menyalakan api dekat aki, seperti menyalakan korek, merokok serta lain sebagainya, lantaran aki memiliki kandungan hydrogen yang gampang meledak.
Jauhkan dari jangkauan anak, lantaran komponen aki terbuat berbahan kimia yang beresiko.
Pakai kacamata pelindung pada waktu menempatkan atau melakukan perbaikan aki lantaran air aki benar-benar beresiko.

Hati-hati dengan accu zuur, lantaran bisa mengakibatkan kerusakan kulit serta membutakan mata.
Bila accu zuur tentang mata Anda, bilaslah selekasnya dengan air bersih serta selekasnya pergi ke dokter. Bila accu zuur tentang kulit Anda, bilaslah sisi yang terkena accu zuur dengan saksama. Bila Anda terasa sakit serta terbakar, selekasnya minta pertolongan dokter.
Cara Merawat Aki Mobil Basah Dan Kering | Tri Sunenti | 5