Kupas Tuntas A-Z Cara Setting Audio Mobil Part I | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Kupas Tuntas A-Z Cara Setting Audio Mobil Part I

Sistem audio Mobil terbaru saat ini betul-betul sudah mengembangkan teknologinya pada mobil untuk pemiliknya. Makin hari beberapa yang memiliki di buat makin tak memahami dengan teknologi yang diusung oleh mobil moderen yang baru dibelinya. Sistem elektronik yang rumit serta fiturs mobil, yang juga telah menjangkau system Satellite Navigation, semakin membingungkan untuk mengunakan feature serta system yang di milikinya.
Misalnya modifikasi sound sistem mobil, di mana kebebasan untuk mengotak-atiknya/modifikasi telah benar-benar tidak sama dengan mobil lawas

Misalnya modifikasi sound sistem mobil, di mana kebebasan untuk mengotak-atiknya/modifikasi telah benar-benar tidak sama dengan mobil lawas. Jadi modifikasi sound sistem mobil saat saat ini tak dapat dikerjakan sembarangan, lantaran memiliki resiko tinggi. Karena bisa-bisa satu diantara atau dari bagian-bagian alami rusaknya, maka anda mesti keluarkan biaya perbaikan.

Jadi seluruhnya modifikasi utama pada mobil-mobil high-end, dalam hal semacam ini sound sistem, telah semestinya dikerjakan oleh beberapa ahli/konsultan/instalatur pakar dengan segudang pengalaman dengan bersenjatakan alat-alat mutakhir dan berbayaran mahal.

Hal diatas pasti dapat jadi “neraka” sendiri untuk beberapa yang memiliki mobil mutakhir “bertelinga emas” yang betul-betul hoby dengarkan musik, terlebih untuk Anda yang sayang keluar uang sia-sia. Haha...

Mobil-mobil mutakhir saat saat ini terlebih dari kelas premium, oleh pabrikan, biasanya telah dilengkapi dengan sound sistem bawaan asli pabrikan, yang canggih serta mumpuni hasil rancangan beberapa pakar audio mobil terpenting dunia, contoh : Bose, Mark Levinson, dan lain-lain. Dimulai dari head unit, digital sound processor, equalizer, kabel, speaker aktif, crossover, subwoofer, anti gaung/echo killer, system akustik, ampli, dan lain-lain., Subwoofer mobil serta monoblock amplifier yang memanglah telah adalah perangkat standard. Seluruhnya spesifikasi " blekethekan " di atas pastinya diambil yang berkelas serta telah dirancang dengan perhitungan jeli serta sedetail barangkali, hingga “hasil suara bening serta gelegarnya” dapat memanjakan gendang telinga yang memiliki mobil., supaya terus dapat duduk nyaman di singgasana dan ikhlas berlama-lama didalam kabin mobilnya. Jadi sound sistem mobil premium ini relatif tak perlu diapa-apakan lagi. Berdeda dengan audio mobil murah yang membutuhkan langkah setting yang benar.

Tidak sama dengan mobil-mobil mutakhir kelas tanggung, yang mana sound systemnya umumnya juga " tanggung ", hingga relatif lebih leluasa untuk di make-up serta modifikasi supaya kemampuannya lebih maksimal. Sebelum saat mengambil langkah lebih jauh, sebaiknya butuh dipunyai dahulu knowledge base perihal sound sistem mobil, seperti umum, sebagai berikut. :

Terdapat banyak knowledge base utama perihal sound sistem mobil saat saat ini yang butuh di kenal, yang mencakup : Aspek-faktor penentu suara tokcer (maksimal), HEAD UNIT, EXTERNAL AMPLIFIER, LOUD SPEAKER, KABEL/SISTEM KONEKSI, SISTEM AKUSTIK (mencakup peredam suara serta tata letak speaker).


Aspek-faktor penentu supaya suara sound sistem mobil bagus :


Media rekam serta mutu rekaman mesti berkwalitas bagus.
Pilah serta tentukan hardware sound sistem (head unit, loudspeaker, external amplifier, box speaker aktif, serta peredam suara) mesti yang paling baik, walau audio mobil harga terjangkau.
Langkah Setting/tuning suara yang ada di hardware sound sistem mesti tokcer. Contoh setting : equalizer, DSP, balance, fader, dan lain-lain. mesti cocok dengan musik yang diputar.
Tata letak speaker mesti tokcer, supaya mumpuni menggelontorkan suara dari beragam selera musik.
Seluruhnya hardware sound sistem terpasang ketat, fix serta solid pada dudukannya masing-masing.
Tak ada bagian-bagian dalam interior mobil yang kendor serta renggang (nyaris terlepas) yang riskan membuahkan getaran noise.
Didalam interior mobil terlebih didalam kotak/container yang ada, mesti bebas dari benda-benda kecil yang berantakan, contoh : uang coin, sisir, dan lain-lain., lantaran riskan membuahkan getaran noise.
Interior mobil mempunyai tingkat peredaman kebisingan external yang bagus, terlebih rembesan kebisingan dari : mesin serta knalpot.


HEAD UNIT.


HU single DIN

Head Unit/HU, yaitu alat kontrol utama dari audio sistem mobil. Lantaran berbentuk multiguna, maka didalam HU sendiri telah tersimpan (bulit in) satu diantara atau sebagian perangkat, seperti : radio satelite, audio video/TV tuner, internal amplifier, LCD touch screen monitor, cassette player, CD an DVD player, USB (flash disk/iPOD/i phone), multyple CD changer serta terkadang telah dilengkapi dengan hard disk drive portabel. Sedang fiturs yang terdapat yaitu : Equalizer component, DSP component, Bluetooth, Satnav, camera monitor, etc.

HU double DIN.

Standard HU. Popular di orang-orang dengan arti Single DIN serta Double DIN. DIN sendiri singkatan dari Deutsches Institut fur Normung. Sesungguhnya arti diatas untuk mewakili ukuran Panjang x Lebar panel HU mobil, sesuai sama standart ISO 7736 yang mengambil DIN 75490.

Double DIN untuk HU dengan ukuran panel : 180mm x 100mm. Untuk kedalaman/ketebalannya berniat tak di-standard-kan.



EXTERNAL AMPLIFIER.


External Amplifier, kerap dimaksud juga power sound cars atau ampli saja, yaitu penguat tanda suara dari HU untuk diteruskan ke speaker dalam wujud suara dengan tenaga optimal (powerfull).

Pada sound sistem mobil, ada dua type eksternal amplifier, yakni :

Amplifer mutichannel, yang bermanfaat untuk memperkuat tanda suara dari HU untuk diteruskan ke midbass, mid, tweeter serta supertweeter. Ampli type ini dipakai apabila didalam HU sendiri belum tertanam (built in) amplifier bertenaga besar (100 Watts).

Amplifer monoblok atau dedicated amplifier, yang bermanfaat untuk memperkuat tanda suara terutama bass dari HU untuk diteruskan ke subwoofer yang memanglah memerlukan tenaga ekstra besar, supaya gempuran suara BASS-nya lebih mantap serta optimal, hingga dapat menggetarkan dada serta gendang telinga siapapun yang melalui.

Pada eksternal amplifier ada kelas-kelas sendiri untuk penuhi ketertarikan serta selera musik Anda, yakni :


Kelas ampli yang popular untuk sound sistem mobil/POWER SOUND CARS

Kelas A
Mempunyai mutu power suara paling baik yakni jernih serta alami. Walau demikian, efisiensi powernya rendah (20%~30%) atau boros listrik aki, maka mengakibatkan cepat panas.

Kelas B
Mempunyai mutu power suara kurang terbaik karena sangat banyak distorsi, tidak sering digunakan lantaran walau efisiensi power bisa meraih 45%~60% atau lebih irit listrik aki.

Kelas AB
Mempunyai mutu power suara cukup terbaik, ini ada di antara kelas A serta B. Efisiensi powernya tergolong tinggi, bisa meraih 65% atau lebih irit listrik aki dengan kata lain tak cepat panas. Dari sisi paduan mutu suara, performa serta efisiensi, kelas AB ini adalah pilihan yang ideal, hingga kerap digunakan dalam sound sistem mobil

Kelas D
Mempunyai jangkauan frekwensi terbatas, efisiensi power benar-benar tinggi meraih 90% atau irit listrik aki, hingga tak cepat panas. Lantaran jangkauan frekwensi yang sempit, maka ampli ini lebih pas dipakai untuk dedicated amplifier (dijuluki untuk ampli monoblock) yang spesial untuk membuahkan gebugan mantap serta menggelegar pada subwoofer, oleh karenanya benar-benar pas untuk Anda yang mau bermain di sound pressure level (SPL) atau sound quality loud (SQL).

Kelas H
Atau Hybrid, adalah paduan pada penggunaan teknologi transistor (solid state) dengan teknologi kuno (lampu tabung). Lampu tabung dipakai untuk menguber keluaran suara yang lebih murni alami. Amplifier type hybrid ini banyak digunakan oleh beberapa orang yang mau bermain di sound quality (SQ) beraliran Audiophile. Jadi tidak mau sebatas jedag jedug saja. Haha....

Perihal harga-harga ampli sendiri benar-benar relatif, bergantung dari merk serta image yang digotongnya.


LOUDSPEAKER.


Speaker atau Loudspeaker yaitu pengubah tanda listrik dari HU/amplifier jadi suara.


Speaker Profiles.
Menurut jangkauan frekwensi yang dapat di tangkap telinga normal manusia (20~20, 000 HZ), biasanya ada 5 type speaker, yakni :
1. Subwoofer (freq. benar-benar rendah, 20~200 HZ)
2. Woofer (freq. rendah, 40~1, 000 HZ).
3. Midrange (freq. tengah, 1, 000~2, 000 HZ).
4. Tweeter (freq. tinggi, 2, 000~22, 000 HZ).
5. Supertweeter (freq. benar-benar tinggi, 20, 000 HZ).

Subwoofer atau kerap dimaksud BASS saja, bermanfaat cuma untuk keluarkan suara rendah/bass. Dari jangkauan frekwensi paling rendah yang dapat dicapai sebesar 20 HZ hingga subsonic yang bikin lantai serta dada pendengar bergetar, maka subwoofer ini dipercaya dapat melakukan perbaikan kemampuan woofer yang jangkauan frekwensi paling rendahnya cuma meraih 40 HZ.

Woofer, atau kerap dimaksud MIDBASS. Dapat keluarkan suara rendah, contoh dari : gebukan dinamis bass drum, gong, bass gitar etc,..

Midrange atau kerap dimaksud MID saja, bermanfaat untuk keluarkan suara tengah, contoh dari : dentingan piano, electric guitar, biola, synthesizer, gitar, seruling, saxophone, trompet, ketukan snare drum, angklung, gendang, etc..

Tweeter, bermanfaat untuk keluarkan suara tinggi berdesis-desis, contoh dari : kecimpring, tamborine, cymbal, efect cymbal, ecek-ecek/maracas, hit-hat cymbal, synthesizer machines, etc.

Super tweeter atau kerap cuma dimaksud tweeter juga, namun ini sesungguhnya lain, bermanfaat cuma untuk keluarkan suara tinggi 20, 000 HZ hingga ultrasonic. Dari jangkauan frekwensi paling tinggi yang dapat meraih 85, 000 HZ, maka Supertweeter ini dipercaya dapat melakukan perbaikan kemampuan tweeter yang jangkauan frekwensi paling tingginya cuma meraih 22, 000 HZ.

Di market biasanya speaker di jual dalam wujud :


Dalam Split Speaker, ada Midrange & Tweeter yang terpisah (2 way) plus X'over 2 way atau terdiri atas : Woofer, Midrange juga Tweeter (3 way) yang terpisah plus X'over 3 way. Pembatasan jangkauan frekwensi suara pada speaker-speaker diatas, dibebankan pada Crossover atau X'over. Diluar itu X'over juga bermanfaat untuk kurangi munculnya fasa disebabkan dari ada jarak pada woofer, midrange serta tweeter waktu pemasangannya, hingga suara yang keluar diinginkan tetap terus alami.

Coaxial speaker, terbagi dalam Midrange & Tweeter yang menyatu (2 way), tiada X'over atau terdiri atas : Woofer, Midrange & Tweeter yang menyatu (3 way), tiada X'over. Penyatuan midrange serta tweeter (2way) atau penyatuan woofer, midrange serta tweeter (3way) dalam satu sumbu bikin suara yang dikeluarkan terus alami, jadi tak dibutuhkan X'over lagi.

Selanjutnya:
Kupas Tuntas A-Z Cara Setting Audio Mobil Part II
Kupas Tuntas A-Z Cara Setting Audio Mobil Part III
Kupas Tuntas A-Z Cara Setting Audio Mobil Part I | Tri Sunenti | 5