Fungsi dan kelebihan EPS Pada Mobil Karimun | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Fungsi dan kelebihan EPS Pada Mobil Karimun

Electric Power Steering "EPS" Suzuki Karimun

Electric Power Steering "EPS" Suzuki Karimun

Pada panel instrumen Karimun ada indikator EPS yang disebut indikasi bekerja atau tidaknya (ada persoalan) pada power steering Karimun. Indikator EPS umumnya bakal mati waktu mesin telah hidup (pada Karimun th. teranyar) atau hidup sebagian waktu lalu mati sebelum saat di start. Bila indikator EPS menyala selalu (atau berkedip) sesudah mesin hidup dan setir jadi berat, kemungkinan ada persoalan dengan EPSnya.

Ndak usah panik dahulu bila indikator EPSnya menyala. EPS Karimun dapat disebut bandel lantaran benar-benar tidak sering sekali rusak. Umumnya masalah ini nampak lantaran ada persoalan dengan system kelistrikannya. Lantaran memakai EPS maka listrik jadi sumber utama untuk pasokan tenaga untuk menggerakan motor power steering. Maka cobalah lakoni penelusuran beberapa hal tersebut.

Teliti Aki serta Alternator


Lantaran pada waktu menyalakan pertama kali EPS mengambil daya dari Aki untuk menghidupkannya, bila Aki tekor/lemah maka EPS bakal lemah, umumnya juga diimbangi dengan mesin sulit di start.

Periksa juga Alternator, apakah tetap dalam keadaan terbaik, lantaran apabila alternator rusak maka pengisian listrik ke aki bakal punya masalah hingga aki cepat tekor walau aki telah di ubah baru. Langkahnya mengeceknya dengan melepas positif aki waktu mesin dinyalakan. Bila pengisian bagus maka mesin terus hidup.

Butuh di perhatikan juga bahwasanya pergantian aki jangan sempat melebihi spesifikasi standard mobil, lantaran bila ganti dengan ampere yang besar maka spesifikasi alternator juga butuh ditukar dengan yang kemampuannya semakin besar.

Teliti Konektor EPS serta Sekring


Teliti Konektor EPS yang ada dibalik dashboard, umumnya lantaran umur atau goncangan konektor bisa jadi longgar atau kotor, dapat dibikin bersih dengan cairan penetran seperti WD-40.

Setelah itu teliti juga sekring power steering, apakah putus atau tak, lantaran bila putus maka aliran listrik ke power steering akan terputus.

Manfaat serta keunggulan EPS Pada Mobil Karimun


1. Free Maintenance

Sistem kerja Electric Power Steering atau yang lebih kita kenal dengan istilah EPS pada Karimun itu free maintenance, dengan kata lain bebas perawatan lantaran lain dengan hidraulis yang memakai oli–dimana pada periode spesifik diharuskan mengecek serta ganti olinya, EPS Karimun memakai system elektrik, tak ada pompa hidraulis, tak ada oli, tak ada perawatan.

2. Tak Membebankan Kemampuan Mesin

Lantaran tak memakai pompa hidraulis, maka tenaga dari mesin tak menyusut untuk menggerakan pompa. EPS Karimun sekalipun tak membebankan kemampuan mesin.

3. Off pada kecepatan 60 KM/h

Uniknya EPS pada Karimun bakal mati pada waktu kecepatan diatas 60 KM/h, hal semacam ini sudah pasti lebih pada kenyamanan serta keamanan pengemudi hingga handling setir terus mantap di kecepatan tinggi.
Fungsi dan kelebihan EPS Pada Mobil Karimun | Tri Sunenti | 5