Perlunya Cara Perwatan Maksimal Sistem AC Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Perlunya Cara Perwatan Maksimal Sistem AC Mobil

Sistem Pendingin


AC mobil harus dirawat semaksimal mungkin demi kinerja yang bagus dan memberi kenyamanan yang maksimal juga, terlebih bila Anda tinggal di wilayah perkotaan, ac mobil peranannya benar-benar utama pada kendaraan (mobil) yakni untuk mendinginkan, menyejukan, atau sebagainya.

Kenyamanan dalam berkendara amatlah utama, itu untuk melindungi keselamatan diri sendiri serta orang lain.

Di negara kita karena beriklim tropis, pemakaian pendingin angin (AC) sering dikira untuk suatu hal yang mutlak. Ditambah lagi untuk kota besar dengan perkembangan populasi kendaraan semakin besar daripada bertambahnya jalan seperti Jakarta.

Tetapi, penggunaan system pendingin juga mempunyai korelasi dengan konsumsi bahan bakar. Bila keadaan AC tak terurus
Tetapi, penggunaan komponen sistem ac untuk mobil ini juga mempunyai korelasi dengan konsumsi bahan bakar. Bila keadaan AC tak terurus, maka daya yang diperlukan untuk mengggerakannya jadi makin besar, serta berimbas borosnya konsumsi bahan bakar mobil.

CARA MERAWAT AC MOBIL

Cara yang perlu dikerjakan untuk menjaga system pendingin di mobil agar tetap berfungsi baik:


Jagalah kebersihan kabin terutama sisi karpet di jok depan yang lokasinya berdekatan dengan evaporator tempat masuknya angin.

Kotoran bercampur angin lembab jadi tempat ideal tumbuhnya jamur serta spora yang benar-benar tak terbaik buat kesehatan, serta menyebabkan bau yg tidak enak apabila pertama kali AC dihidupkan. Aroma yg tidak mengasyikkan mendorong Anda buka jendela.

Rajin bersihkan kondensor supaya kemampuannya tak terlampau berat. Jauhi memarkir mobil pas dibawah cahaya matahari supaya suhu kabin tak panas. Pasalnya, meningkatnya suhu didalam mobil bikin orang condong segera mengaktifkan pendingin angin untuk mendinginkan.

Tidak ayal konsumsi bahan bakar segera melonjak. Baiknya buka kaca terlebih dulu sembari jalan perlahan-lahan supaya angin baru masuk ke dalam kabin.

Kerja mesin yang berat waktu mobil melaju kencang pastinya bakal benar-benar punya pengaruh pada konsumsi bahan bakar. Terutama waktu AC dipaksa bekerja optimal.

Janganlah mengoptimalkan beban AC waktu kendaraan melaju kencang dengan turunkan temperaturnya. Yakinkan AC dalam keadaan tak aktif sebelum saat Anda menghidupkan mesin. Serta sebaliknya, matikan AC terlebih dulu sebelum saat Anda mematikan mesin.

Segera bawa ke bengkel serta periksa system pendingin angin bila di rasa ada persoalan seperti AC kurang dingin.

Kerjakan perwatan optimal satu bulan sekali lewat cara bersihkan kerak-kerak, karat, debu, kotoran, minyak oil pada coil-coil, sirip-sirip AC dengan megunakan pembersih yang kuat serta diformulasikan dengan cara spesial.
Perlunya Cara Perwatan Maksimal Sistem AC Mobil | Tri Sunenti | 5