Info dan Tips Cara Mereset ECU Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Info dan Tips Cara Mereset ECU Mobil

Banyak tips cara Mereset ECU, salah satunya untuk mobil2 t 120 ss, avanza atau xenia serta yang mempunyai mesin sejenisnya, dapat dilakukan dengan melepas daya baterai atau melepas kabel negatif dari baterai. Namun tuturnya langkah tersebut tak berlaku untuk sebagian type mobil seperti mobil keluaran eropa. Namun ada kemungkinan tak dapat hidup lagi, karena memerlukan sofware untuk melekukan langkah ini.

Pengertian Reset ECU

Artinya Melakukan pengaturang ulang pada ECU yaitu sistem mengosongkan seluruhnya memori periode panjang dari memori ECU. Variabel ini memotong kecepatan idle, bahan bakar, percikan, serta banyak lagi. ECU ini dapat bakal menaruh persoalan kode untuk kekuatan diagnostik. Dengan mengatur lagi ECU, nilai-nilai langsing bakal mengambil keputusan sebagian nilai default netral serta seluruhnya persoalan kode bakal dihapus.
cara meseset ecu mobil

Ecu Mobil

ECU mendeteksi terjadinya knocking/glitik melalui knock sensor serta memundurkan timing pengapian. Dan Derajat retard timing inilah yang disimpan di ECU. Timing pengapian makin maju (advance) bakal membuahkan tenaga yang lebih terbaik, sedang apabila mundur (retard) bakal membuahkan tenaga yang kurang ; namun apabila terlampau maju dapat menyebabkan tanda-tanda knocking/glitik, di mana ini pasti tak terbaik untuk mesin juga mengakibatkan kerusakan. Beberapa hal yang bikin mesin kita jadi glitik seperti kotor, busi telah lemah dsb. Walau sekian ECU terhitung pandai hingga dia bisa mengadaptasi pergantian (pasti dalam tolerasi range spesifik) agar mesin terus aman tiada gelitik. Bila kita lakukan " tune up " diinginkan keadaan mesin kembali sempurna, sayangnya ECU tak dan merta mengadaptasi pergantian itu disebabkan ECU menaruh catatan retard timing.

Nah, dengan kita mereset ECU diinginkan catatan retard itu hilang serta setting timing kembali ke standard pabrikan ; apabila kebetulan pada mulanya ECU banyak lakukan retard timing maka mungkin saja dengan mereset ECU kita bakal rasakan dampak tenaga, namun apabila nyatanya keadaan mesin tak sangat mungkin untuk timing kembali ke standard pabrikan (tetap penuh kerak dsb) mungkin saja jadi kita seringkali dengarkan bunyi knocking serta pasti si ECU mulai mencatat lagi berapakah derajat timing pengapian harus dimundurkan.

Ada yg katakan bila mesin boros, tarikan berat, baru ubah BBM maka ECU baiknya direset lagi lewat cara mencabut kabel (-) aki serta dilewatkan 30 menit baru dipasang lagi. Sesudah dipasang lagi, ECU bakal pelajari lagi seluruhnya, bila ingin mesin jago ngebut maka mobil mesti dikebut pada waktu ECU direset lagi. Kalu ingin hemat maka mobil mesti di kemudi dengan enjoy.

Disclaimer : Kemungkinan dijamin penumpang. Untuk kendaraan Eropa yang " tuturnya " ada prosedur spesial untuk pergantian aki, newbie tak menyarankannya walau tentunya newbie sendiri tak tau.

Langkah reset ECU ada yang lakukan dengan melepas kabel negatif pada Aki sepanjang sebagian menit, barangkali minimum 30 menit.

Tips Panduan Cara Mereset ECU


Untuk "me-reset " ECU, yang perlu Anda kerjakan yaitu meniadakan sumber daya cadangan. Untuk melindungi memori hidup sesaat mobil dimatikan, ECU mempunyai garis segera, lewat sekering, yang pergi pas ke baterai. Ini umumnya adalah garis yang sama serta sekering yang menyuplai tenaga cadangan untuk radio Anda hingga tak melupakan seluruhnya penyusunannya. Dalam DSM, ini yaitu sekering yang mengontrol lampu kaki yang berjalan saat Anda buka pintu mobil Anda. Pada 1990-1994 DSM, ini yaitu 10A sekering dibawah - kanan - pojok kotak sekering dekat footwell pengemudi. Pada 1995 + DSM ​​, ini yaitu 10A sekering di segi kanan barisan tengah kotak sekering yang sama. Tarik sekering ini dengan kunci keluar serta tunggulah seputar 15 detik, lalu dimasukkan sekering kembali masuk ECU Anda saat ini sudah kehilangan seluruhnya nilai memori periode panjang serta bakal " reset " mereka seluruhnya ke default saat kekuasaan selanjutnya. By the way, memori pabrik radio berjalan sepanjang satu atau dua menit, hingga Anda barangkali tak lagi kehilangan stasiun yang disimpan.

Terkadang orang mau menarik sekering ini saat mereka bekerja pada atau bersihkan interior mobil mereka. Sekering ini dapat mengontrol lampu yang pergi pada waktu Anda buka pintu, demikian banyak tarik sekering ini hingga mereka tak kuras baterai sepanjang pekerjaan mereka. Tetapi, ini dapat bakal memotong daya cadangan ke ECU.

Cara lain:


cobalah buka serta baca2 buku dasar yang memiliki.

Disitu tercatat sekering EFI 15A, STOP 10A, serta TAIL 10A ada hubungan dengan multiport injection.

Lokasi - Buka kap mesin lalu buka boks sekering.

Pelaksanaan

1. Cabut sekeringnya

2. Diamkan 2 menit

3. Lalu Gunakan kembali sekeringnya. Awas janganlah salah utk sekering EFI

4. Starter mobil biarlah 15 menitan.

Langkah Reset ECU Grand Livina Manual


Instruksi


  • Yakinkan bahwasanya pedal gas semuanya sudah terlepas, putar kunci kontak ON (mesin mobil dalam keadaan dimatikan) lalu tunggu 3 detik.
  • Selanjutnya, Ulangi prosedur beberapa langkah tersebut dengan cepat lima kali kurun waktu 5 detik.
  • Tekan pedal gas 5 detik
  • Tunggu 7 detik, lalu tekan pedal gas dengan cara penuh serta tunggulah hingga 10 detik hingga Lampu CEL mulai berkedip.
  • Kemudian Bebaskan pedal gas (sesaat CEL tetap berkedip)
  • Dan Tunggu 10 detik
  • Setelah itu Tekan penuh pedal gas sepanjang kian lebih 10 detik.
  • Dan Bebaskan pedal gas (CEL selalu berkedip).
  • Putar lagi kunci kontak ke posisi OFF, mesin mobil dalam keadaan hidup.
  • Di langkah terakhir ini CEL mesti mati. Seandainya lampu CEL tetap hidup, maka ulangi cara-cara diatas. 

Note: Bebaskan = Lepaskan
Info dan Tips Cara Mereset ECU Mobil | Tri Sunenti | 5