Pentingnya perawatan ac mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pentingnya perawatan ac mobil

Service Ac Mobil

Untuk meningkatkan kenyamanan mengemudi, AC mobil merupakan satu keperluan primer yang harus ada dan berfungsi dengan baik. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, suhu pada siang hari lebih dari cukup untuk bikin keringat bercucuran. Di tambah lagi saat kita terjebak keadaan macet, akhirnya udara panas yang keluar dari mesin mobil semakin meningkatkan pentingnya  sistem ac di dalam mobil.
Service Ac Mobil  Untuk meningkatkan kenyamanan mengemudi, AC mobil merupakan satu keperluan primer yang harus ada dan berfungsi dengan baik. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, suhu pada siang hari lebih dari cukup untuk bikin keringat bercucuran. Di tambah lagi saat kita terjebak keadaan macet, akhirnya udara panas yang keluar dari mesin mobil semakin meningkatkan pentingnya  sistem ac di dalam mobil.

Tetapi, seperti komponen kendaraan lain, pendingin kabin kendaraan berbentuk AC pastinya perlu perawatan spesial. Dengan demikian, komponennya terus awet serta dapat keluarkan suhu yang senantiasa terjaga.

M. Sadeli, satu diantara mekanik di Jantra AC Specialist mengungkap, terdapat banyak perawatan simpel yang bisa dikerjakan oleh yang memiliki kendaraan untuk melindungi AC mobilnya terus dalam keadaan sempurna. Satu diantaranya, dengan bersihkan kabin mobil dengan cara teratur serta berkala.

Ia menuturkan, bersihkan kabin mobil dengan cara berkala bisa dikerjakan lewat cara bersihkan debu-debu dari jok mobil ataupun karpet mobil. Walau tak terlihat ada sampah, tetapi debu atau kotoran-kotoran halus juga terus mesti dibikin bersih supaya aliran angin didalam kabin terus bersih. Hal semacam itu, mempunyai tujuan untuk melindungi keadaan blower serta evaporator bisa bekerja optimal.

" Bila Anda malas bersihkan kabin mobil, janganlah heran bila semakin lama mutu angin yang keluar dari AC jadi tak dingin atau juga berbau tak enak, " tutur Sadeli saat menjelaskan pentingnya kebersihan kabin kendaraan

Diluar itu, supaya AC dapat bertahan lama, yang memiliki mobil juga mesti mencermati perawatan kompresor. Untuk melindungi performa kompresor, yang memiliki mobil bisa merawatnya lewat cara membiasakan diri untuk menonaktifkan tombol AC sebelum saat mematikan power mesin mesin mobil serta juga turunkan temperatur AC kendaraan waktu mobil tengah melaju kencang.

" Bila kompresor telah tak dapat digunakan lagi, harus mesti ditukar dengan yang baru. Hal semacam itu, sudah pasti memerlukan cost yg tidak sedikit, " katanya.

Diluar itu, seperti badan yang butuh dicek kesehatan, AC mobil juga butuh diservis dengan cara berkala ke bengkel keyakinan. Untuk memiliki hasil optimal, sebaiknya AC mobil dicek serta diservis dengan cara teratur tiap-tiap setahun sekali.

Tetapi, sebelum saat membawa ke tempat servis, Sadeli menyaranakan, yang memiliki mobil baiknya mengecek keadaan AC mobilnya adakah kebocoran atau penyumbatan pada komponen-komponennya. Hal semacam itu untuk mempermudah sistem kontrol saat tiba di bengkel yang paling disayangi Anda. Bila tak ada rusaknya yang berlangsung, yang memiliki mobil cuma butuh servis saja.

"Bila terdapat komponen yang rusak atau bocor, sebaiknya segera mengantinya beserta saringannya (filter) sekalian, " tegas Sadeli.

Diluar itu, imbuhnya, bila mobil itu memakai pewangi kabin, baiknya memakai pewangi kabin yang terbaik kualitasnya. Janganlah sembarangan menentukan pewangi lantaran bila mutunya jelek, walau harga nya murah, malah bau menyengat yang bakal ditinggalkan didalam kabin serta susah untuk di hilangkan.

" Pengharum di dalam mobil dengan kwalitas rendah condong susah dibikin bersih apabila melekat dalam evaporator, " penjelasan sadeli.

Hal-hal lain yang tidak kalah utama untuk di perhatikan yang memiliki kendaraan dalam menjaga AC mobil, sambungnya, yaitu posisi parkir kendaraan. Bila mobil bakal ditinggalkan kurun waktu lama, baiknya parkirlah ditempat yang teduh serta tak segera terpapar cahaya matahari.

" Udara panas yang masuk lantaran sengatan matahari bisa mengakibatkan pertambahan beban untuk AC mobil dalam upaya mendinginkan kabin mobil, ". hal ini menyababkan komponen AC mobil lebih cepat tidak berfungsi dengan semestinya, maka di perlukan perawatan yang baik dan benar agar cara kerja ac mobil selalu optimal.
Pentingnya perawatan ac mobil | Tri Sunenti | 5