Mengenal komponen mesin mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Mengenal komponen mesin mobil

Langkah awal ataupun dasar cara merawat mobil yang benar adalah dengan mengenal komponen mesin dan mengetahui fungsi dan sistem kerjanya. Nah.. berikut ini gambar untuk mengetahui bentuk wujudnya beserta sedikit penjelasan yang akan saya uraikan:

1. Busi

Busi

Spark plug atau yang kita sebut dengan busi adalah komponen dari sistem elektrik yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran minyak dan udara. Busi harus selalu dalam kondisi bagus untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

2. Katup ( Valve )

Katup ( Valve )

Katup inlet terbuka bila campuran minyak dan udara di ruang pembakaran, sementara katup buang tertutup. Kedua valve akan tertutup selama proses kompresi dan pembakaran terjadi. Exhaust valves terbuka setelah pembakaran sempurna bertujuan untuk menghilangkan asap melalui knalpot .

3. Piston

Piston

Silinder piston terbuat dari besi. Ini akan bergerak naik - turun di di dalam mesin mobil.

4. Ring Piston

Ring Piston

Fungsi Ring piston adalah sebagai pelindung geseran antara piston dan silinder.
Fungsi Ring:
• mencegah masuknya campuran minyak dan udara di dalam ruang pembakaran selama mesin bekerja.
• Mencegah masuknya oli mesin ke daerah pembakaran, di mana hal ini dapat menyebabkan oli mesin berkurang. Kebanyakan oli mesin mobil akan habis dan perlu ditambahkan setiap 1.000 mil sejak mesin sudah tua dan ring tidak lagi menutup dengan benar.

5. Connecting rod

Connecting rod

Menghubungkannya ke crankshaft . Pergerakan crankshaft akan menyebabkan piston bergerak naik-turun.

6. Crank shaft

Crank shaft

Crankshaft mengerakan piston naik - turun secara konstan.

7. Camshaft

Camshaft

Camshaft adalah peralatan yang digunakan dalam mesin piston untuk membuka dan menutup valve. Ini terdiri dari batang silinder di mesin dengan beberapa cam berbentuk oval , satu untuk setiap valve. Cam membuka katup "valve" dengan mendorong atau mengunakan mekanisme , ketika sedang berputar.

8. Scavenger

Scavenger is at the very bottom of the engine
Scavenger adalah di bagian paling bawah dari mesin. Ini akan menuai oli mesin dalam reservoir minyak, dan membasahi seluruh bagian crankshaft , menghubungkan Connecting rod. Minyak ini akan mengurangi gesekan dan memperpanjang usia pakai dari bagian-bagian mesin.
Mengenal komponen mesin mobil | Tri Sunenti | 5