Cara Merawat Mobil Agar Tetap Baru | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Baru

Tips Cara merawat mobil baru, manual maupun matic sesbenarnya tidak banyak memiliki perbedaan. Semua perawatan mobil bertujuan untuk menjaga setiap fungsi dan sistem kerja komponen dan mesin. Sebelum membahas lebih detail lagi mengenai tips merawat mobil matic - manual, baru - bekas, mari kita ketahui dahulu perawatan secara umum.
Tips Cara merawat mobil baru, manual maupun matic sesbenarnya tidak banyak memiliki perbedaan. Semua perawatan mobil bertujuan untuk menjaga setiap fungsi dan sistem kerja komponen dan mesin. Sebelum membahas lebih detail lagi mengenai tips merawat mobil matic - manual, baru - bekas, mari kita ketahui dahulu perawatan secara umum.

Terlebih untuk anda yang hidup dikota kota besar, seperti Jakarta yang tiap-tiap waktunya mesti dihadapkan pada kenyataan macet serta banjir, pastinya harus mengetahui cara terbaik merawat mobil baru anda, agar senantisasa awet dari segi komponen dan mesin juga nilai exteriornya.

Adapun Panduan Atau cara merawat Mobil yang bakal dibicarakan pada artikel saat ini barangkali dapat menolong anda untuk belajar sendiri menjaga mobil di rumah, agar tak selalu harus mondar-mandir ke bengkel mobil untuk melakukan service. Adapun panduan menjaga mobil yang dapat anda praktekan di rumah:

Menjaga Ban

Bila mobil anda telah jalan sejauh 5-8 KM upayakan ganti ban mobil anda agar tambah nyaman untuk dikendarai. Janganlah lupa selalu untuk bersihkan satu diantara sisi mobil yakni brake dust-nya, lantaran sisi mobil inilah yang ada tumpukan kotoran dari tanah ataupun aspal yang melekat.

Bila anda tak bersihkan brake dust-nya dalam periode waktu yang lama, gabungan pada lembab serta panas bisa bikin sisi brake dust terpanggang. Satu lagi upayakan anda selalau mengontrol desakan ban mobil. Pengontrolan desakan ban paling ideal dikerjakan 1 minggu sekali.

Menjaga Mesin

Upayakan anda senantiasa ganti sabuk mesin mobil saat mobil telah jalan seputar 25 ribu mil. Yakinkan juga sisi mobil ini (belt) pada keadaan terbaik, hal semacam ini karena sisi inilah yang nanti bakal hadapi situasi ekstrim waktu di luar ruangan.

Satu lagi untuk menjaga mesin, anda mesti senantiasa mengecek cairan mobil serta level olinya. Letak cairan mesin tiap-tiap kendaraan pasti berlainan, terlebih untuk mobil baru. Tetapi anda dapat mencarinya lewat buku panduan yang telah didapatkan dari pabrik mobil.

Bahan Bakar

Bahan bakar dengan ukuran oktan tinggi tak senantiasa menanggung mutu kemampuan mesin mobil anda. Oleh karena itu, untuk tahu bahan bakar mobil yang ideal yaitu dengan lihat buku panduan pembelian, bila di dalam buku panduan dinyatakan memakai bahan bakar premium, gunakanlah bahan bakar premium untuk mobil anda, serta sebaliknya bila dibuku pembelian memakai bahan bakar pertamax, isi mobil anda dengan bahan bakar ini, janganlah sekali kali anda isi dengan premium, lantaran dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

Sistem Kelistrikan Mobil

Putus terlebih dulu aliran aki mobil anda, saat anda akan mau melakukan perbaikan suatu hal yang ada hubungan dengan pengapian/elektrik. Sekalian bersihkan sisi elektik mobil, karena bila ada satu diantara bahan atau benda asing yang tertempel maka dapat memperlambat jalinan pengapian ke system elektrik mobil.

Lampu Mobil

Satu diantara indikasi sinyal lampu sen pecah yaitu lampu sen mobil anda bakal berkedip lebih cepat dari kedipan pada mulanya. Untuk menggantinya anda dapat mencarinya di bengkel- atau toko otomotif paling dekat dari rumah anda.

Satu lagi bila anda akan mau ganti sen mobil sendiri, pada waktu pemasangan lampu, upayakan tangan jangan sempat menyentuh sisi kacanya hal semacam ini karena tangan anda umumnya bakal meninggalkan lemak serta minyak dikaca itu.

Warning Lights

Barangkali perawatan mobil yang paling akhir yaitu dengan mencermati lampu warning lights, upayakan kesemua lampu nyala dengan terbaik, lantaran dapat menolong anda tahu beragam indicator mobil seperti, indicator cairan aki habis, oli, bensin dan lain-lain.

Teknovanza.com

Nah tersebut sedikit artikel yang bisa kami bahas semoga dapat menolong kita menjaga mobil agar lebih awet lagi, bila ada salah kata dalam pengetikan, atau penjabaran artikel kurang demikian terang, kami minta maaf. Anda dapat juga membaca artikel lain seperti: cara merawat AC mobil, sistem audio mobil atau tips dan cara segala sesuatu mengenai kendaraan.
Cara Merawat Mobil Agar Tetap Baru | Tri Sunenti | 5