6 Gejala tersumbat atau Fuel Filter Rusak | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

6 Gejala tersumbat atau Fuel Filter Rusak


Fuel Filter, lebih tepatnya Filter bahan bakar adalah bagian kecil yang ada di dalam mobil, meski kecil tetapi memiliki fungsi penting untuk membantu agar mesin bekerja dengan baik

Fuel Filter, lebih tepatnya Filter bahan bakar adalah bagian kecil yang ada di dalam mobil, meski kecil tetapi memiliki fungsi penting untuk membantu agar mesin bekerja dengan baik. Hal ini memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke mesin bebas dari kotoran. Akibat dari tersumbatnya atau rusak akan dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Sebagai pemilik kendaraan manjadi sangat penting untuk bisa mengetahui gejala filter bahan bakar tersumbat dan rusak. Untuk kali ini mari kita akan bahas enam gejala tersebut.

1. Mesin mobil tidak bisa di starter atau tidak hidup

Mesin tidak bisa hidup karena terhalang oleh kotoran, dalam hal ini filter bahan bakar menghalangi bahan bakar menuju ke mesin. Mesin hidup ketika campuran udara-bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar, karena filtertersumbat maka bahan bakar tidak cukup untuk melakukan pembakaran. Jika hanya tersumbat sedikit akan bisa hidup setelah di coba beberapa kali. Tapi tidak jika tersumbat sepenuhnya.

2. Bau menyengat dari minyak atau asap pada pipa knalpot

Asap yang dihasilkan oleh kendaraan atau minyak berlebih yang menetes di pipa knalpot menyebabkan bau tidak enak. Bisa di pastikan bahwa ini adalah gejala dari filter bahan bakar yang tersumbat oleh kotoran.

3. Mobil tersendat-sendat

Mesin berjalan tersendat bila tidak ada pasokan bahan bakar secara konstan oleh injector untuk melakukan pembakaran, atau tidak mencukupi. Biasanya di sebabkan filter bahan bakar tersumbat. Periksa ketika terdengar suara tidak menentu atau mobil jalanya tersendat2.

4. Mesin Mati Tiba-Tiba

Mesin mobil yang mendapat cukup bahan bakar biasanya akan tetap hidup. Jadi bila mesin berhenti dengan tiba-tiba bisa di pastikan karena pasokan bahan bakar juga berhenti tiba-tiba. Bersihkan fuel filter yang tersumbat dengan kotoran.

5. Hilangnya kekuatan Mesin

Ketika aliran bahan bakar di bawah tingkat optimal maka menyebabkan kurangnya kekuatan mesin. Jika filter tersumbat memungkinkan terjadinya aliran ke mesin berkurang. Saat Anda mempercepat laju kendaraan namun tidak bereaksi, atau ketika mesin tersendat ketika Anda mencoba untuk mendorongnya atau ketika Anda berkendara dengan beban berlebihan, itu merupakan gejala tersumbatnya filter bahan bakar. Akibat aliran bahan bakar tersumbat dan kurangnya pasokan di dalam mesin tidak memungkinkan untuk melakukan pembakaran dan menghasilkan tenaga. Baca: Kenali Kerusakan Mesin Mobil Anda

6. Misfires Mesin

Engine misfires berlangsung saat pengapian bahan bakar gagal terjadi dengan benar. Aliran bahan bakar tertutup oleh filter yang tersumbat. Maka menyebabkan terjadinya mesin Misfires Mesin.

Untuk kenyamanan berkendara, terlebih sering bepergian jarak jauh maka menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan filter bahan bakar berfungsi dengan baik. Kinerja suboptimal ini menambah beban kerja pada sistem injeksi bahan bakar yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan mesin mobil. Cara merawat Fuel Filter agar selalu berfungsi dengan baik adalah dengan menggantinya setahun sekali seperti yang telah direkomendasikan oleh semua produsen.
6 Gejala tersumbat atau Fuel Filter Rusak | Tri Sunenti | 5