Lengkap: Cara Merawat Mobil Honda | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Lengkap: Cara Merawat Mobil Honda

Edisi Khusus HONDA

Teknovanza.com - Cara merawat mobil yang tepat sangat di perlukan demi terjaganya keamanan serta kenyamanan berkendara, tak peduli sopir maupun penumpang. Nah, untuk kali ini saya kasih tips untuk anda, khusus tentang perawatan Brand HONDA. Langsung saja, berikut ini ulasanya:
cara merawat mobil honda

Oli mesin yang pas untuk Honda

Pakai Oli dengan SAE 10W/40, kurang pas memakai oli dengan kekentalan SAE 20W/50, lantaran Honda terhitung mobil dengan kerenggangan yang cukup rapat antar komponen.

Oli Matic yang pas apa

System Matic type CVT, senantiasa pakai oli matic CVTF Honda, janganlah pakai merk ENEOS, walaupun diperuntukan untuk CVT – namun menurut sumber ENEOS mempunyai kandungan aditif yang lebih kasar hingga tak pas dengan ciri-ciri transmisi matic type CVT. Serta dilarang keras memakai oli Matic type ATF. Terlebih minyak goreng gan, janganlah, kasian nyokap kamu nanti keabisan minyak.

Kaki-kaki berbunyi gluduk-gluduk waktu melalui jalan rusak

Aspek paling menguasai yaitu cobalah di check Dukungan Shockbreaker depan, letaknya ada 2 didalam area mesin kiri kanan. Umumnya lantaran aspek keausan yang bikin komponen dari karet ini jadi retak atau juga pecah serta kehilangan kekuatan peredaman nya. Aspek ke-2 yaitu cobalah di check lower arm, lower arm/lengan ayun didesain ringkas menyatu dengan bushing arm serta ball joint, komponen ini kerap aus lantaran karet-karetnya sudah pecah bersamaan penggunaan, ini yang dapat membuahkan suara orkes yang cukup keras di kaki-kaki mobil terutatama waktu melalui jalan rusak. Aspek ketiga cobalah teliti juga part seperti rak steer, di batang setir ada cross joint yang bisa oblak serta berbunyi saat melalui jalan rusak. Hal yang paling akhir ini yang terkadang luput dari perhatian hingga usaha menyingkirkan bunyi-bunyian di kaki-kaki mobil jadi salah tujuan.

Ada suara mendengung waktu mobil melaju cukup kencang

Kemungkinan paling besar dari persoalan ini yaitu komponen laher atau bearing yang telah minta pensiun.

Suara gemuruh waktu berkendara

Peredaman mobil ini memanglah bukan hanya yang paling baik, serta kurang pas memakai ban dengan kompon kasar seperti Bridgestone Potenza, lebih pas dengan yg kompon agak halus seperti Bridgestone Turanza. Untuk lebih meminimalisir gemuruh bisa pula dengan menaikkan peredaman didalam kabin.

Lampu atau Headlamp mengembun

Ini yaitu satu diantara penyakit HC GD8 gan, cobalah periksa seal-seal pada mika lampu dengan reflector, ini yang sering jadi sumber masuknya air. Berikanlah sealant lagi di seal-seal itu. Janganlah lupa juga periksa lubang udara yang di dekat dudukan bohlam, ini dapat juga jadi celah masuknya air waktu hujan atau membersihkan mobil.

Lampu check engine menyala

Lampu check engine menyala, memanglah mengisyaratkan ada suatu hal yang punya masalah pada komponen mobil, namun ngga butuh cemas lantaran ini tak senantiasa mengisyaratkan suatu hal yang fatal, kadang-kadang ini berlangsung cuma lantaran ada socket sensor yang kendur atau lepas, untuk memastikannya dapat dengan memakai engine scanner – yang biayanya ngga mahal kok gan

Waktu geser gigi pada matic terdengar suara jedug serta agak kasar

Cobalah teliti kapan paling akhir kali lakukan pergantian oli trasmisi, oli matic type CVT sesuai sama referensi sebagian ahli, mesti ditukar setiap 20. 000 km, juga untuk perpanjang umur penggunaan transmisi, oli bisa ditukar setiap 10. 000 km serta di menguras tiap-tiap 20. 000 km.

Rpm drop waktu masuk gigi – terlebih waktu AC dalam situasi On

Ini dapat di pastikan yaitu IACV (Idle Air Control Valve) telah mulai kotor. Untuk mengatasinya cukup bersihkan IACV memakai Carb Cleaner, lewat cara melepasnya terlebih dulu dari posisinya yang ada di segi dekat aki, sesudah bersih bisa dipasang kembali. Kalau tanda-tanda itu belum hilang, bisa di pastikan IACV nya mesti di lem kuning dengan kata lain di lempar tuku maning gan

Mobil bergetar waktu lakukan pengereman

Ini yaitu satu diantara tanda-tanda dari piringan rem yang permukaannya telah mulai tak rata serta mesti dibubut lagi. Tetapi sekian juga janganlah segera memvonis, dapat dengan terlebih dulu lakukan penelusuran pada peranti penghenti laju itu seperti kampas rem serta kaliper rem adakah yang kurang pas dudukan atau pemasangannya.

Mobil bergetar di rpm rendah namun hilang waktu rpm mulai tinggi

Ini yaitu satu diantara tanda-tanda dari engine mounting yang telah minta pensiun gan Ada 3 buah engine mounting pada HC GD8, satu dikiri didekat aki, satu di bagian kanan letaknya agak di bawah serta satu lagi di belakang dengan girboks. Di antara 3 E- Mount ini, yang kiri serta kanan lah yang seringkali jajan. Engine mounting ini tak dapat diperbaiki, lantaran ini yaitu komponen dari karet kuat yang melekat pada besi yang berperan untuk penopang mesin. Jika karet-karet di engine mounting itu telah getas maupun pecah, satu diantara gejalanya yaitu mesin yang bergetar serta bila telah kronis dapat hingga dashboard dalam kabin seluruhnya bergetar

Mobil bergetar waktu akselerasi dengan cepat namun tak terlampau bergetar waktu akselerasi dengan halus

Ini tanda-tanda awal dari engine mounting yang telah pecah. Pada waktu akselerasi dengan cepat serta spontan, maka mesin mobil bakal alami dampak getar yang kuat serta menyebabkan getar di mesin yang jadi sampai ke ujung kaki injakan gas, sesaat waktu berakselerasi dengan halus, lantaran ini tetap tanda-tanda awal dari engine mounting maka beberapa karet-karet di engine mounting tetap bisa menyokong getaran mesin serta tak hingga menyebabkan mesin bergetar.

Mobil bergetar waktu mundur

Kadang-kadang getaran mesin lebih jadi waktu mobil mundur, yaitu satu diantara tanda-tanda karet engine mounting rusak dibagian depan sesaat karet engine mounting dibagian belakang tetap cukup kuat menyokong bobot mesin. Tetapi sekian dengan cara garis besar, kita juga mesti sensitif membedakan getaran-getaran itu lantaran ada getaran yang nyatanya bersumber dari transmisi atau kopling yang punya masalah.

AC kurang dingin

Bila bicara komponen AC, ada banyak komponen yang sama-sama terkait. Keadaan kurang dingin, aspek paling besar yaitu lantaran menyusutnya Freon disebabkan kebocoran, pengisian atau menambahkan Freon memanglah cukup dapat menangani hal semacam ini namun bakal kembali jadi kurang dingin bersamaan dengan menyusutnya kembali Freon lantaran kebocoran. Lantaran komponen AC benar-benar banyak dimulai dari kompresor, kondensor, Dryer, Katup expansi, Evaporator, magnet clutch, blower, Fan AC serta selang-selang. Butuh kontrol yang menyeluruh pada komponen AC.

Bersihkan Fuel Pump Mobil Honda

Alat alat yg butuh disediakan hanya obeng plus, kunci sok 10, tang, sikat gigi (opsional) serta sekaleng carburator/injector cleaner.
Pada mulanya butuh di ingat, aktivitas ini walau gampang namun butuh kehati-hatian ekstra.

Jok belakang di lepas, cukup yg sisi bawah saja gak usah sama sandarannya.

sesudah jok dilepaskan, tampak lah tujuan operasi kita. buka ke empat baut cover menggunakan obeng plus
  • lepas selang serta kabel, buka baut, fuel pump.

Bersihkan filter fuel pumpnya dengan disemprot carburator/injector cleaner. semprot segera tiada menggunakan selang/pipa kecil di cleanernya agar semprotannya lebih kencang, dapat pula dibantu dengan sikat gigi. bersihkan juga sisi pipa outlet fuel pumpnya (spesial untuk yg ini, pakai selang/pipa kecil di cleanernya agar dapat masuk ke dalam outlet fuel pump).

Sesudah meyakini bersih, gunakan kembali unit fuel pump dengan langkah2 kebalikan dari waktu pelepasannya. Jika carburator/injector cleanernya tetap ada bekas, sekalian saja semprotkan ke dalam Throttle body di mesinnya. untuk mengerjakannya cukup bebaskan pipa/selang dari filter udaranya. semprotkan cleaner sembari tarik tuas gas yg ada didekat throttle body tersebut.
Lengkap: Cara Merawat Mobil Honda | Tri Sunenti | 5