Sistem Kerja Mobil Hybrid | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Sistem Kerja Mobil Hybrid

Mobil hybrid merupakan mobil yang mempunyai sistem kerja penggerak ganda, atau dimaksud “hybrid” (dalam arti pertanian hybrid bermakna perkaw!nan silang). Dalam mobil ini, ada “perkaw!nan” pada penggerak yang konvensional yaitu dengan bahan bakar bensin serta penggerak dengan daya listrik..

Sitem Kerja Mobil

Cara kerja mobil Hybrid

Sistem Kerja Mobil Hybrid memadukan ke-2 sumber tenaga, yang bisa dikerjakan dengan dua buah langkah yang tidak sama yakni : Hybrid paralel serta Hybrid seri. Hybrid paralel mempunyai tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin.
Sistem Kerja Mobil Hybrid memadukan ke-2 sumber tenaga, yang bisa dikerjakan dengan dua buah langkah yang tidak sama yakni : Hybrid paralel serta Hybrid seri. Hybrid paralel mempunyai tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin. Hybrid jenis ini dapat mempunyai baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin elektrik (sistem kelistrikan mobil). Meskipun mesin bensin ataupun mesin elektrik bisa menggerakkan transmisi pada waktu berbarengan, setelah itu transmisi bakal menggerakkan roda. Pada jenis ini tangki bensin serta mesin gas terhubung ke transmisi dengan cara berdiri sendiri yang menyebabkan mesin elektrik serta mesin gas bisa membuahkan tenaga pendorong.

Sistem Kerja Mobil Listrik

Langkah atau cara kerja mobil listrik dengan prinsip regenerative (isi lagi/recharging waktu kendaraan tengah beroperasi) pada mesin mobil hybrid, tidak sama dengan siste kerja mobil listrik. Mobil itu tak dapat isi lagi listriknya. Jika kelistrikan mobil sudah habis, Batterai atau aki mesti di-charge dengan cara spesial dengan saat 8 sampai 12 jam (untuk teknologi onboard charger). Spesial mobil mesin hybrid, mesin listriknya dapat isi lagi ke aki dengan memakai daya kinetik waktu mengerem (regenerative braking). Juga beberapa daya mesin dari mesin bensin/solar/biofuel waktu jalan listriknya dapat disalurkan untuk isi batterai/aki. Dengan system operasi seperti ini maka bakal berlangsung penghematan BBM.

Tidak sama dengan hybrid paralel, pada hybrid seri mesin bensin bekerja untuk generator yang berperan untuk pembangkit baterai atau tenaga motor elektrik yang menggerakkan transmisi. Mesin bensin tak sempat segera jadi tenaga penggerak kendaraan. System kerja pada hybrid series diawali dari tangki bensin menyuplai bensin ke mesin gas yang setelah itu menyuplai tenaga menuju generator dan tenaga yang dihasilkan generator didistribusikan lagi ke baterai serta mesin elektrik. Daya pada baterai sendiri tak hanya dari generator, juga dihasilkan waktu berlangsung pengereman. Tenaga dari mesin elektrik lalu menggerakkan transmisi serta setelah itu menggerakkan roda.

Cara Kerja Sistem Mobil Hybrid Paralel

Mesin mobil Hybrid-pararel juga mempunyai prinsip basic pada sistem kerja mesin hybrid-pararel.
Dengan pertolongan kopling automatis kita bisa menentukan mode apa yang bakal di pakai sepanjang kita mengemudikannya, apakah dengan memakai mesin listrik yang dayanya bersumber dari baterai atau mode “energy recovery (pengecasan baterai) ” tiada menghalangi rotasi mesin bensin/diesel yang terlalu berlebih pada saat mode “energy recovery ini kita pakai.
Mesin elektrik bisa kita fungsikan tiada ketergantungan mesin bensin/diesel yang bermakna kita bisa bebas menentukan mesin apa yang bakal kita pakai sesuai sama apa yang diinginkan kita.

Mesin elektrik bisa kita fungsikan tiada ketergantungan mesin bensin/diesel yang bermakna kita bisa bebas menentukan mesin apa yang bakal kita pakai sesuai sama apa yang diinginkan kita.
Oleh karenanya mobil Hybrid bisa digabungkan dengan mesin yang mempunyai kemampuan 3-cylinder hingga yang berkapasitas besar 8-cylinder.

Modus konventional.

Mesin Hybrid-pararel bekerja/bergerak seperti mobil umum yang memakai mesin bensin/diesel energie dialirkan dari mesin ke roda-roda kendaraan. Sepanjang sistem ini bekerja mesin elektrik serta komponen-komponen pendukungnya dalam situasi tak aktif.

Modus elektrik

Dalam keadaan seperti ini mesin elektrik adalah penggerak utama, daya mesin elektrik bersumber dari baterai serta juga dalam keadaan seperti ini mesin bensin/diesel dalam situasi mati.

Modus Boosten

Dalam keadaan seperti ini kendaraan dalam situasi kecepatan tinggi/membutuhkan energie yang besar hingga dalam keadaan seperti ini terbaik mesin elektrik serta mesin bensin/diesel bekerja kurun waktu yang berbarengan. Dalam keadaan seperti ini mesin elektrik memperoleh suplai daya listrik dari baterai.

Modus energy recovery

saat kendaraan lakukan pengereman dengan pertolongan mesin elektrik waktu itu juga mesin elektrik bisa kita sebut untuk generator yang membuahkan energie listrik. Rencana ini sama sesuai lampu sepeda yang memakai energie listrik dengan pertolongan rotasi roda atau turbin pada bendungan yang mengubah daya gerak jadi daya listrik. Energie listrik yang dihasilkan sepanjang pengereman lalu disimpan di baterai. Dalam keadaan ini Kopling automatis dalam keadaan bebas hingga rotasi mesin bensi/diesel tak alami masalah atau kendala.

Modus Energy saving

Dalam keadaan ini mesin bensin/diesel berputar dengan putaran mesin yang tinggi waktu itu juga beberapa kecil energie gerak yang dihasilkan dari rotasi mesin yang tinggi di gunakan oleh mesin elektrik yang berperan juga untuk generator (sistem kelistrikan mobil) yang lalu di taruh ke baterai serta beberapa besar daya gerak di salurkan segera ke roda kendaraan.
Sistem Kerja Mobil Hybrid | Tri Sunenti | 5