Pengetahuan Dasar Box Untuk Subwoofer Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pengetahuan Dasar Box Untuk Subwoofer Mobil

Sebagian jenis dan merek subwoofer memanglah dirancang dengan cara design tehnik memerlukan box dalam pengoperasiannya yang lebih optimal, ada juga yg tidak membutuhkan box atau free air atau juga Infinite Baffle Subwoofer. Dengan Type free air ini ditempatkan menggantung di bagasi mobil, biasanya pada mobil jenis sedan.
Sebagian jenis dan merek subwoofer memanglah dirancang dengan cara design tehnik memerlukan box dalam pengoperasiannya yang lebih optimal, ada juga yg tidak membutuhkan box atau free air atau juga Infinite Baffle Subwoofer. Dengan Type free air ini ditempatkan menggantung di bagasi mobil, biasanya pada mobil jenis sedan.

Kelebihan : lebih praktis lantaran tak perlu repot-repot bikin box dahulu serta menghemat tempat.
Kekurangan : frequency tanggapane kurang bagus, suara bass kurang powerfull, dinding bodi di seputar bagasi mesti diperkuat dengan cara keseluruhan dengan susunan peredam getaran.

Sebagian argumen kenapa subwoofer dimasukkan ke dalam box, yakni :


Getaran bass berbentuk menyebar ke semua arah. Untuk mengecilkan terjadinya noise yang berbentuk getaran pada bagian-bagian mobil (contohnya: pada dinding-dinding pintu, panel pintu, pada atap mobil, di dashboard, dan firewall, dinding pembatas bagasi (mobil sedan) atau pintu belakang (Type MPV), dsb, yang alami resonansi pada jangkauan frekuensi subwoofer), maka dipakai box untuk subwoofer.

Untuk memudahkan penempatan subwoofer dalam mobil, hingga gampang dipindah-pindahkan pada beragam tempat maupun lokasi, dalam rencana untuk memiliki letak serta posisi yang membuahkan suara dentuman bass paling bagus untuk pendengarnya.

Cocok dengan design teknisnya, supaya subwoofer dapat beroperasi dengan terbaik, hingga dapat keluarkan suara bass yang bagus.

Untuk memperkuat suara bass yang keluar, supaya lebih powerfull serta tak boros listrik.

Beberapa macam design subwoofer box :


Seluruhnya type box subwoofer box, dipasarannya ada yang bikinan pabrik ber merk spesifik, ada juga yang handmade.

Cara memasang dan men-Setting box subwoofer di mobil mesti dengan terikat ekstra ketat pada dudukannya, tak hanya bertujuan untuk kurangi noise, juga supaya box tak mudah bergerak kemana-mana, dan mengakibatkan kabelnya dapat copot/putus.
Acosutic Suspension Box adalah wujud box yang paling simpel serta tertutup rapat.

Acosutic Suspension Box adalah wujud box yang paling simpel serta tertutup rapat.
Kelebihan : gampang di buat, perhitungan serta pembuatan box subwoofer simpel, keluaran tenaga kuat dengan tanggapan pas lantaran frequency tanggapan lebih termonitor dengan baik.
Kekurangan : effisiensi terbatas/boros listrik.
Ported  adalah box yang mempunyai sekurang-kurangnya satu lubang/port. Prinsip kerjanya dengan memakai backwave lewat setting port supaya bisa sama-sama memperkuat dengan frontwave, hingga membuahkan gempuran suara bass yang lebih kuat serta mantap.

Ported  adalah box yang mempunyai sekurang-kurangnya satu lubang/port. Prinsip kerjanya dengan memakai backwave lewat setting port supaya bisa sama-sama memperkuat dengan frontwave, hingga membuahkan gempuran suara bass yang lebih kuat serta mantap.
Kelebihan : efisiensinya semakin bagus hingga seringkali dipakai orang, pas untuk SQL/SPL.
Kekurangan : perhitungan serta pembuatan box lebih rumit, tak ada tuning frequency tanggapane mengingat setting portnya telah mengutamakan pada frekuensi spesifik.
Bandpass adalah box subwoofer serupa ported, yang di buat untuk memiliki area/band frekuensi spesifik lewat cara buang frekuensi yang ada dibawah band serta diatas band.

Bandpass adalah box subwoofer serupa ported, yang di buat untuk memiliki area/band frekuensi spesifik lewat cara buang frekuensi yang ada dibawah band serta diatas band.
Kelebihan : suara bass benar-benar maksimal pada frekuensi bandpass.
Kekurangan : memerlukan area yang semakin besar, tingkat kesusahan dalam perhitungan serta pembuatan box relatif tinggi.
Isobaric box yaitu menempatkan kian lebih satu (umumnya dua) subwoofer pada box kecil. ke 2 subwoofer bekerja dengan cara tandem, hingga terkadang keduanya bergerak satu arah serta terkadang berlawanan arah.

Isobaric box yaitu menempatkan kian lebih satu (umumnya dua) subwoofer pada box kecil. ke 2 subwoofer bekerja dengan cara tandem, hingga terkadang keduanya bergerak satu arah serta terkadang berlawanan arah.
Kelebihan : suara bass lebih berkwalitas.
Kekurangan : perhitungan & pembuatannya benar-benar rumit, boros listrik.

Sesungguhnya tetap ada sedikit langkah kecil dalam memaksimalkan sound sistem mobil, namun dampaknya dapat bikin hoby mendengar musik Anda lebih mantap serta terpuaskan.

Terkadang telinga kita sensitif, penyuka musik kerap menangkap suara-suara janggal sejenis noise berbentuk suara pecah. Selalu jelas hal inilah yang kerap didapati serta bukan hanya oleh lantaran sound system mobil kurang bagus. Jadi tak perlu tergesa-gesa dahulu membeli subwoofer mobil lagi.

Pemicunya sesungguhnya sering kali sangat simpel, yakni : pemasangan speaker mobil bawaan asli kurang terikat erat pada dudukannya. Mungkin saat perakitannya di pabrik ditangani oleh beberapa operator umum yang bukan hanya pakar sound sistem handal.

Usaha perbaikan kecil diatas sesungguhnya dapat ditangani sendiri, yakni :

menambahkan lem silikon.


  • Sediakan peralatan seperlunya, yakni berbentuk : obeng, kunci cocok/ring, lem silikon, lem super (super glue/power glue), gunting kecil, cutter, foam double tape serta lakban.
  • Yakinkan kunci mobil dalam situasi OFF.
  • Membongkar dengan hati-hati bekleid/panel pintu tempat bercokolnya speaker. Copot dengan hati-hati konektor-konektor kabel yang sekiranya mesti dicopot pada waktu pembongkaran, jauhi langkah paksa waktu mencopotnya.
  • Apabila telah terbongkar, pegang serta periksa ketat atau tidaknya ikatan speaker pada dudukannya, dengan obeng atau kunci cocok.
  • Apabila longgar/kurang ketat, maka dengan hati-hati putar sekrup/baut pengikat speaker dengan obeng atau kunci cocok/ring hingga seketat barangkali, namun jangan sempat dol.
  • Sesudah di rasa telah ketat serta erat, maka imbuhkan ikatan pada sekrup/baut pengikat tadi serta seputar speaker dengan lem silikon seperlunya. Lalu periksa kembali konektor kabel pada speaker, siapa tahu tiada berniat ketarik atau lepas dari speakernya. Sekian juga kembalikan konektor-konektor kabel yang dilepaskan waktu pembongkaran dengan hati-hati, jangan sempat terbalik.
  • Sebelum saat menempatkan kembali bekleid/panel pintu, periksa kembali dibagian dalam adakah bagian-bagian yang punya potensi menyebabkan getaran/bunyi asing. Apabila ada, ikat/kunci/ganjal dengan menggunakan lem silikon/lem super/foam double tape, tentukan mana yang pas dengan keadaan yang ada.
  • Apabila di rasa cukup, gunakan kembali bekleid/cover bercokolnya speaker, dengan hati-hati serta jeli. Janganlah dipaksa apabila ada yang belum dapat masuk dengan cocok pada dudukannya.
  • Rapatkan kembali seluruhnya ikatan bekleid/cover dengan sebaik-baiknya, apabila butuh perkuat tepian-tepian bekleid/cover yang benar-benar sangat punya potensi menyebabkan getaran/bunyi asing dengan lem silikon. Berikan lem silikon ini dengan rapi serta upayakan tersamar terbaik, supaya tak “merusak pemandangan”. Kemudian tahan ikatannya dengan lakban serta tunggulah hingga lem mengeras.
  • Kerjakan tahap-tahap diatas untuk speaker-speaker yang lain.
  • Sesudah seluruhnya lem silikon di rasa telah mengeras (+ 24 jam), maka bersihkan seluruhnya ikatan lakban dari tempatnya.
  • Apabila seluruhnya telah usai, maka uji hasil pekerjaan Anda dengan memainkan musik ber beat tinggi, lalu gunakan baik-baik telinga Anda untuk memeriksa mungkin tetap ada suara asing yang nampak. Apabila tetap ada. selekasnya Anda mencari sumbernya serta bereskan. Umumnya timbul disebabkan dari pengeleman yang tetap kurang prima.
  • Apabila pekerjaan yang Anda kerjakan “sudah sempurna”, maka suara dari sound sistem mobil Anda berani saya jamin bakal terdengar tambah lebih “sempurna” lagi serta memuaskan dari pada pada mulanya.
  • Kumpulkan serta atur seluruhnya peralatan yang sudah Anda gunakan tadi.
Pengetahuan Dasar Box Untuk Subwoofer Mobil | Tri Sunenti | 5