Cara setting equalizer audio mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara setting equalizer audio mobil

Cara setting equalizer audio mobil sangatlah mudah di lakukan asal kita mengetahui prinsip dasar pengaturannya. Namun sebelum lanjut ke pembahasan pemngaturan equalizer audio mobil, mari kita ketahui dulu beberapa informasi, manfaat dan kegunaanya.
Cara setting equalizer audio mobil sangatlah mudah di lakukan asal kita mengetahui prinsip dasar pengaturannya. Namun sebelum lanjut ke pembahasan pemngaturan equalizer audio mobil, mari kita ketahui dulu beberapa informasi, manfaat dan kegunaanya.

Equalizer ada dalam system tata suara dalam dua wujud : Equalizer grafik serta Equalizer parametrik. Keduanya digunakan dengan filter-filter End-cut. Equalizer grafik memiliki penggeser-penggeser yang merujuk pada suatu kurva dari tanggapane terplot pada suatu grafik. Equalizer parametrik memiliki pemutar sekurang-kurangnya tiga parameter yaitu : frekuensi, Perbesar-potong (boost/cut) serta Q (lebar jalur). Equalizer itu wajar ditemukan ada dalam tiap-tiap kanal dalam konsul mixing, tetapi ada juga yang di buat terpisah

Manfaat dan kegunaan equalizer

1. Menyingkirkan Suara-Suara Yang Tak Dibutuhkan

Suatu equalizer bisa dipakai untuk kurangi suara yang didapat dari kekeliruan saat merekam, seperti suara noise, bising, kotor dsb. Namun sesungguhnya suara-suara yg tidak diperlukan itu mesti telah diminimalisir sebelum saat rekaman berjalan, seperti misal :
Suara bising dari rekaman microphone, semestinya memakai peredam.

Suara picking gitar yang buruk ataupun jelek, baiknya musisi/talent/player telah berlatih untuk tehnik meminimalisir hal itu.

Suara sibilance vocal yang terlalu berlebih, microphone baiknya memakai pop filter serta memakai treatment acoustic room yang terbaik.

Equalizer memanglah bisa dipakai untuk kurangi suara-suara jelek itu, namun janganlah buat jadi equalizer untuk jurus andalan anda, lantaran banyak memakai equalizer terlalu berlebih bisa bikin sound instrument jadi tumpul.

2. Menambah Kejelasan Suara Instrument

Setiap instrument musik mempunyai suara-suara khas serta berkarakter. Ada kecenderungan yang diperlukan seperti ; sound hi-hat bakal terlihat cerah bila lebih presencenya lebih, sound kick terdengar mantap bila banyak low, gitar akustik memerlukan suara perkusif dari picking, serta lain sebagainya. Hal semacam ini condong seperti keperluan lagu yang anda mixing, yang terkait dengan bagaimana aransement serta genre lagu. Dengan equalizer anda bisa bikin ciri-ciri itu lebih terang.

3. Untuk Bikin Visualisasi Area serta Memposisikan Instrument

Suara yang dekat dengan kita bakal terdengar lebih high (frequencynya lebih tinggi) serta suara yang jauh dari kita lebih terdengar low frequency. Salah satu Cara / yang perlu dilakukan untuk memvisualisasikan lagu yang anda mixing, anda membutuhkan equalizer untuk memastikan instrument mana yang lebih high serta mana yang lebih low. Dengan mengatur frequency itu memakai equalizer, bakal bikin lagu jadi balance dengan cara visualisasi ruangannya.

4. Bikin Separasi Setiap Instrument

Pada setiap instrument senantiasa mempunyai frequency yang serupa serta bertabrakan, apa lagi untuk lagu yang aransementnya jelek. Misal : suara kick drum serta bass gitar serupa, suara hi hat serta tamborin tak bisa dibedakan, suara vocal serta gitar bertabrakan/sama-sama menutupi, dan sebagainya. Persoalan itu bikin lagu jadi berkesan crowded serta menumpuk. Pemecahannya yaitu dengan berikan separasi untuk setiap suara itu memakai equalizer.

Cara setting equalizer

Memanglah pada prakteknya langkah mengatur equalizer bakal benar-benar tergantung dari ciri-ciri sound yang sudah direkam, ciri-ciri suara sound yang mau dicapai, keselarasan suatu sound dengan sound yang lain, genre music yang di mixing serta lain lain, tetapi bagaimanapun saya pikir tak ada kelirunya untuk berikan info perihal langkah mengatur equalizer ini, yang sekurang-kurangnya bisa jadikan untuk starting point pada waktu mixing track per track maupun finalizing pada waktu mastering nanti. Jadi pada artikel-artikel saya setelah itu saya bakal cobalah berikan tips bagaimana caranya mengatur equalizer track per track, instrument per instrument. Tetapi sebelum saat itu, terlebih dulu saya mau berikan info perihal sebagian jargon yang disebut prinsip basic dalam mengatur equalizer yakni memfilter, memotong serta menambah gain frekuensi.


Filtering

Filtering adalah arti untuk memotong habis gain dari frekuensi-frekuensi spesifik. Filtering yang paling umum dipakai yaitu filter untuk memotong frekuensi low yang umum dimaksud dengan low cuts (dimaksud juga dengan high-pass filters) serta filter untuk memotong frekuensi high yang dimaksud dengan high-cuts (dimaksud juga dengan low-pass filters).
Filter lain yang juga kerap dipakai yaitu band-pass filters yang bermakna meninggalkan frekuensi spesifik yang di idamkan sembari memotong habis frekuensi yang lain, serta notch filters yang bermakna memotong habis satu diantara frekuensi


Cutting

Melakukan perbaikan sound umumnya dikerjakan lewat cara mencari frekuensi yang punya masalah serta memotong atau turunkannya memakai equalizer. Sistem ini dimaksud dengan cutting. Tak hanya melakukan perbaikan sound, sistem cutting frekuensi memakai equalizer juga umum dikerjakan untuk berikan area untuk dihuni oleh instrument lain supaya bisa terdengar terpisah keduanya.


Boosting atau Enhancing

Dalam suatu lagu kadang-kadang ada satu diantara atau sebagian track instrument maupun vocal yang mau lebih ditonjolkan, dipoles maupun di beri ciri-ciri. Hal semacam ini bisa dikerjakan lewat cara menambah sebagian frekuensi “kunci” dengan equalizer, umpamanya dengan menambah frekuensi 5 kHz supaya track vocal terdengar lebih terang, menambah frekuensi 2-4 kHz pada kick drum supaya lebih terdengar mempunyai “metal sound” dan sebagainya. Sistem menambah gain satu diantara atau beberapa frekuensi ini dimaksud dengan boosting atau enhancing.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sajikan hari mengenai equalizer, semoga anda dapat terbantu,  cara setting audio mobil yang anda dapat di lakukan dengan benar dan mudah teratasi. thak's..
Cara setting equalizer audio mobil | Tri Sunenti | 5