Cara kerja dan fungsi radiator mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara kerja dan fungsi radiator mobil


Radiator mobil tidak terawat dengan baik bisa mengakibatkan, bocor dan cepat panas. Padahal ini merupakan satu komponen yang gampang ditemukan di bahagian mesin mobil adalah system pendingin mobil atau kita kenal dengan radiator
Radiator mobil tidak terawat dengan baik bisa mengakibatkan, bocor dan cepat panas. Padahal ini merupakan satu komponen yang gampang ditemukan di bahagian mesin mobil adalah system pendingin mobil atau kita kenal dengan radiator.

Pekerjaan utama dari system ini untuk meminimumkan suhu panas mesin saat bekerja, kerana tanpa adanya raditor, kemungkinan mesin mobil menjadi mudah terbakar.

Kegagalan pada fungsi radiator secara optimal mengakibatkan mesin jadi terlampau panas hingga mengakibatkan sebagian komponen tidak berhasil melakukan pekerjaan semestinya.

Cara merawat radiator maka, mereka perlu meyakinkan isi air dalam tangki radiator sesuai (cukup) sebelum memulakan perjalanan, sama sesuai ketika memeriksa oli pelumas.

Umumnya radiator terdapat di bahagian depan mesin atau di belakang gril kerana di tempat tersebut memang sesuai untuk mendinginkan mesin dengan dorongan angin saat kenderaan bergerak.

Bagaimanapun, ada beberapa jenis mobil meletakkan radiatornya di samping mesin pada bagian kiri atau kanan.

System itu mungkin kurang berfungsi namun angin tetap dapat mengalir di samping jaring radiator berbanding type yang dipasang di bahagian depan enjin.

Radiator mengandungi tiga bahagian utama yaitu bagian atas, wire radiator serta tangki bawah.

Wire radiator juga memiliki beberapa ratus lubang kecil yang berperan untuk penyerap air yang mengalir dari atas ke bawah tangki, mengikut perputaran sistem pendingin pada bahagian mesin.

Setiap saat air mengalir ke beberapa ratus lubang kecil itu bakal membuahkan air dingin dengan pertolongan angin saat mobil bergerak.

Sebagian mobil juga memakai radiator type pengaliran melintang (crossflow), system yang lebih memberikan manfaat pada mesin kenderaan berat.

Langkah radiator berperan adalah menerusi perputaran air dari tangki ke dua saluran tiub yang dipasang ke bahagian atas serta bawah tangki ke mesin.

Kegagalan sistem kerja radiator mobil berputar dengan normal bakal mengakibatkan enjin jadi cepat panas.

Banyak hal yang menjadi penyebab radiator tidak berfungsi dengan normal, seperti tangki terhalang oleh kepingan logam atau tangki berkarat kerana tidak dirawat dan dicuci.

Maka, yang memiliki mobil dinasihatkan membersihkan tangki dari secara rutin demi mengelakkan saluran air radiator berkarat.

Karat bukan hanya saja mengakibatkan pengaliran air dari bahagian tangki ke bagian mesin terhalang, juga bisa menyebabkan kebocoran pada tangki dan dua tiub getah yang disambungkan ke tangki tersebut.

Cara mencegah agar tidak mudah berkarat adalah dengan mencampurkan air dengan kimia yang dianjurkan, bisa Anda dapatkan di toko aksesories mobil.

Sebagian orang melakukannya dengan mencampurkan bahan pendingin (pelumas) ke tangki untuk mengurangi suhu panas pada mesin.

Umumnya bagi pemilik mobil terbaru sudah di lengkapi dengan tangki air simpanan yang ditempatkan bersebelahan serta yang memiliki tak perlu lagi untuk membuka penutup radiator.

Ia berfungsi sebagai air cadangan untuk menyimpan air saat tangki utama kekurangan air.

Radiator mobil pada umumnya terbuat dari pada bahan logam, namun ada juga dari bahan plastik.

Untuk mencegah agar tak mudah berkarat, maka  agar memakai air bersih untuk menaikkan kandungan air dalam tangki air cadangan pada radiator.

Ini kerana air kotor lebih mudah mengakibatkan karat dalam jangka waktu kurang dari satu tahun dari pada air bersih yang sudah terbebas dari pencemaran.

Radiator mobil di anjurkan servis 5 bln. sekali. flush serta pelumas. Pelumas sila gunakan merek dari saran yang di anjurkan untuk jenis kendaraan Anda. Seandainya beli merek lain, pastikan itu tepat dan sesuai.

Oli Pelumas 50% air bersih 50%. tangki spare isi pelumas saja, jangan isi penuh, isi sesuai kapasitas pada tanda batas yang ada.
Cara kerja dan fungsi radiator mobil | Tri Sunenti | 5