Cara Setting Subwoofer Mobil Untuk Suara Bass Berkualitas | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Setting Subwoofer Mobil Untuk Suara Bass Berkualitas

Subwoofer Mobil


Subwoofer "mobil" merupakan speaker driver yang bertanggungjawab pada frekuensi rendah yang ada pada rentang pada 20Hz - 80 Hz, tidak hanya sekedar low to mid bass yakni pada 60 Hz-200Hz tetapi idealnya juga super low bass.
Sebagian subwoofer berkwalitas terbaik juga dapat membuahkan suara rendah dibawah 20Hz (Frekuensi subsonic) yg tidak lagi bisa terdengar tetapi bisa dirasakan menggetarkan semua badan!

Sebagian subwoofer berkwalitas terbaik juga dapat membuahkan suara rendah dibawah 20Hz (Frekuensi subsonic) yg tidak lagi bisa terdengar tetapi bisa dirasakan menggetarkan semua badan!

Instrument musik apapun yang ada pada rentang low bass bisa dipandang pada gambar tersebut :
Sebelum saat lebih jauh bicara perihal subwoofer maka dia mesti dicocokan dulu dengan midbassnya hal semacam ini bisa anda baca pada halaman yang membahas midbass di Mobil.

Keselarasan pada midbass dengan subwoofer benar-benar utama untuk membuat ilusi suara bass di depan (up front bass) pada rencana SQ (Sound Quality) ataupun SQL (Sound Quality Loud).

Kenapa ilusi suara di depan ini utama didalam Sound Quality Car Audio? Hal semacam ini jadikan suara yang terdengar jadi lebih alami seperti bila kita melihat di panggung konser. Perkecualian mungkin berlangsung bila kita berpedoman rencana SPL atau Car Theater.

Pada rencana SPL di mana yang di cari yaitu suara bass terkencang maka tak dibutuhkan ilusi suara bass di depan, jikalau itu dengan cara berniat/tak disengaja berlangsung maka bisa dikira untuk satu bonus yang beruntung.

Pada rencana Car Theater yang diperlukan yaitu akurasi bass di mana dapat nampak dari beragam arah yakni dari depan, dari belakang dari kiri serta dari kanan. Karenanya dibutuhkan driver sama serta kapable untuk membuahkan low bass dengan cara rata (Bila kita berusaha untuk penuhi Standard THX umpamanya)

Terdapat banyak hal butuh di perhatikan untuk membuahkan suara bass berkwalitas. Karenanya penulis mengelompokan seperti berikut :

1. Car Room Acoustic Tanggapane
2. Mutu Driver Subwoofer
3. Type Box Subwoofer
4. Power Rating
5. Keselarasan Phase, Gain serta Cutting Crossover

1. Car Room Acoustic Tanggapane serta Aspek Peredaman


Lingkungan didalam interior mobil adalah satu diantara misal lingkungan akustik terburuk yang bisa didapati dalam kehidupan keseharian. dampak Pantulan (Reflective), sebaran (dispersive), serapan (absorbtive), berlangsung lantaran pantulan pada kaca, sebaran pada dashboard serta serapan pada jok kendaraan. Lalu disempurnakan lagi dengan getaran panel pintu (rattle) serta dengungan mesin (hum) serta kebisingan lalulintas (noise).

Untuk memiliki suara yang berkwalitas maka kita mesti mencermati terlebih dulu akustik dari ruangan tempat speaker ditempatkan ingat rumus ini

Good Room Acoustic + Good Sound Sistem = Good Sound

Good Room Acoustic + Bad Sound Sistem = Moderate to Bad Sound

Bad Room Acoustic + Good Sound Sistem = Bad Sound

Misal yang lain speaker Highend yang di taruh di kamar mandi. Suara bakal bergaung serta bergema tak karuan yang mengakibatkan suara terdengar aneh serta tak alami lagi.

Nah dalam masalah subwoofer yaitu pada mobil yg tidak bagus dengan cara akustik maka dia mesti diberikan treatment lewat cara menempatkan peredam getaran (umumnya memiliki bahan aspal), peredam suara (umumnya memiliki bahan acoustic wool) serta peredam panas (umumnya memiliki bahan alumunium foil).

Bila sangat mungkin mungkin lebih ekstrim lagi yakni menempatkan diffuser, reflector atau bass trap (tetapi hal semacam ini umumnya susah dikerjakan di kendaraan keseharian/daily use).

Alasannya:

Subwoofer sendiri sesungguhnya membuahkan suara rendah yang sifatnya omnidirectional tetapi pada praktiknya saat panel pintu beresonansi maka suara bass bakal terlokalisasi di panel itu serta menyebabkan dampak suara bass yang teridentifikasi datang dari belakang umpamanya.

Karenanya dengan mengatur aspek peredaman ini maka pada waktu bass bergetar ikuti suara serta irama maka panel body serta kaca tak turut berderak yang menyebabkan suara bass jadi menyusut mutunya.

Di samping itu arah dari subwoofer baiknya dieksperimenkan sebelum saat final installation dikerjakan lantaran hal semacam ini bakal menolong ilusi bass di depan dengan cara maksimal.

2. Mutu Driver Subwoofer


Subwoofer berkwalitas mesti sesuai sama dengan peruntukannya misal ada ""subwoofer mobil 5 inch, subwoofer mobil 6 inch, subwoofer mobil 7 inch, subwoofer mobil 8 inch, subwoofer mobil 10 inch, subwoofer mobil 12 inch, subwoofer mobil 15 inch, subwoofer mobil 18 inch"" {juga ada yang lebih yang sudah pasti tidak cocok untuk pemakaian sehari2}. Yang paling popular yaitu ukuran 8 hingga 12 inch. Kenapa sekian? Lantaran dikira cukup mumpuni membuahkan bass yang benar-benar rendah tetapi terus praktis. O iya untuk catatan driver 8 yang membuahkan suara 30 Hz serta driver 12 yang membuahkan suara 30 Hz dengan intensitas keduanya sama 100 db bakal membuahkan suara rendah yang sama yakni dia bakal bergetar 30 kali per detik. Bedanya yang 8 inch telah megap-megap koilnya sedang yang 12 tetap aman lantaran memanglah dengan koil serta motor dan magnet yang lebih kuat.

Jadi cocokkan dengan peruntukannya! Sebagian merk subwoofer berkwalitas bisa didapati pada deretan driver tersebut {terhitung tetapi tak terbatas pada} : JL Audio, Treo, Fabulous Acoustic (Skaaning), Velodyne, Dynaudio, Morel Ultimo, Phase Aliante, B&W, Scanspeak, Seas, Focal, Digital Design, Rockford Fosgate, MTX, Kicker Solobaric, Cerwin Vega, JBL, dll

Cermati juga Parameter setting seperti Frekuensi tanggapane, frekuensi resonance (fs), sensitivity, power ratingnya dan ukuran boxnya

Misalnya Subwoofer B&W yang mempunyai frekuensi tanggapane 15-80 Hz dengan fs 10 Hz ini serta sensitivity 95 db/1m serta xMax 12mm, Vas 30l maka dia bakal bertemura rendah serta dalam dengan power yang kecil saja dan boks memiliki ukuran normal

3. Type Box Subwoofer


Rancangan jenis box satu speaker bakal memastikan hasil pada akhirnya, sebagian installer mempergunakan software seperti LMS, TrueBox dan lain-lain untuk menolong mencocokan parameter speaker dengan box idealnya.

Ini sisi yang cukup utama mengingat type box atau enclosure terdapat banyak type untuk berikut

3. 1 Sealed enclosure (box subwoofer tertutup)


Adalah box subwoofer mobil paling bagus lantaran mudah di buat serta tak terlampau fatal bila ada kekeliruan pengukuran. Untuk hasil optimal baiknya di dalamnya berisi peredam seperti glasswool atau dacron untuk memperoleh tanggapane suara yang di idamkan. Dimaksud juga untuk Acosutic Suspension Box lantaran mempergunakan angin didalam kotak yang berperan untuk suspensi untuk speaker tersebut
Kelebihan : gampang di buat, praktis, bertemura termonitor (tight) serta kerapkali mempunyai tanggapan yang ideal
Kekurangan : kurang efektif di banding ported, kurang mentereng

3. 2 Ported Enclosure/Vented Enclosure


Adalah kotak ke-2 paling popular, dengan cara umum dia memerlukan volume lebih luas dari pada sealed. Prinsipnya memakai backwave dari driver untuk dituning pada portednya hingga output dari frontwave serta backwave bakal sama-sama memperkuat. Dampaknya gebukan bass yang kuat serta mantab.
Kelebihan : Efektif, Suara lebih keras, pas untuk SPL
Kekurangan : Kontrolnya tak sebagus sealed terlebih pada frekuensi dibawah frekuensi tuningnya.

3. 3 Infinite Baffle Enclosure


Prinsipnya yaitu meletakkan speaker pada bagian yang lebar seperti bagasi.
Ini untuk kepraktisan untuk mereka yg tidak ingin bikin spesial box speaker. lantaran speaker cuma diletakan pada bagian spesifik umpamanya bagasi. Misalnya seri JL Audio Infinite Baffle, MTX, JBL dan lain-lain.

Kelebihan : Praktis tak perlu custom box
Kekurangan : Poor Frequency Tanggapane

3. 4 Bandpass Enclosure


Ini yaitu paduan kelebihan pada sealed dengan ported dengan melepaskan cuma range frekuensi spesifik saja umpamanya 30-60 Hz

Kelebihan : Bertemura dalam serta bersih dan maksimal pada range frekuensi bandpassnya
Kekurangan : Besar, rumit dalam pembuatannya serta mudah jebol lantaran speaker difilter sedemikian rupa hingga suara sember kerapkali tertutupi

3. 5 Transmission Line Enclosure


Adalah boks paling baik untuk suara bass sekalian paling rumit serta terbesar serta memadukan kerumitan perhitungan bandpass dengan seluruhnya box yang lain.

Kelebihan : Bass paling dalam serta berkualitas
Kekurangan : Besar sekali boxnya (tak praktis) serta sedikit kekeliruan perhitungan serta suara bakal lebih hancur dari pada box yang lain. Butuh driver spesial serta mahal seperti Fostex, Lowther, Visaton, etc.

Catatan sedang menunggu hasil experiment spesial perihal transmission line di mobil yang barangkali bakal ditulis pada artikel tidak sama.


4. Power rating


Kerapkali penulis terima pertanyaan apakah power A pas dengan speaker B serta sebaliknya. Sesungguhnya intinya yaitu cocokkan dengan parameter dari pabrikannya misalnya subwoofer yang dirancang untuk terima daya nominal 150 watt rata-rata 300 watt serta maksimum 500 watt pada 4 ohm bakal aman diberikan daya sebesar 500 watt RMS.

Cermati juga impedansi amplifier serta seri konfigurasi subwoofer, pararel atau konvensional. Salah dalam mengumpan daya ke subwoofer bakal menyebabkan subwoofer serta atau amplifier hangus terbakar. jadi hati2 dalam hal semacam ini, keselamatan yaitu hal yang utama.

Sebagian power monoblock kelas D serta AB bertugas dengan terbaik untuk mengangkat subwoofer. Sebagian power yang bagus untuk mengangkat Subwoofer dari pengalaman penulis umpamanya Rockford Fosgate, Kicker, Brax, Genesis, Orion, Arc Audio, US Amps, Zapco, DLS, MTX, Earthquake, JL Audio, Soundstream, Linear Power, etc.


Janganlah lupa kabel power serta Speaker dan RCA mesti penuhi standard industri, spesial tentang kabel power serta speaker untuk subwoofer gunakan ukuran AWG paling besar yang dapat diberikan. Mengingat daya sound sistem paling besar ada disini.

5. Keselarasan Phase, Gain serta Cutting Crossover


Subwoofer mesti sesuai phasenya dengan midbass serta speaker yang lain yang ada di depan. Langkah settingnya yaitu dengan mempergunakan tools seperti impulse tanggapane.

Langkah manual serta simpel dapat dengan meyakinkan terlebih dulu midbass kanan serta kiri in phase tiada menyalakan subwoofer, setelah itu cobalah putar balance ke kanan serta dengarkan dengan muka memandang ke kaca samping kiri serta mainkan subwoofer mobil. Maka speaker subwoofer seolah-olah speaker kiri serta midbass jadi speaker kanan. Suara bass semestinya terdengar mantab. Bila tak maka balik phase subwoofer. Bass terkuat itu yang in phase serta bass yang lemah itu yang out of phase.

cara setting gain power audio mobil seolah pada subwoofer dengan midbass itu jadi satu kesatuan (blending) jangan sempat gain subwoofer di setel terlalu berlebih karenanya bakal membuahkan exagerrated bass yg tidak alami. Terkecuali bila preferensinya memanglah SPL.
Cara Setting Subwoofer Mobil Untuk Suara Bass Berkualitas | Tri Sunenti | 5