Station Wagon vs Hatchback | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Station Wagon vs Hatchback

Persamaan serta Perbedaan Station wagon dengan Hatchback

Persamaan pada Station wagon dengan hatchback yaitu keduanya memiliki design konfigurasi yang sama yakni dua kotak, kotak sisi depan yaitu area mesin serta kotak belakang yaitu area penumpang serta kargo/barang dalam satu area, dan ada pintu belakang untuk akses kargo/barang. Disamping memiliki persamaan, keduanya juga memiliki sedikit perbedaan yang diantaranya yaitu seperti berikut :

Area Kargo/barang.

Area kargo pada station wagon lebih luas dengan jendela pada area kargo juga lebih luas, tengah pada hatchback relatif lebih sempit serta jendela yang minim, juga barangkali tiada jendela samping di area kargo.

Kursi.

Pada station wagon memiliki dua atau tiga baris kursi penumpang tengah pada hatchback cuma satu atau dua baris kursi saja.

Suspensi Belakang.

Suspensi belakang pada station wagon biasanya didesign dengan suspensi yang lebih sangat mungkin untuk mengangkut beban penambahan di banding dengan hatchback.

Pintu Belakang.

Pintu belakang pada hatchback umumnya didesign dengan feature pintu berengsel di buka keatas (top-hinged liftgate) atau gabungan dengan pintu di buka ke bawah untuk akses ke area kargo/barang.


Spesifikasi Station Wagon

Spesifikasi Station Wagon  Dari uraian perihal pengertian station wagon diatas maka bisa kita simpulkan bahwasanya station wagon yaitu suatu mobil dengan spesifikasi seperti berikut :
Dari uraian perihal pengertian station wagon diatas maka bisa kita simpulkan bahwasanya station wagon yaitu suatu mobil dengan spesifikasi seperti berikut :
  • Konfigurasi body mobil yaitu terdiri dua kotak (two-box) yakni kotak depan (area mesin) serta kotak belakang (area penumpang serta kargo/barang menyatu dalam satu area), bukan hanya tiga kotak (three-box) seperti sedan.
  • Memiliki akses keruang penumpang/kargo lewat pintu belakang (bukan hanya bagasi)
  • Memiliki dua atau tiga baris kursi penumpang

Hatchback memiliki spesifikasi serupa dengan station wagon, cuma size serta volume tubuh (body) relatif lebih kecil, hingga kita kategori-kan juga untuk station wagon.

Mobil di Indonesia

Sesudah kita tahu spesifikasi spesial dari kendaraan type station wagon maka dengan gampang kita bakal dapat mengidentifikasi apakah suatu mobil terhitung dalam persyaratan untuk station wagon atau bukan hanya.
mengidentifikasi apakah suatu mobil terhitung dalam persyaratan untuk station wagon atau bukan hanya.  Menurut spesifikasi yang telah dijelaskan diatas, untuk mobil keluaran Toyota yang di pasarkan di Indonesia,

Menurut spesifikasi yang telah dijelaskan diatas, untuk mobil keluaran Toyota yang di pasarkan di Indonesia, yang penuhi persyaratan untuk station wagon diantaranya Rush, Mobil Avanza, Innova, Previa, Fortuner, Land Cruiser serta Alphard.

Pada mobil keluaran Suzuki yang terhitung kelompok station wagon diantaranya Aerio, Escudo, Vitara, Karimun serta Katana.

Pada mobil keluaran Honda diantaranya CRV, Odyssey serta Freed. Pada mobil keluaran Hyundai diantaranya Tucson, H-1, serta Santa Fee.

Adapun untuk Jazz (Honda), Yaris (Toyota), X-Over (Suzuki), Aveo (Hyundai), serta yang sejenisnya memiliki spesifikasi untuk Hatchback, adalah station wagon dengan ukuran relatif lebih kecil.
Station Wagon vs Hatchback | Tri Sunenti | 5