Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar | Resiko | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar | Resiko

Diantara hal PENTING! namun banyak dilalaikan adalah memanaskan mesin mobil terlebih dulu sebelum dipakai. Sering kali sengaja tidak di lakukan karena terburu-buru dan sudah terlambat untuk meramaikan kemacetan lalu-lintas,. hehe... ya kan?

Resiko Tidak Pernah Memanaskan Mesin

Mesin mobil  bila tidak pernah di panaskan terlebih dahulu berakibat mempercepat keausan komponen mobil. Meskipun dampak yang diakibatkan tak langsung terlihat. Selain dapat mempercepat keausan komponen mobil, kebiasaan Anda tak memanaskan mesin mobil sebelum digunakan juga membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih meningkat.
Mesin mobil  bila tidak pernah di panaskan terlebih dahulu berakibat mempercepat keausan komponen mobil. Meskipun dampak yang diakibatkan tak langsung terlihat. Selain dapat mempercepat keausan komponen mobil, kebiasaan Anda tak memanaskan mesin mobil sebelum digunakan juga membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih meningkat.

Cara memanaskan mobil yang benar

Setelah mengetahui resiko tidak memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum di pakai, mari kita ketahui cara yang benar dan tepat.

Memanaskan Mobil -/+ 5 Menit

Sebelum mengemudi mobil silahkan hidupkan mesin selama kurang lebih 5 menit.. Anda dapat juga lihat jarum indicator suhu mesin yang terpasang pada dasbor mobil. Bila jarum indicator telah memberikan 1/3 maka berarti mobil anda telah siap untuk dikemudi sesuai tujuan Anda. Memanaskan mesin mobil memanglah di perlukan, demi perawatan yang bagus, tetapi bila terlampau lama memanaskan mesin mobil dapat juga bisa mengakibatkan mesin mobil over heating. Jadi kesimpulannya pertama, cara memanaskan mobil yang benar cukup hanya 5 menit.

Janganlah Menekan Pedal Gas

Barangkali umumnya orang memanaskan mesin mobilnya dengan mennekan pedal gas. Tetapi bersamaan dengan perubahan dunia otomotif, mobil yang beredar dikonsumen saat ini dilengkapi dengan system pembakaran injeksi. Hingga cara memanaskan mesin mobil yang baik juga ada perubahan. Upayakan anda membiarkan mesin mobil menyala pada keadaan konstan. Anda tak perlu menginjak pedal gas untuk meminimalisir rusaknya komponen mobil. Bila memanglah mesti menginjak pedal gas, injaklah sebelum saat mesin dinyalakan/distarter.

Mematikan AC Mobil

Point ke-3 ialah mematikan AC mobil, pastikan dalam keadaan Of. Seandainya menghidupkan mesin mobil saat AC mobil dalam keadaan hidup dapat berakibat rusaknya sebagian dari komponen AC. Resiko lain yang mungkin terjadi bisa mengakibatkan kerusakan seluruh komponen AC, karena menyalakan AC saat suhu mobil belum dalam situasi normal bisa memperberat kemampuan mesinnya.

Memanaskan Mobil di Area terbuka

Janganlah sempat anda coba memanaskan mesin mobil di garasi yang tertutup. Lantaran hal semacam ini dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Terlebih bila kondisi kesehatan Anda kurang fit ,karena ada gas berbahaya yang keluar lewat knalpot mobil.

Manfaat Selalu Memanaskan Mesin Sebelum di Kemudi

Sesudah tadi di atas mengetahui resiko dan tips cara memanaskan mesin mobil yang benar, selanjutnya kesimpulan tentang manfaatnya:

Menghindar Keausan Komponen

Saat keadaan mesin mobil mati, maka oli bakal berkumpul di bak penampungan. Nah dengan lakukan pemanasan mobil dulu sebelum saat dipakai mempunyai tujuan supaya oli mobil menyebar keseluruh komponen mesin. Hingga gesekan pada komponen mesin bisa terhindari. Serta pastinya komponen bakal makin awet bila oli telah melumasi keseluruh komponen.
Saat keadaan mesin mobil mati, maka oli bakal berkumpul di bak penampungan. Nah dengan lakukan pemanasan mobil dulu sebelum saat dipakai mempunyai tujuan supaya oli mobil menyebar keseluruh komponen mesin. Hingga gesekan pada komponen mesin bisa terhindari. Serta pastinya komponen bakal makin awet bila oli telah melumasi keseluruh komponen.

Menghindari Kebocoran Kompresi

Bisa Menghemat Bahan Bakar Mobil

Karenanya ada keadaan mesin mobil yang telah panas konstan, menyebabkan pembakaran bahan bakar jadi lebih prima. Hingga konsumsi bahan bakarpun bisa lebih hemat serta prima. Tetapi janganlah terlampau lama juga memanaskan mesin mobil lantaran dapat bikin bahan bakar jadi lebih boros, Selamat Mencoba.. Silahkan berkomentar bila ada pendapat lain atau masukan.
Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar | Resiko | Tri Sunenti | 5